Siapa suruh datang ke Jeddah =))

Nah looo… satu lagi temen yang mau dateng ke Jeddah ini, untuk bermukim disini karena suaminya kebetulan dapet kerjaan di sini. Biasalah, persis kaya gw. Sebelum ke sini udah takutnya minta ampun, dan dia juga sama kaya gw, browsing kiri kanan, nyari-nyari blog orang-orang yang tinggal di jeddah (terutama ibu-ibu) dan kaget banget karena kog banyak yang stres yak? Hahaha.

Sederet pertanyaan sudah muncul di inbox gw, baik lewat BBM maupun messages. Sori yah say, jempol kanan gw kemaren kena infeksi huhuhu (beneran lho ini! -_-) jadi baru bisa cuap-cupa sekarang. Sekalian lah copy paste ke postingan ini , kali-kali aja biar Jeddah gag kliatan kaya neraka buat perempuan hahaha.

1. Laki-laki di arab sangar-sangar gak? Suka melototin perempuan gak? Tampangnya apa penuh nafsu kalo liat cewe?

Well, gag tau sih laki-laki di kota lain di negara Saudi ini, tapi di Jeddah laki-laki seperti deskripsi di atas gag perna ketemu tuh ama gw hehehe. Kuncinya cuma satu : jangan bepergian sendiri! Kalo suami kerja, ya jalan-jalan sama ibu-ibu yang lain ^_^. Kalo pergi ama suami mah, alhamdulillah, so far aman 100%.

Malah di sini menurut gw laki2-laki nya suka lebay. Misalnya nih, di tempat umum kayak mal ato rumah sakit ada kursi panjang tuh ya buat duduk-duduk. Laki-laki sangat menjaga jarak dengan perempuan.

Misalnya cuma ada 3 kursi kosong, ada laki duduk di sebelahnya, trus gw ikutan duduk, otomatis laki2-laki itu tahu-tahu berdiri. Risih kalo duduk ama perempuan. Padahal kan diantaranya masih ada kursi kosong.

Atau kalo mau naik lift, ada laki-laki di dalamnya, ada perempuan mu masuk, pasti laki-laki itu mepet-mepet ke pinggir. Laaah, liftnya padahal masih luas hehehe. Malah kalau bersentuhan dikit, si laki-laki milih buat keluar lift. Nah loh, di Indonesia, dapet gag yang kaya gitu? :D.

Oiya di tempat umum kaya RS juga banyak banget tersedia “Female waiting room”. Biarpun laki-laki segabruk-gabruk berdiri di luar, dan di dalam waiting room banyak tempat kosong, para laki-laki gag bakal berani deh masuk ke dalam :D. Jadi enak, saban ke RS, gw selalu dapet duduk hehehe, biarpun lagi rame kaya pasar.

Soal komunikasi juga. Kalo harus berurusan dengan laki-laki, misalnya kasir di kasir supermarket, kalo ada suami, mereka segan ngomong ama perempuan. Milih ngomong ama laki-lakinya aja, ya kecuali si perempuan gag ditemenin lakinya, mereka pasti ngeladenin lah :).

Jadi tenang deh, selama gag macem-macem, gag nekad jalan-jalan sendiri ke tempat-tempat sepi (which is emang buat apa cobaaaa :D), insya Allah super duper aman ;).

Kalo di jakarta sih gw udah kenyang yaaaa, biar kata ibu-ibu anak 1, kalo lagi maen ke mal, adaaaaaa aja yang iseng, “Mau kemana mbaaaaa” -_-.

2. Traffic-nya di jalan?

nah, yg ini lagi nih. Kalo situ dah perna tinggal di eropa ato negara maju lainnya wajarlah kalo komplen soal traffic disini. Tapi kalo biasa nyetir di Jakarta trus misuh-misuh ama traffic dsini, ya itu baru gag valid hehehe.

Okelah disini orang rata-rata gag sabaran, tapi jalan-jalan raya disini tuh kebanyakan gede-gede dan selalu ada pembatas beton untuk jalanan 2 arah. Jadi kalo disalip ya santai aja, wong jalurnya banyak kog dan macetnya gag separah jakarta. Paling penting, dan gag ada motor!

Ngaku dah, yang pernah di jakarta, suka ndak suka pengendara motor ini emang suka bikin stres para pengendara mobil kannnn? :p.

3. Jeddah banjir juga?

Iyaaa bangettttt hahaha. Hujan dikit aja katanya bisa menggenang kemana-mana, karena somehow mereka gag siap dapet hujan kali yah, jadi infrastrukturnya sangat tidak mendukung kalo hujan tiba-tiba menyergap.

Tapi yah, hujan juga jarang banget sih di sini. Tapi tetep aja males yah kalo tiba-tiba menggenang gitu.

4. Jeddah kotor?

Iya jugaaaaa hehe. Mirip-mirip Jakarta sih kalo gw bilang, cuma di Jeddah menang karena lebih kering aja jadi kliatannya nda sejorok Jakarta.

5. Harga mobil katanya murah?

Bangettttttt…. makanya disini kalo di jalan2 gitu, dominasi mobil mewah tuh kliatan banget :D… untuk level engineer, nda sampe 2 bulan gaji dah bisa beli mobil kelas menengah loooohhhh :P.

Dulu gw suka norak kalo liat Lexus ato Jaguar, tapi yah lama-lama kog banyak yaaaa hehehehehe…. nda bener tapi rasanya yah, dsini banyak pengemis gitu soalnya, kurang merata nih pembangunannya, 11-12 ama Jakarta gitu dong jadinya ya :(.

6. Orangnya banyak yg nda ramah?

hmm…sayang sekali, kalo soal yg ini emang bener sih. Gw aja suka senewen ama suster2 rese yg kebanyakan berkebangsaan filipina. Dan emang, disini tuh agak gag lazim kalo ada perempuan Indonesia yang bisa berbahasa inggris. Karena emang kemiripan fisik yang luar biasa antara orang filipina-malaysia ama Indo, jadi gw seriiinggg banget ‘dituduh’ org Malaysia ato orang filipina.

Di jeddah ini, orang filipina emang juga banyak yang kerja sebagai asisten RT ato baby sitter, tapi masalahnya yg kerja jadi engineer, sales, penjaga toko, pelayan, itu juga banyaaaakkk banget. Dan mereka terkenal fasih berbahasa inggris.

Orang Malaysia apalagi. Dsini gag ada orang Malaysia yang kerja ‘rendahan’ dan mereka gag ngirim TKW sama sekali. Minimal posisi orang Malaysia disini rata2 adalah konsultan IT, pekerja bank, ato engineer. Orang Malaysia disegani booo disini :).

Lah kalo indonesia? ya begitulah, didominasi oleh pekerja domestik rumah tangga, persentasenya jauuuhhh lebih gede daripada engineer dan sebangsanya :(. Jadi harap maklum, kalo emang orang Indonesia disini dipandang sebelah mata. Tapi santai ajah, nda usah dimasukin ke hati :).

Gw dulu emang suka ngaku orang Malaysia biar dapet ‘servis lebih’ hehehehe, tapi udah insaf, dan selalu jujur ngaku orang Indo kalo ada yg nanya. Justru emang gag boleh boong yah, biar lama2 mereka juga tau kalo : hellooooo…. ada jutaan orang kali boooo yg bisa bahasa inggris di Indonesia hehehe.

Memang yah, timur tengah, especially Saudi ini nda dilirik oleh para pekerja profesional dari negara kita. Yg berbondong2 kesini malah para pekerja ‘kelas bawah’. Coba bandingin ama orang Pakistan, India, Filipina. Dsini mereka itu bener2 luas banget daya jangkaunya. Yg jadi kuli kasar bejibun tapi yg jadi direktur bank juga banyak.

Padahal disini enak loooohhhh…. *cari temen,cari temen* :P… ada plus minus nya lah :).

***

2 comments
  1. mba jee.. salam kenal yak..
    pas aku umroh kemaren ngobrol sama org mesir yg suaminya kerja di Abha, katanya kalo gaji pribumi saudi ama pendatang (di level pekerjaan yg sama) bedanya bisa 10x lipat yak, bener ga sih? *kepo*

    trus kmaren dicritain ama pegawe catering di sana, org Arab malah seneng sama org Indo yg baik hati lagi sedap masakannya hahahahaa, kalo Malay terkenal pelit..iya kah? 😀

    semogaa Allaah izinkan aku utk tinggal di dekat haramain biar bisa sering umroh & pergi haji.. aamiin. hihihiii.

    keep inspiring mama Abil! :*

    1. Masa sih? Kayaknya enggak juga kok. Profesional kalau urusan gaji. Tapi di sektor swasta ya. Kurang tahu deh kalau penggajian di lembaga pemerintah/kerajaan heheehe.

Comments are closed.