Skincare Rutin Malam Hari : Saat Tidur pun, Kulit Perlu Nutrisi, Loh! ;)

Skincare rutin malam hari tidak kalah pentingnya dengan skincare rutin siang hari. Jangan mentang-mentang gak ada yang liat lagi kalo malam jadi gak perlu oles-oles hihihi.

Baca juga : Skincare Routine Siang Hari untuk Kulit Kering

Justru pas malam nih, saat istirahat panjang, penting memberikan nutrisi tepat buat kulit wajah biar penyerapan zat-zat penting buat kulit lebih lancar.

Pada dasarnya, urutan skincare rutin malam hari enggak jauh beda dengan skincare rutin siang hari

Ah ya, selingan dikit nih, review serum the body shop untuk mencerahkan wajah sekalian tempel di sini ya hehehehe :

Balik ke topik.

Biasanya, skincare rutin malam hari dimulai sebelum tidur banget. Jadi udah selesai semua-mua urusan paling tinggal baca-baca aja sambil nunggu step per step urutan skincarenya. Sekitar jam 9 malam kalau di saya, ya. Malah kadang jam 9 udah tidur, jadi rutinitas skincare dimulai jam 8 :D.

Urutannya sebagai berikut :

1- Membersihkan wajah.

Step pertama dari skincare rutin malam hari ya sama aja yaitu : membersihkan wajah. Intinya sih pakai facial wash dan/atau pakai cleansing toning atau facial gel/cream dll. Bisa juga dilanjutkan dengan masker atau peeling wajah.

Nah, kalau saya sendiri tiap hari bisa beda-beda produk yang digunakan hehehe. Pilihannya sebagai berikut, ini maksudnya satu hari satu step ya. Jadi gak dikerjain tiga-tiganya setiap hari :

a. Pakai pembersih wajah Cleansing Polish Vitamin C The Body Shop.

b. Pakai pembersih wajah Drops of Light Brightening Cleansing Face Foam The Body Shop. Terus setelahnya pakai Rice and Ginseng Mask The Body Shop.

c. Pakai pembersih wajah Drops of Light Brightening Cleansing Face Foam TBS, terus dilanjut dengan Drops of Youth Liquid Peel Scrub.

Jadi begini. Misalnya hari senin saya gunakan step a, maka besoknya pakai step b. Hari rabu balik lagi ke step a, besoknya step c. Kulit saya kering. Jadi pakai masker atau peeling itu per 2 hari sekali aja. Mudah-mudahan gak bikin bingung ya.

Pembersih wajah Vitamin C The Body Shop itu ada microbeadsnya jadi kalau pakai masker atau peeling, saya pilih pembersih wajah yang lebih lembut seperti Drops of Light. Biasanya pakai VItamin E jugak.

Pembersih wajah vitamin C udah sekalian pakai scrup tipis-tipis dari microbead itu jadi kalok di-dobel sama masker/peeling takut makin kering, shaaayyyy :D.

2- Pakai Essence Lotion

Setelah muka bersih dan dikeringkan, lanjut ke essence lotion kitaaaaa ^_^.

Dulu-dulu gak pernah pakai essence lotion, langsung pakai serum aja. Tapi ini kemarin tergoda sama diskonan hihihi. Sekarang saya menggunakan Roots of Strength Firming Essence Lotion.

Seri Roots of Strength ini memang favorit saya banget. Sudah pakai semua produknya dari lotion, serum sampai moisturizer. Cucok semuaaaaa *laaaf*.

3- Pakai Serum

Setelah Essence Lotion meresap di wajah, giliran apply serum. Kalau serum sih saya udah pakai macem-macem dari THe Body SHop hihihi. SO far oke-oke semua. Favorit tentunya Roots of Strength Shaping Serum.

Pernah saya review di sini ya :

Tapi sekarang lagi Drops of Youth, pre serum Youth Concentrate. Oke juga kok yang ini. Pre serum tapi jadi serum juga okelah.

Tentunya sudah direview jugak si pre serum super keren satu ini 😉

4- Pakai Eye Cream ATAU Serum Mata

Ingat harus nungguin produk skincare sebelumnya meresap dulu ya baru dilanjut ke step selanjutnya. Biasanya sekitar 5-10 menit an.

Yup, ini step yang tidak kalah penting untuk skincare rutin malam hari, terutama buat yang sudah kepala 4 macam kita-kita ini hahahaha. Eh saya deng, bukan kita :p.

SEtelah pakai serum, saya menggunakan eye cream atau serum mata, tergantung yang mana yang ada hihihi. Gak pernah pakai bareng. SElalu salah satunya aja.

AH ya, eye cream ini seringnya saya gunakan juga di siang hari. Jadi sehari 2x.

Sekarang lagi pakai eye cream dari Vitamin E The Body Shop. Cuusss ini reviewnya 😉

Saya juga pernah nyobain serum matanya Drops of Youth, Eye Concentrate. Nah ini sebenarnya bagus bangeeeeet. CUma agak mahal euy. Jadi saya prefer nunggu pas lagi diskon belinya :p.

Eye Concentrate ini pakai rollerball jadi cara penggunaannya praktis.

5- Pakai Serum Vitamin C dari The Body Shop

Kalau ini memang serum khusus. Saya sukaaaaa banget. Sejak awal menggunakan tahun 2017, masih setia sampai sekarang. Saya gunakan di rangkaian skincare siang dan malam. Jadi pakainya dua kali sehari.

Serum ini juga bisa berfungsi sebagai primer. Makanya kalau siang saya gunakan setelah moisturizer kadang-kadang.

Tapi kalau malam saya gunakan setelah eye cream/serum mata. Serum ini bisa untuk menghilangkan noda/flek hitam jugak.

Waduh panjang juga ini protokol skincare rutin malam hari, jangan bosan dulu yes? Hahahaha. Tenang, ini tinggal satu langkah terakhir ;).

6- Pakai moisturizer / krim malam

Sebenarnya ada krim khusus untuk malam hari yang biasanya dikeluarkan brand-brand skincare tertentu. Termasuk The Body Shop. Saya dulu pernah menggunakan krim malam dari Oils of Life The Body Shop. Buaguuussss.

TErus pernah nyobain Sleeping Cream dari Drops of Youth. Bagus jugak. Duh pusing, bagus semua hahahahaha. Tapi ingat pakainya tetap satu produk moisturizer aja tiap hari. Tidak perlu didobel-dobel hehehe.

Kalau mau dan terasa cocok, digonta ganti aja. Jadi misalnya senin pakai krim malam Oils of LIfe, selasa pakai sleeping creamnya Drops of Youth dst dst.

Tapi makin ke sini, mungkin karena perawatan makin membaik (ecieeee), kok ya rasanya pakai krim apa aja oke hehehe. Jadi krim/moisturizer yang saya gunakan sama aja untuk siang dan malam hari.

SEkarang ini pakai Firming Cream dari Roots of Strenght. Lom sempat direview, udah ampir abis satu jar. Bagus jugakah? Pastinya! 😉

AND … that’s it! SElesai sudah allahu akbar! HIhihihi. Begitulah urutan penggunaan skincare rutin malam hari ala saya. Secara umum urutannya emang begitu kok. Paling beda-beda brand produk aja kan.

Kesannya ribet ya. GImana cara ingetnya? Enggak seribet itu kok. Yang penting jadikan kebiasaan saja. It’s worth it bangeeettt ^_^.

Pernah gak sih kelewatan malam langsung bablas tidur aja gak sempet oles-oles apa pun? Pernah lah hehehe. Tapi jaraaaaannggg banget.

Pokoknya serepot apa pun, usahakan tetep bersihkan wajah dan oles segala rupa. Efek jangka panjangnya akan sangat-sangat terasa ;).

Ingat juga dalam skincare rutin malam hari, harus ada jeda antar produk. Udah saya ulang-ulang di atas, biarkan produk sebelumnya meresap dahulu. BIsa sambil baca-baca buku tuh di sela-sela nunggu produk meresep ;).

Yuk yaaaa, gak boleh males kalok mau kulit wajah terawat ^_^. Semangaaaaaatttt ;).