Urutan Skincare Remaja : Fokus Pada Prioritas dan Hindari Produk yang Belum Perlu

Urutan skincare remaja pada dasarnya mirip saja dengan urutan skincare pada kulit wajah orang dewasa. Hanya saja, kulit remaja kan masih kinyis-kinyis banget, masih seger, hidrasinya masih bagus, jadi belum perlu produk yang lebih “advanced”.

Urutan skincare remaja juga mengacu pada prinsip CTMP. Cleansing, Toning, Moisturizing, dan Protection.

Penggunaan rangkaian skincare dilakukan dalam 2 tahap. Skincare pagi/siang hari dan skincare malam hari. Mirip, sih. Bedanya paling kalau malam enggak perlu pakai sunscreen (bagian dari step protection).

Urutan Skincare Remaja

Yang mau lihat versi vlognya ini dia :

Yang mau tetep lanjutin baca versi blog juga monggo. Isinya mirip kok hehehe.

1. Cleansing, membersihkan wajah. Ini merupakan salah satu langkah yang cukup penting nih mengingat remaja kan biasanya aktif banget. Banyak kegiatan outdoor, gampang berkeringat dst dst. Kulit wajah rentan terkena polusi dan sinar matahari.

Bersihkan wajah bisa pakai facial foam, cleansing oil, dsb. Tergantung preferensi masing-masing saja.

Kalau untuk produk BodyShop, saya menyarankan pembersih wajah Vitamin C nih yang remaja hehehe. Tergantung preferensi masing-masing saja ya :). Sekadar saran aja.

2. Toning, menggunakan toner. Toner ada 2, ada yang sifatnya eksfoliasi ada yang hidrasi. Sebenernya kalau remaja, belum terlalu perlu toning ini. Malah ada juga beberapa ahli kulit dan kecantikan yang punya pendapat bahwa orang dewasa pun enggak perlu pakai toner.

Memang bisa beda-beda opini, ya. Kalian pilih sendiri saja mau gunakan cara yang mana. Atau konsultasikan langsung dengan dokter kulit masing-masing ^_^,

Umumnya kan para remaja belum pakai make up yang berat. Tapi kalau sudah rutin ber make up yang komplit (pakai foundation, primer dll), baiknya memang pakai toner dan double cleansing bersihin mukanya.

3. Moisturizing, melembabkan wajah. Untuk produk moisturizer, gunakan saja krim pelembab wajah biasa. Ada macam-macam brand dijual di pasaran. Dipilih saja sesuai preferensi masing-masing.

Kalau yang dari Body Shop, saya rekomendasikan pelembab wajah Drops of Youth atau Drops of Light :D.

Biasanya kalau produk-produk untuk remaja, moisturizer atau pelembab wajah yang dijual di pasaran sudah sepaket dengan sunscreen atau sudah mengandung SPF.

Sebelum bahas lebih lanjut, kita ke bagian selanjutnya dulu.

4. Protection, melindungi kulit. Produk skincare yang mengandung SPF. Remaja nih biasanya lagi seneng-senengnya beraktivitas outdoor. Jadi sering terpapar sinar matahari langsung.

Makanya nih penggunaan sunscreen / produk yang mengandung SPF sangat perlu diterapkan sejak usia remaja. Harus rajin-rajin oles sunscreen gak boleh males :p.

Bedak, foundation, malah tidak terlalu perlu sih untuk remaja :). Tapi sunscreen jangan sampai ditinggalkan :D.

Sesuai yang dibahas di nomor 3 tadi, ada banyak produk skincare remaja yang pelembab wajahnya sudah mengandung SPF. Jadi bisa berfungsi sekaligus sebagai sunscreen. Jadi enggak perlu ribet pakai 2 produk yang berbeda ;).

Dulunya sih produk Vitamin C dari BodyShop menggabungkan pelembab wajah dengan sunscreen, tapi sekarang dijual terpisah.

Tapi ada produk Skin Defence dari The BodyShop juga yang sunscreennya juga berfungsi untuk melembabkan wajah. Monggo dicoba kalau tertarik ya adik-adik hehehe :).

Jangan terpaku dengan brand. Boleh brand apa saja yang penting cocok di kulit masing-masing.

Itu tadi 4 urutan skincare remaja secara umum. Untuk malam hari juga sama saja. Kecuali produk sunscreen yang tidak perlu digunakan kalau malam hari.

Bagaimana dengan serum, essence, krim mata, sheetmask, aneka rupa masker, dsb dsb dsb? Untuk remaja sih … BELUM PERLU. Kecuali kalian sudah konsultasi ke dokter kulit dan ternyata ada kondisi khusus yang mengharuskan kalian mulai menggunakan produk-produk tersebut, ya.

Selain belum perlu, takutnya sih kalau terlalu dini menggunakan produk-produk skincare yang sudah “advanced” tersebut bisa membuat kulit malah menjadi resisten.

Saat tiba saatnya kulit wajah perlu “bantuan” dari serum dkk, kulit kita malah tidak merespons seperti seharusnya. Karena udah “kebal” sama aneka rupa krim sejak usia dini hehehe.

Jangan sampai kayak begitu ya ;).

Jadi fokusnya ke produk apa? Ya kembali ke 4 step yang saya sebutkan sebelumnya.

Kalau misalnya budgetnya mepet banget dan harus MILIH, prioritas utama adalah PEMBERSIH WAJAH. Penting banget deh itu bersihin muka secara rutin dua kali sehari SEJAK USIA REMAJA :D.

Just in case budget hanya bisa milih satu produk. Pilihlah produk pembersih wajah dan gunakan rutin 2x sehari ya, adik-adik ^_^.

Prioritas kedua … SUNSCREEN!

Penting banget deh tahap protection ini buat kulit wajah kita. Inget, udah banyak ya produk skincare yang sudah mengandung SPF sekaligus sebagai pelembab wajah untuk remaja.

Jadi tinggal beli 1 produk, dapet deh 2 langkah sekaligus : melembabkan dan melindungi kulit wajah. Sip! 😀

Itu saja urutan skincare remaja dan semoga membantu, ya. Yuk ah, rajin belajar, rajin rawat kulit juga hehehehe ;).