makanan penurun kolesterol

10 Makanan Penurun Kolesterol yang Ampuh

Makanan penurun kolesterol mungkin bisa sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Terutama buat yang ingin menghindari penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang.

Suami saya termasuk yang enggak mengkonsumsi obat penurun kolesterol terus-terusan. Padahal kadar kolesterolnya lumayan tinggi.  Tentunya keputusan untuk tidak mengkonsumsi obat penurun kolesterol dilakukan setelah konsultasi ke dokter.

Awalnya dokter menyarankan untuk minum obat saja. Apalagi suami punya riwayat keturunan kolesterol tinggi. Bapak mertua saya sudah bertahun-tahun minum obat penurun kolesterol dan sudah operasi by pass dan di ring sampai 2x kalau enggak salah. Kakak ipar (kakak laki-laki dari suami) juga sudah pernah kena serangan jantung. Walau kategori ringan.

Tapi suami bilang ke dokter mau nyoba cara lain dulu. Dokter memberikan approval dengan catatan setelah 3 bulan harus kontrol lagi. Kalau tidak ada perubahan HARUS minum obat.

Sebenarnya pernah dapat insight juga dari seorang teman spesialis penyakit dalam yang lagi S3 di Leicester UK, hai dokter cantiiiiikkkk <3. Katanya sih kalau usia masih muda, lebih baik olahraga rutin dan banyak minum air putih untuk menurunkan kolesterol.

Tentunya yang tidak kalah pentingnya … menjaga pola makan!

Janet Brill, seorang ahli nutrisi dan praktisi kesehatan punya panduan tentang 10 makanan untuk  menurunkan kolesterol. Ibu kece ini sudah banyak menulis buku tentang kesehatan dan olah tubuh *sungkemKeBuDoktor*.
Makanan penurun kolesterol dari ahli gizi
Janet Brill (gambar : fitnesstogether.com)

 

Nah ini dia rangkuman singkat mengenai makanan penurun kolesterol ala Janet Brill tadi.

10 Makanan Penurun Kolesterol :

  1. Havermut/oats, dikonsumsi kira-kira 100 gram per hari. Oat yang dimaksud bukan yang instan. Umumnya oat instan teksturnya sudah sangat halus. Yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah tipe rolled oats atau quick cooking oats.
  2. Kacang almond. Tapi jangan berlebihan. Karena kacang biasanya kaya lemak. Cukup segenggam sehari.
  3. Flaxseed, sekitar 2 sendok makan per hari. Flaxseed mengandunglemak sehat Omega 3.
  4. Psyllum husk, sebanyak 3-10 gram per hari. Bahan makanan serat tinggi ini umumnya tumbuh di daerah India. Tapi di Indonesia juga ada yang jual, kok.
Makanan penurun kolesterol psyllium husk
Psyllium Husk (gambar : livestrong.com)

 

5. Polong-polongan sekitar 100 gram per hari. Contohnya : kacang merah, kacang hijau, kacang tolo, lentil, dsb.

6.  Margarin tanpa lemak trans yang mengandung fitosterol. Di Indonesia agak sulit ditemukan sepertinya. Boleh diganti dengan DUA sendok makan minya zaitun extra virgin.

7. 1 buah aper tiap hari.

8. Olahan kedelai. Misalnya tempe/tahu/susu. Konsumsi tiap hari misalnya segelas susu kedelai per hari.

9. Satu siung bawang putih per hari.

10. Jalan kaki minimal 30 menit per hari –> lah ini sih bukan makanan, ya hehehe. Tapi tips ini memang termasuk dalam daftar  makanan penurun kolesterol ala Janet Brill.

Memang sih sebagian makanan penurun kolesterol yang ada di daftar di atas relatif jarang kita denger ya. Apa cuma saya doang? Hahahaha. Kalau di Ireland sih, nemu oat-oat non instan gampang banget. Banyak dijual di mana-mana.

Terus ada toko khusus yang menjual semacam makanan-makanan sehat gitulah. Nah yang disebut di daftar makanan penurun kolesterol di atas rata-rata ada di toko-toko khusus ini. Harusnya di Indonesia juga ada, ya?

Kalau sulit mendapatkan semua jenisnya, fokus saja untuk mengedepankan pola makan sehat yang dikombinasikan dengan olahraga teratur (y). Lakukan setiap hari dengan kedisiplinan yang tinggi –> apalagi kalau kadar kolesterol sudah sukar dikendalikan.

Usaha maksimal dulu sebelum menyerah dan menggantungkan diri pada obat-obatan penurun kolesterol SEUMUR HIDUP :(. Tentunya tak lupa untuk berkonsultasi ke dokter / pakar kesehatan. Jalankan kedua cara jangan sampai dikontradiksikan antara pengobatan medis vs gaya hidup sehat alami ^_^. Enggak bertentangan kok keduanya ;).

Terakhir nih, quote bagus dari Janet Brill :

“There is no medicine more powerful or supplement more effective in promoting health and longevity than the combination of good nutrition with daily exercise.”

Tetap semangat! ^_^

Makanan penurun kolesterol
Gambar : pixabay.com