info nasa space center houston texas amerika serikat

Info NASA dari NASA Space Center di Houston-Texas

Widiiiihhhh…emang dapat info NASA apaan? Hahaha. Etapi konon salah satu info NASA yang penting tuh … jangan suka share-share HOAX! :p. Sering banget deh itu pesan-pesan hoax ada embel-embel INFO NASA nya … zzzzzzz -_-.

Kami berkunjung ke NASA Space Center di Kota Houston saat liburan akhir tahun 2017 baru-baru ini.

info NASA dari NASA Space Center Houston Texas Amerika Serikat

Liburan semesteran selama 2 minggu lebih. Tadinya mau road trip pas liburan minggu ke-2 aja. Tapi minggu pertama saja sudah pada bosan di rumah jadi sejak hari rabu, kami  melesat ke Kota Houston :D. Dari Houston sekalian nyambung ke New Orleans, Louisiana.

Btw, pas banget lho itu road trip di tanggal-tanggal segitu. Begitu balik lagi ke Dallas, suhu di Texas langsung drop jadi minus hehehe. Padahal pas di Houston gilak deh, suhunya 27 derajat celcius. Tergolong super panas untuk ukuran bulan Desember :p. Di New Orleans juga lagi anget-angetnya. Jadi saltum gitu karena kita pake-pake jaket mulu.

Enggak jauh-jauh aja emang road tripnya. Kota Houston ini merupakan kota terbesar di negara bagian Texas, Amerika Serikat. Salah satu tempat yang kudu banget dikunjungi kalau jalan-jalan ke Houston ya NASA Space Center ini, nih. Abis mau lihat apalagiiiiii hehehe :D.

Info NASA di Space Center Houston Texas Amerika Serikat
Dalam ruang kerja para astronot dll di NASA Space Center Houston

 

Overrated mah kalau kata saya. Kemahalan padahal lihatnya gitu-gitu doang :(. Ya mungkin karena saya bukan pencinta astronomi dan semacamnya, ya.

Tiket masuk sekitar 110 dolar untuk satu keluarga (2 dewasa + 2 anak-anak, yang bungsu masih 2 tahun diitung gratis). Antrinya enggak ramai. Padahal cuaca lagi hangat bersahabat.

Dari pintu masuk ada ruangan gede yang menjadi semacam museum gitu-gitu lah. Di dalam museum ini juga ada beberapa wahana permainan. Misalnya pesawat ulang alik berbentuk tabung yang bisa dimasuki oleh 2 orang. Terus nanti kita diputar-putar berasa di ruang angkasa gitu kali ya maksudnya.

Kirain gratis sudah termasuk dalam tiket masuk. Ternyata harus bayar lagi huhuhu. Sekitar 7 dolar aja sih. Cuma mending lihat-lihat yang lain aja dah hahahaha *ngakakKikir* :p.

info NASA space center houston texas amerika serikat

Museumnya lumayan, sih. Tempatnya cukup luas. Ada lantai 2 juga walau hanya sepertiga ruangan. Dekorasi langit ruangan ala-ala antariksa. Jadi oke banget lah buat foto-foto hehehe.

info nasa di nasa space center houston texas amerika serikat

Kami agak lama muter-muter di salah satu pojok yang memaparkan soal Mars sampai sedetail mungkin. Seru juga pas baca-baca betapa seriusnya niat NASA untuk eksplorasi kemungkinan manusia untuk hidup di Mars. Terus mendadak ingat film Interstellar, laaaaahhh, hehehehe.

Di salah satu sudut ruangan juga ada seluk beluk astronot. Lengkap dengan nama-nama astronot, rupa-rupa pakaian astronot yang pernah digunakan. Ribet lho ternyata. Bajunya berat dan cara penggunaannya cukup kompleks. Yaiyalah, mang enak disuruh melayang-layang di ruang angkasa :D.

Ada miniatur pesawat ulang alik juga, anak-anak bisa masuk dan ngacak-ngacak di dalamnya :D. Termasuk 3 bocah-bocah haus eksistensi iniiiiiii hahaha.

info nasa di nasa space center houston texas amerika serikat

Lalu, ada tur keliling-keliling ke area gedung-gedung kawasan NASA. Jadi, ini benar-benar ada kantor NASA nya di wilayah ini. Tapi enggak semua dibuka untuk umum. Paling lihat-lihat dari luar saja.

Tur nya menggunakan kereta. Satu kereta bisa muat 100 orang mungkin, ya. Ada pemandunya yang menjelaskan tentang bangunan/gedung yang kita lewati. Akyu mah bosan jadi gak nyimak hihihi. Mana kepanasan. Duduk di ujung, silau kena sinar matahari. Kirain mau diajak keliling-keliling ruang angkasa hahaha.

Tapi di salah satu gedungnya kita boleh turun, masuk, dan lihat-lihat. Pemandunya tetap ikut buat nerang-nerangin.

Katanya sih gedung ini salah satu ruang kerja para astronot dan ilmuwan terkait yang bekerja pada NASA. Ruang kerja mereka di lantai dasar. Pengunjung naik ke lantai 2, di mana ada kaca-kaca tembus pandang buat melihat-lihat sepuasnya ke lantai dasar.

Tapi kok sepi ya, enggak pada bolos kaaaan hihihihi. Ruangannya luas dan berantakan gitu. Sempat lihat ada astronot yang lagi melakukan simulasi dibantu oleh beberapa orang. Ada juga onggokan pesawat-pesawat ulang alik yang kayaknya sudah tidak digunakan lagi.

info nasa di nasa space center houston texas amerika serikat

Yeah, pas jalan-jalan di ruangan kaca ini, banyakan foto-foto aja jadinya. Anak-anak lumayan senang lihat-lihat ke bawah.

info nasa di nasa space center houston texas amerika serikat

info nasa di nasa space center houston texas amerika serikat

Setelah selesai, kami dijemput kembali oleh kereta. Biar naiknya tertib lagi, formasi duduk persis saat keberangkatan. Jadi, sudah diingatkan untuk menghafal nomor kursi masing-masing.

Terus keliling lagi ke gedung-gedung lain tapi enggak mampir. Pemberhentian selanjutnya adalah “Rocket Park”.

Sesuai namanya ya ada beberapa miniatur roket di dalam taman. Sebuah ruangan cukup lebar juga bisa kita masuki. Di dalamnya ada monumen roket juga. Ukurannya gede banget, tapi mungkin aslinya jauh lebih besar daripada yang ini, ya.

Tentu tak lupa numpang eksis sejenak hihihihi, ini berfoto dengan bagian belakang roket.

info nasa space center houston texas amerika serikat

Terus, dijemput lagi sama kereta. Balik ke ruang museum tempat pertama kali tiba. Lanjut jalan-jalan sebentar di dalam. Sempat masuk ruangan teater berbentuk bioskop, di mana ada pemandu yang berkisah mengenai seluk beluk ekspedisi tim NASA ke bulan dan ke Mars.

Ternyata, di halaman museum ada museum lain yang berbentuk rangka pesawat. Pesawat beneran lho. Boeing 737 kalau enggak salah. Tapi dekorasi dalamnya sudah ala-ala museum standar. Kursi penumpang hanya ada di depan saja.

Duh, kok gak nemu foto-foto yang dalam museum pesawat yak. Malah nemu foto-foto selfie hahahaha.

Anak-anak lumayan menikmati jalan-jalan ke NASA Space Center ini. Jadi bisa dilepas dan mereka asyik sendiri. Ya tetap dalam pengawasan tentunya. Jadi deh, emak bapaknya sempet banget berselfie-selfie selama di sana. Tumben suami mau diajak centil-centilan hihihihi.

Walau tempatnya overrated, tapi kalau bingung mau ke mana saat ke HOuston, tempat ini kudu dikunjungi banget lah. NASA Space Center ini meruipakan destinasi turis nomor satu di Kota Houston, Texas ;).

Gimana … pengin ke sana juga gak? :D.