Ring of Kerry Ireland by Dani Rosyadi

Republik Irlandia, Si Eropa Coret (Hahaha)

Baru-baru ini ada teman yang tinggal di Eropa Daratan yang liburan ke Republik Irlandia dan ngomel panjang lebar soal Ireland hahahahaha.

Saya selalu kok bilang ke teman-teman yang nanya soal jalan-jalan di Republik Irlandia dimana saya tahu mereka belum pernah ke Eropa sama sekali, “Kalau baru pertama kali ke Eropa, ya jangan ke Ireland lah. Rugiiiiiiii hahahaha.”

Mending jalan-jalan ke Eropa daratan dulu seperti kota-kota turis utama di Belanda, Perancis, dan sekitar. Jika mencari yang agak anget dan eksotis bisa ke wilayah Spanyol-Portugal atau Italia dan wilayah pesisir Perancis.

Bagi yang kepengin liat pemandangan alam yang SPEKTAKULER monggo ke Eropa Utara, terutama Norwegia tuh. Mantep (y). Gue juga lom pernah sih hihihi :p.

Kalau ingin cari kota besar bergaya klasik sekaligus modern dengan tempat wisata yang lebih komplit, pergilah ke London <3.

In front of London Eye @London

Yang punya uang lebih terbanglah ke SWISS. Saking bagusnya negara ini sebagai tempat wisata, SEMUA KOTA rasanya wajib dikunjungi saat berada di Swiss <3.

A view at the Zurich Lake, Swiss pic : Dani Rosyadi jalan-jalan ke Swiss
Pemandangan dari atas kapal di Danau Zurich, Swiss. Foto : Dani Rosyadi

Budget agak pas-pasan tapi ngotot pengin ke Eropa dan merasakan pemandangan khas negeri-negeri di benua putih, maka negara-negara di Eropa Timur adalah jawabannya ;).

Kapan ke Irlandia? Ya kalok semua udah didatangi dan masih ada uang lebih 🤣🤣🤣. Ato kali-kali penasaran pengin ketemu langsung sama Mbak Jihan Davincka yang penomenal itu #eaaaaa 🧐😝😂😂😂😂.

Kalau saya ngomongin Irlandia di sini maksudnya beneran Republik Irlandia, ya. Tidak termasuk IRLANDIA UTARA yang masuk wilayah UK. Irlandia Utara lebih keren sikit lah ketimbang Republik Irlandia :p.

Ireland is a lovely place, for sure 🥰. Menyenangkan betul tinggal di sini kalau menurut saya pribadi.

Cuma ya tidak terlalu banyak yang istimewa dari Ireland sebagai tujuan wisata :).

Pemandangan alamnya? Mirip sekali dengan Skotlandia, kok ^_^. Mending apply visa UK, bisa main ke London sekalian melipir ke utara mengunjungi Skotlandia.

UK (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland) terbagi atas 4 wilayah : England, Wales, Scotland, and Northern Ireland. Dengan visa UK, kalian leluasa bolak balik di empat area tersebut.

Visa Republik Irlandia beda lagi. Untuk pemegang paspor Garuda, visa Republik Irlandia itu GRATIS. Tetap harus apply visa cuma biayanya 0 rupiah ;). Visanya gratis tapi harga tiketnya sangat kurang bersahabat hihihihi.

Tidak banyak turis Asia yang mau ke Ireland. Karena letaknya yang mojok di ujung barat, terpisah di pulau sendiri pula. Manalagi baik Pulau Britania (UK) dan Pulau Irlandia, keduanya TIDAK TERMASUK WILAYAH SCHENGEN.

Eropa coret 😅😅😅🙏.

Walau republik mungil yang kental dengan budaya Katolik ini tergolong NEGARA MAJU, tapi infrastrukturnya kalah jauh dengan negara-negara di Eropa daratan :).

Maklum Irlandia ini tadinya negara jajahan kek sebagian negara-negara di Asia Tenggara hihihihi. Ratusan tahun jadi jajahan Kerajaan Inggris. Berbeda dengan kebanyakan negara Eropa daratan yang dulunya malah masuk geng “PENJAJAH KELAS BERAT” :p.

Inggris, Spanyol, Portugis, Belanda, sudah tahu kan rekam jejaknya yang “sangar” di masa lalu :p.

Kalau di Belgia, Perancis, Spanyol banyak bener bangunan megah mentereng nan klasik khas abad pertengahan, sisa-sisa kejayaan Kerajaan di masa lampau, maka Irlandia mah bangunan peninggalannya adalah reruntuhan kastil-kastil tua dengan arsitektur sangat sederhana saking sibuknya dulu mereka hidup prihatin dan mati-matian melepaskan diri dari penjajahan hehehehe.

Jadi begitu ya kira-kira hehehe. Ireland sih bersih, keren, dan segeeerrrr ^_^. One of the best place to raise our youngs menurut saya <3.

Tapi saya kurang merekomendasikan Ireland sebagai wisata utama di Eropa terutama bagi mereka-mereka yang belum punya banyak pengalaman jalan-jalan di Eropa ;).

Cuacanya juga agak-agak ajaib di Ireland, di mana mendung menjadi pemandangan utama di hampir sepanjang tahun.

But one thing for sure, Irish people ini salah satu bangsa Eropa yang paling ramah compared to wong-wong bule di Eropa daratan yang terkenal cuek dan galak-galak hihihihi :p

“We may have bad weather in Ireland, but the sun shines in the hearts of the people and that keeps us all warm.” -Marianne Williamson-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *