Foto : Dani Rosyadi

Understood Backwards, Live Forwards

“Aneh ya kalau dipikir orang dulu bikin bentengnya kok di bukit yang tinggi?”

“Ha? Kenapa emang?” Saya enggak ngeh maksudnya suami.

“Ya soalnya sekarang kan ada pesawat. Kalau bikin benteng di tempat tinggi ya sekali dibom, habis sudah!”

“Oooooo…ya dulu pan kagak ada pesawat!”

Hahahaha :p.

Ini oleh-oleh jalan-jalan ke Rock of Dunamase 2 minggu kemarin. Yah, tinggal di Irlandia mah, hiburan gratisnya ya enggak jauh-jauh dari reruntuhan kastil ini itu hahahaha :p

read more

Gambar : pixabay.com

When Silence is Deafening

Di awal abad ke-20, Republik Irlandia akhirnya berhasil merebut kemerdekaannya dari Kerajaan Inggris Raya. Beberapa aktivis Katolik dan nasionalis Irlandia mengklaim kemerdekaan mereka dan tidak disambut mulus oleh pihak Kerajaan Inggris.   Katoliknya harus disebut, ya, karena di masa itu, hubungan Protestan vs Katolik ikut mewarnai perebutan wilayah di Pulau Irlandia oleh Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia. Mayoritas Kerajaan Inggris adalah penganut Protestan.
Gambar : gtaforums.com

Gambar : gtaforums.com

  Sebelumnya pula, lebih dari 100 tahun, pertikaian antar kepercayaan ini terus berkobar sejak masa penjajahan Kerajaan Inggris terhadap Republik Irlandia. Penekanan dari sisi agama juga dilancarkan oleh pihak penjajah. Misalnya pemaksaan bahwa warga Irlandia HARUS manut pada ajaran Protestan.

read more

Killarney National Park Lake View pic Dani Rosyadi

Ring of Kerry : Video

Saat musim dingin, sedikit enggan mau jalan-jalan ke luar kota. Dinginnya enggak nahan. Padahal Irlandia termasuk negara 4 musim dengan cuaca paling bersahabat. Ya tapi namanya juga belahan utara ya, mau  paling bersahabat juga suhu ya rata-rata bisa di bawah 5 derajat kalau musim dingin.

Di sini jarang banget suhu drop sampai di bawah 0 derajat Celcius. Musim dingin rata-rata 2-5 derajat saja :D. Salju di Irlandia? Jaraaaaaang :D. Winter tahun ini salju belum berkunjung ^_^. Tahun lalu lumayan lho, pas lagi hamil muda. Duh, ingat tuh lagi hujan-hujan pergi belanja belanji ke Tesco karena ngejar diskonan hihihi. Pulang-pulang hujan gede dan jalan agak licin bekas salju. Maknyus, deh :p.

read more

anak2 main bola

Galway, Pesisir Barat Irlandia

Pulau Irlandia berbatasan langsung dengan Laut Atlantik di pesisir baratnya. Jadi, kalau mau ke pantai terbuka, mari kita jalan-jalan ke wilayah barat. Salah satunya ke Kota Galway ^_^.

Galway, termasuk kota terbesar di Repulik Irlandia. Nomor 3 kalau tidak salah setelah Dublin dan Cork. Galway, kota besar yang letaknya paling dekat dengan kota tinggal saya. Makanya sudah beberapa kali main ke sini. Tapi baru kali ini sempat ditulis hahahaha :p.

Salt Hill Galway foto Dani Rosyadi di Irlandia

Salthill Beach di Galway, foto : Dani Rosyadi

Btw, Galway juga termasuk kota wisata di Republik Irlandia buat para turis yang paling direkomendasikan ;). Umumnya pada pengin ke Pulau Aran yang bisa dituju dari pesisir pantai di Galway.

read more

Visa Irlandia, gambar : lawandvisas.com

Pengurusan Visa Irlandia

Tertarik mengunjungi negara Republik Irlandia buat jalan-jalan tapi sudah tahu belum cara pengurusan visa Irlandia? :D. Ya kali-kali ya lagi mencari banyak tempat hiking dengan pemandangan alam bebas yang nyaris belum tersentuh tangan manusia ;).

Baca : Petualangan Alam Bebas di Killarney National Park

Killarney tepi danau

1. Visa Irlandia (Republik Irlandia) BEDA dengan visa UK (Kerajaan Inggris Raya) :D.

2. Bedakan antara Irlandia Utara vs Republik Irlandia. Irlandia Utara memang bagian dari UK dan ke sananya pakai visa UK. Irlandia Utara ibukotanya Belfast. Kalau Rep Irlandia ibukotanya Dublin ;).

read more