nonton india film andhadhun pembahasan ending

Nonton India : Andhadhun, Open Ending yang Seru

Setelah lamaaaa banget nonton film Hollywood mulu, jadi nonton India lagi nih hehehe.

Gara-gara rekomendasi seorang teman di Facebook soal film Andhadhun. Lagi selo waktu itu, langsung nyari filmnya di Exodus via KODI. KODI ini windows application buat nonton streaming. Terus di Add-on pakai Exodus.

Filmnya ada! Yaaayyy. Dapat subtitle yang oke pulak. Mari kita nonton :D.

Nonton India film Andhadhun ending
Gambar : dailymotion.com

 

Ratingnya di IMDB 8.9, wow banget. Tapi mungkin yang ngasih rating orang India semua, yak. Secara penduduknya semilyar lebih sendiri hihihi.

Orang India ini memang spesial. Setia banget dengan budaya lokal mereka. Diaspora India di mana pun masih sangat terikat dengan kuliner lokal mereka.

Yang sudah hidup beberapa generasi di luar negeri, makannnya ya so pasti tetap seputaran Roti Naan-Kari-Biryani dll. Soal film juga sama. Teman-teman India saya di sini (Ireland) banyak yang pasang antena khusus demi bisa tetap nonton tayangan TV lokal sana. Salut, euy.

Film India juga selalu berjaya di negeri sendiri, tidak pernah loyo kena gempuran film-fim Hollywood dll.

Saya sempat alergi sama film India, abis ingetnya yang model-model gini lhooooo …. :p

nonton india

Stres gak sih hahahaha.

Tapi makin ke sini juga makin variatif kisah-kisah film India. Nonton India makin seruuuu. Plotnya makin unpredictable.

Termasuk film Andhadhun ini, nih. Aduh, plotnya agak anti mainstream. Alur cerita berliku-liku dan seru banget. Susah mau leyeh-leyeh pas nontonnya. Benar-benar dinamis.

SPOILER ALERT! Yang belum nonton dan ogah kena spoiler, SETOP sampai di sini!

Opening film harus disimak baik-baik. Ini tuh mirip kayak The Sixth Sense. Openingnya ngagetin terus tahu-tahu kita lupa dan enggak nyimak. Enggak nyadar hubungannya apa gitu.

Nah, Film Andhadhun juga modelnya semacam itu. Jadi pay attention di awal. Salah satu kunci cerita ada di situ.

Tokoh utama adalah Akash (Ayushmann Khurrana, guanteeeeeenggggg :p), seorang musisi buta yang jago main piano. Enggak sengaja kenalan dengan Sofie (Radikha Apte).

Ayah Sofie ternyata pemilik sebuah high-class restaurant. Si Ayah langsung kepincut dengan kemampuan Akash. Akash pun diajak kerjasama. Dikasih tugas main piano untuk menghibur tamu-tamu.

Kita lalu diperkenalkan dengan tokoh Pramod Sinha (Anil Dhawan), mantan aktor terkenal yang sekarang berprofesi sebagai kontraktor. Pramod punya istri bernama Simi (Tabu). Ternyata Simi ini istri belakangan. Dari istri sebelumnya, Pramod punya seorang putri.

Saat lagi ‘manggung’ di restoran Ayahnya Sofie, Pramod pun kenalan dengan Akash. Lalu Akash diundang untuk konser tunggal buat Simi di apartemen Pramod. Ceritanya buat hadiah anniversary Pramod-Simi.

Akash jatuh hati pada Sofie. Jadi sering pergi berdua. Nonton film bareng, naik motor boncengan dst.

Hingga suatu hari lagi hujan-hujan, Sofie mampir ke tempat Akash. Terus gituan deh hihihihi.

nonton india film andhadhun pembahasan ending

Terus ketahuan juga kalau Akash ternyata cuma pura-pura buta. Akash bereksperimen sebagai musisi gitu-gitulah. Biar lebih konsen.

Sampai di sini kirain cuma drama percintaan biasa. Pas nyuruh suami ikutan nonton besoknya, dese ogah-ogahan awalnya. Disangka cuma drama standar.

Adegan menukiknya adalah saat Akash akhirnya pergi ke apartemen Pramod sesuai permintaan Pramod sebelumnya. Kedatangan Akash  dalam rangka memeriahkan anniversary Pramod-Simi.

Eh, ternyata Pramod katanya tidak di rumah. Simi enggan menerima Akash. Tapi akhirnya diminta masuk juga dan Akash pun mulai beraksi dengan piano di ruang tamu.

Saat lagi asyik main itulah, tidak sengaja Akash melihat sepasang kaki tergeletak di ruang makan. Akash panik dan minta izin ke kamar mandi. Simi tidak curiga kan Akash masih pura-pura buta dan semua orang percaya.

Pria yang tergeletak dengan ceceran darah di area kepala adalah Pramod. Ternyata, di kamar mandi juga sudah ada laki-laki lain. Laki-laki tersebut kelihatan sebagai selingkuhan Simi.

Akash melihat semua adegan Simi dan si laki-laki misterius saat berusaha membuang jenazah Pramod. Setelah pamit, Akash buru-buru ke kantor polisi.

Eh, ternyata laki-laki misterius tersebut adalah seorang polisi. Akash pun cepat-cepat mengganti kisahnya dan mengaku kehilangan kucing.

Dari sinilah kejar-kejaran bermula. Karena polisi dan Simi curiga Akash itu tidak buta. Seru banget lah pokoknya. Banyak tokoh-tokoh lain yang terlibat dan ceritanya jungkir balik naik turun. Super tegang euy *ngelapKeringat*.

Simi akhirnya berhasil membuktikan Akash cuma pura-pura buta. Dia berusaha membunuhnya. Tapi enggak jadi. Terus Sofie muncul juga di rumah Akash dan melihat Simi di sana. Simi mengesankan sudah tidur bareng Akash. Sofie bete dan pergi. Di sini Sofie juga tahu kalau Akash ternyata tidak buta.

Simi membutakan mata Akash alih-alih membunuhnya. Dari sini kejar-kejarannya makin seru. Akash pun sekarang buta beneran jadi makin panik.

Hingga akhirnya muncul berita di TV, Sofie juga terlihat nonton. Berita mengumumkan kalau Simi ditemukan tewas dekat tempat jenazah Pramod ditemukan.

Tapi adegan selanjutnya menunjukkan kalau Simi ternyata masih hidup. Cerita kejar-kejarannya lanjut terus.

Ada tokoh dokter dan 2 orang laki-laki dan perempuan yang terlibat. Dokter inilah yang berjanji ingin mengobati mata Akash dan ternyata cuma tipu-tipu. Seru abis lah pokoknya. Mereka pun mencoba memeras si Pak Polisi dengan mengadukannya kepada istrinya soal perselingkuhannya dengan Simi.

Hingga akhirnya ada adegan Akash dan Pak Dokter naik mobil dengan Simi yang disekap dalam bagasi mobil. Pak Dokter menjanjikan kepada Akash untuk membuatnya melihat kembali dengan kornea mata Simi. Akash ragu.

Singkat cerita, scene berlanjut ke adegan 2 tahun kemudian, somewhere in Europe. Semua kejadian tadi berlangsung di India.

Sofie terlihat lagi berjalan dan tidak sengaja melihat kafe yang memasang poster Akash. Dia pun masuk dan reuni deh mereka berdua.

Nah, dari sini kita link ke adegan awal film. Ada seekor kelinci yang sedang diincar oleh seorang laki-laki bersenapan.

Ternyata, kisah tadi adalah flashback versi Akash kepada Sofie.  Mereka lagi duduk berdua di kafe.

Jadi, Sofie penasaran kok Akash tiba-tiba menghilang. Jadi, semua adegan tadi adalah cerita VERSI AKASH.

Akash melanjutkan soal adegan semobil dengan Pak Dokter dan Simi di bagasi tadi. Ternyata, kata Akash, Simi berhasil ngerjain Pak Dokter dan membunuhnya. Simi juga hendak membunuh Akash tapi Akash diselamatkan oleh kelinci yang meloncat karena ditembak oleh laki-laki bersenapan tadi.

Serunya, saat pelayan kafe menyodorkan tongkat Akash, kita bisa melihat ujung tongkatnya ada lambang kelinci. Kok bisa? Kan Akash buta?

Lalu, Sofie pun pamit mereka berpisah kembali.

Endingnya, Akash lagi jalan menggunakan tongkat dan tahu-tahu melempar sebuah kaleng dengan tongkatnya sebelum menginjaknya. Nah lho, jadi Akash sebenarnya masih buta apa enggak?

Jelas di ending film sih Akash SUDAH BISA MELIHAT KEMBALI.

Tapi teori endingnya ini macam-macam. Nah setelah ribut berdiskusi berdua bareng suami (hahahaha), kami pun sepakat bahwa sebenarnya Akash itu mengarang cerita saja. Akash TIDAK PERNAH BUTA.

Patokannya gini, semua cerita yang terkonfirmasi kebenarannya tentu adalah adegan di mana Sofie terlibat atau ada Sofie.

  1. Sofie jelas kenal Pramod dan Simi. Karena Pramod-Simi kelihatannya pengunjung tetap di restoran Ayah Sofie.
  2. Pramod bener meninggal. Kan masuk tipi dan heboh.
  3. Sofie beneran ketemu Simi di rumah Akash. Tapi waktu itu Akash masih tidur dan Sofie sudah keburu kesal dan pergi sebelum Akash bangun.
  4. Kecelakaan dan berita bahwa Simi juga meninggal karena ada di tipi dan Sofie juga nonton.

SISANYA ya bisa jadi cuma karangan Akash doang  ;).

Kayaknya sih Akash ini terlibat dalam pembunuhan Pramod. Kehadirann si kelinci di awal film saya duga menunjukkan lambang Playboy ye kan hahahahaha :p. Akash si playboy.

Mungkin ketahuan lagi indehoy dengan Simi. Simi juga saya rasa memang sudah meninggal saat muncul di berita itu. Sisa cerita setelahnya hanya akal-akalan si Akash. Entah Simi memang kecelakaan atau sengaja dibunuh Akash biar tidak melapor.

Bisa jadi juga Simi ngamuk setelah ketemu Sofie kan dan menuduh Akash mendua padahal Simi sudah berkorban sampai Pramod meninggal segala.

Tokoh-tokoh lain : 1. tetangga Pramod yang juga katanya dibunuh oleh Simi karena dia juga saksi kunci, 2. Si Polisi, 3. Pak Dokter, dan 4. sepasang laki-laki dan perempuan teman Pak Dokter,  hanya Akash yang tahu. Semacam wallahualam gitu lah :D.

Ini kan ceritanya si Akash lagi flashback ke Sofie. Ya Sofie iya-iya aja. Kecuali bagian yang Sofie juga ada di dalamnya masa iya Akash berani bohong.

Makanya, kepikiran juga kok emang ceritanya rada-rada gak masuk akal nih si Akash hihihihi. Huuuu, udah tegang-tegang nontonnya, ternyata kita semua diBOKIS in sama si Akash :p.

Kira-kira setelah menonton, kalian punya ending versi lain?

Selamat menonton dulu deh kalau gitu hehehehe.

Baca juga review saya tentang film Thailand yang enggak kalah kerennya walau temanya beda banget : Bad Genius. Tenang, no spoiler there :D.