Perbedaan skincare dan make up

Perbedaan Skincare dan Make Up

Masih ada yang bingung kah dengan perbedaan skincare dan make up? Wajar lah :D.

Umumnya, skincare dikenali sebagai face care. Padahal skincare tidak terbatas untuk wajah saja. Kalau ngomongin wajah otomatis ingatnya bedak, pensil alis, lipstik, maskara, dkk hehehe.

Jadi perbedaan skincare dan make up itu apa saja? Yukz ….

1. Literally kalau diartikan keduanya itu udah beda banget. Skincare = perawatan wajah, make up = berdandan / berhias. Dari sini saja harusnya sudah terbayang, ya, bedanya apa.

2. Tujuannya pun beda banget. Skincare ditujukan  kesehatan kulit dalam jangka panjang. Sementara “Make Up” itu biasanya untuk mengubah salah satu atau beberapa bahkan seluruh bagian wajah menjadi berbeda. Tentu dalam artian lebih baik dong ya hihihi. Lebih kece, lebih cantik, lebih gitu-gitulah, dalam waktu singkat.

3. Durasi hasilnya tentu skincare tidak akan ujug-ujug langsung terlihat. Umumnya produk-produk skincare bisa dinilai hasilnya setelah 28 hari (sesuai siklus kulit standar kulit manusia pada umumnya).

Misalnya kalian beli produk serum baru. Gunakanlah secara teratur 2x sehari kan biasanya, di skincare routine siang dan malam hari. Tunggu sampai 28 hari, baru diperhatikan hasilnya. Memang skincare ini harus sabaaaaar. Tujuannya kan jangka panjang ;). It’s worth all the effort kok ^_^.

Review serum wajah yang bagus –> https://www.youtube.com/watch?v=8AkOV1sBcvU

Kalau make up = akan terlihat hasilnya LANGSUNG setelah digunakan. Misalnya penggunaan primer-concealer-foundation buat nutupin area mata yang berkantung atau perbedaan warna kulit di bagian-bagian tertentu. Begitu selesai dipakein produk-produk itu, CLING! Langsung kelihatan deh hasilnya ;).

Tapi ingat yang instan-instan biasanya came with the price ;). Jangan sering-sering lah kalau make up, yes?

4. Jenis produknya pun beda-beda.

Skincare itu contohnya : serum, eye cream, lip balm, pelembab wajah, krim malam, masker, pembersih wajah, sunscreen dsb.

Sedangkan make up itu misalnya : lipstik, bedak, maskara, eye liner, pensil alis, blush on, eye shadow, concealer, primer, foundation dsb.

Tapi ada juga produk yang berfungsi sebagai skincare sekaligus make up. Misalnya produk SERUM VITAMIN C dari The Body Shop bisa menjadi primer atau serum. Saya sih menggunakan serum vitamin C ini sebagai primer. Jadi saya gunakan setelah pakai pelembab wajah dan sebelum pakai sunscreen + bedak.

Ini versi vlognya, ya. Monggo ditonton 😀

Jangan lupa subscribe ke channel youtube saya, ya, di sini ;). Tinggal pencet tombol subscribe aja tuh di situ hehehe.

5. Range harga produk-produk skincare umumnya lebih mahal daripada produk-produk make up. Sesuai fungsinya yang memang untuk jangka panjang dan bagian penting dari kesehatan kulit. Sekalian investasi ye kaaaaaan ;).

Walau ada juga sih brand-brand make up yang harganya selangit.

***

Jadi gimana, penting mana sih antara skincare vs make up? SKINCARE dong, dong, doooooonggggg :p.

Make up ini juga jangan terlalu dijadikan kebiasaan. Walau bukan kebiasaan yang berbahaya tapi kalau terus-terusan dan tiap hari kulit wajah kita dihajar dengan foundation tebal-tebal + concealer + primer, riasan mata eye liner maskara eye shadow, ya pasti ada pengaruhnya banget, lho.

Jangan lupa juga untuk selalu telaten membersihkan wajah, lebih super telaten, buat yang suka make up berat-berat SEBELUM TIDUR.

Skincare -an juga membantu kulit untuk “menyatu” saat di make up. Kalau kulitnya kusam, kering, kurang terawat, kalau make up -an itu nanti jadi kayak topeng dan bisa retak-retak gitu. Kurang glowing jadinya.

Intinya sih, make up enggak make up, SKINCARE mah wajiiiiiiib :D.

Tapi bayangin skincare jangan melulu tentang produk-produk skincare pabrikan yang harus beli di toko-toko ya, kan bisa juga menggunakan produk-produk alami seperti madu, ampas teh, lemon, tomat, dll. Dulu saya sempat rajin nih pakai bahan-bahan alami.

Terus usia makin bertambah kok kayaknya udah gak mempan dan repot nyiapin + bersihinnya 🙁 –> alias pemalas hahahaha. Jadilah sekarang total pakai produk pabrikan semua :D.