Eurotrip Belgium-France Day 1 : Flight from Dublin to Brussel with Ryanair

Mau sharing soal Ryanair, maskapai yang terkenal dengan tiket penerbangan murah ke seantero Eropa. Yang murah-murah biasanya pada demen hihihi.

Jadi, minggu lalu kami jalan-jalan ke Belgia dan Perancis. Di Belgia mengunjungi 3 kota, di Perancis muter-muter Paris doang hehehe.

Nah, ini cerita Day 1 : hari jumat sore kami terbang dari Dublin menuju Brussel. Sudah bikin vlognya segala, sih.

Kalau mau cuss langsung ke video ya monggo ajah :D, hari pertama, terbang dari Dublin ke Brussel via Ryanair.

 

Ryanair ini airline budget yang mayan tenar seantero Eropa + Maroko dan beberapa negara seputaran Eropa. Murah meriaaaaaahhhh .

Buat paspor Garuda terbang dari Ireland ke Mainland (Eropa Daratan : Jerman-Belanda-Perancis dkk) relatif murah kalau pakai Ryanair. Seringnya, biaya visanya yang lebih mahal hahahaha. Atuhlah, Ireland join Schengen napa? ???.

Mahal pun sebenarnya mungkin masih bisa kita ikhlaskan asalkan ngurus visanya nyaman. Ish, ngurus visa di kedutaan mah mana pernah menyenangkan sih ??.

Diinterogasi habis-habisan sampai kesel sendiri hahaha.

Sementara buat teman-teman paspor Garuda di mainland, kalian bisa masuk Ireland dengan gratis loh . Tetep ngurus visa tapi biayanya NOL rupiah hehehe. Main siniiiiiiii, bawain tempe yak hahahaha.

Ryanair ini basenya di Dublin, karena memang berasal dari Republik Irlandia.

Dublin – London tuh naik Ryanair tiketnya bisa 50 euro aja loh PP, tapi visa masuk UK-nya 110 euro per orang, termasuk anak bayik! ??????

tiket penerbangan murah
Si Mamah mau halan-halan 😀

 

Visa Schengen harga lebih bersahabat dan anak-anak usia tertentu gratis atau dipatok lebih murah . Kalau visa UK pukul rata euy.

Check in HARUS online, kalau lupa check in online harus bayar lagi dan itu muahaaaallll . Yang boleh diibawa hanya satu tas ransel buat di kabin yang sudah ada aturan sizenya (lihat di vlognya).

Boleh bawa tas tambahan (yang gedean dikit daripada ransel) buat di kabin tapi ya bayar lagiiiiii . Cuma 7 euro sih per 1 tambahan tas kalau gak salah. Mau bawa tas yang lebih besar buat masuk bagasi ya jelassss, lebih mahal lagi bayarnya hihihi.

Makanya, murah banget karena serba terbatas. Tapi tetep *tepukTangan*, yes? Hahaha.

Kami berlima kemarin karena dapat air BnB yang murah meriah dan punya mesin cuci buat semalam doang jadi selain masing-masing nenteng ransel akhirnya beli 1 tas tambahan buat kabin.

Rombongan sirkus berlima begini hihihihi. Enak mah kalau bisa nyuci tiap hari, 1 ransel per orang juga cukup.

Saya tidak terlalu rewel urusan baju. Sepatu juga cukup satu saya mah. Tas juga ya tas ransel itu aja ditenteng-tenteng ke mana-mana hihihi. Asalkan seperangkat skincare tetap kebawa hahahaha.

Semua orang punya aib dan kelemahan masing-masing ???.

Btw, ransel putih ini dari Cath Kidston seri traveling loh. Di season tertentu di outletnya bisa diskon sampai 70% . Mau jastip, inbox aja ya Sis hihihi.

Tiketnya itu makin malam makin murah. Kami pilih boarding jumat pukul 8 malam. Dari Athlone jam 4. Nyetir hampir 2 jam, check in agak spesial karena paspor non Uni Eropa harus lolos imigrasi dulu. Makanya agak cepet ke bandaranya.

Sisanya … ya nunggu boarding sambil ngeliatin anak-anak koboi ini lari-larian tak tentu arah hahahaha. Mom of Boys mana suaranyaaaaaaa ???. Cek aja tuh di vlognya, link yang di atas tadi itu tuh.

Ada delay karena hujan deras. Tiba di Brussel jam 11.30 pm, Brussel lebih dulu sejam daripada Dublin. Yang punya air BnB baek banget mau nungguiun kami sampai jam setengah satu malam .

Bandara kelas dua gitu, ampun deh, bahasa Perancis semua, kami sempat nyasar pas nyari tempat sewa mobil. Untung ketemu setelah lari-larian ke sana ke mari hahaha.

#Boy3 lihat tuh dia masih nyanyi-nyanyi pas bapaknya ngantri di tempat sewa mobil (at the end of the vlog hihihihi). Boy1 dan Boy2 sepanjang jalan perang mulut, main bareng, pukul-pukulan, baikan lagi, perang mulut lagi, main bareng lagi dst dst ???.