tinggal di eropa

Hiking di Mote Park, Roscommon – Irlandia

Liburan murah meriah selama tinggal di Eropa – Republik Irlandia? Hiking! ^_^

Banyak tempat buat jalan kaki gratisan sekeluarga.

Roscommon, Mote-Park Irlandia

 

Cuaca di UK-Irlandia cenderung hujan di hampir sepanjang tahun. Tahun ini agak beruntung karena hujan agak jarang dan karena efek heatwave, kena musim panas super anget dalam waktu agak lama.

View di sebagian rute hiking di Mote Park, Roscommon. Lovely, isn’t¬† it? ūüėČ

 

Biasanya kan di Eropa itu musim dingin 6 bulan (hahaha), sisanya dibagi-bagi musim panas-gugur-semi . Dominasi cuaca dingin cukup terasa di benua ini apalagi buat pendatang dari negeri berlimpah cahaya matahari seperti Indonesia.

Panasnya pun ya 20 an derajat celcius dengan kelembaban rendah jadi jaraaaaaang banget keringetan.

Jadiiiiiii, jangan suka norak ah menuduh orang-orang di Indonesia lebih pemalas dalam urusan jalan kaki . Beda iklim yaaaaaaa . Panjang lah itu ceritanya :p.

Di Jakarta misalnya, kalau mudik, dulu suka belagu ya mau jalan kaki keluar kompleks. Karena merasa “Helooooo di Ireland jalan kaki berkilo-kilo juga yo yo ayo … masa’ cuma 200 meter aja gak sanggup.”

Ternyatah, emang gak sanggup! Puanasnya pooooolll, kibas-kibas kaos keringetan dan bedak lebih cepat habis euy kalau lagi mudik hahaha. Luntur melulu  #pupurBedak.

Hiking di Mote Park, Roscommon

 

Teman-teman di Timur Tengah juga pasti paham banget, yes?¬†. Sebelum nyasar ke “negara kulkas”, kami sekeluarga juga pernah “masuk oven” kok di Jeddah-Saudi hahahaha.

Di mayoritas wilayah Eropa, lingkungan dan kondisi juga mendukung. Ongkos transportasi enggak bisa dibilang murah kalau di Eropa mah . Iya sih, fasilitasnya memang bagus . Sesuai sama pajaknya yang dahsyat ???.

Apalagi kalau punya mobil. Asuransinya lebih ketat. Ngambil SIM lebih ruwet, dan lagi-lagi, ongkosnya yo nganu hihihihi.

Belum lagi harga bensin tidak murah. Di US jauh lebih murah daripada di Eropa secara umum. Di Eropa, dimahalin daripada harga pasar malah. Boro-boro kasih subsidi, malah ditarikin pajak dari penggunaan BBM.

Tujuannya juga buat mengurangi polusi.

Di Irlandia sendiri, harga bensin berubah tiap hari. Naik turun sesuai harga minyak dunia. Maklum, NON SUBSIDI 100%. Tapi kayaknya lebih sering naik daripada turun. Turun pun dikiiiiiiittt walau harga minyak dunia tempo hari lagi nyungsep.

Nah, hari ini nih kami hikingnya ke Mote Park di County Roscommon, county tetangga. Cuma menyetir 30 menit lah dari rumah. Hikingnya sekitar 1,5 jam.

Tempatnya lumayan luas. Tidak sempat mencapai puncak karena anak-anak dah keburu bete. Yang sulung harus dibujuk-bujuk dulu biar udahan rewelnya.

Itu juga kami mengambil jalur yang lurus-lurus saja. Ada beberapa track alternatif, belok kiri atau belok kanan. Bagi yang jalannya santai dan enggak ngurusin tiga bocah super ribet kek gini hihihihi.

tinggal di eropa

tinggal di Eropa

Suasananya musim gugur banget. Suhu tidak terlalu dingin. Masih bisa pakai sweater-hoodie yang standar, belum perlu jaket tebal.

Anak-anak tetap pakai jaket just in case, ya. Suhu suka labil di Irlandia. Kadang tahu-tahu suhu drop mendadak dingin. Buat jaga-jaga saja kudu jaketan tebal deh sekalian.

Walau sibuk ngangon anak, papah-mamah tak pernah lupa selfie berdua hahahaha.

Tentunya, selfie full team juga wajib ;).

Oh ya, finally, first time in my life, saya menyetir mobil sendiri di jalan! Yaaaayyyy . 3 minggu terakhir tiap weekend latihan intensif sama suami.

Thanks sudah sabar meladeni murid yang satu ini ya, Pops. Sudahlah pemula nan penakut tapi nyolot dan ngeyelnya naudzubillah hahahaha.

Sekitar 10 km lah tadi bawa mobil di jalanan pedesaan sih, relatif sepi. Tetap saja seneng luar biasa. Akhirnya yaaaaa #bisaMenyetirSebelum40 tercapai juga.

tinggal di Eropa
View di jalur hiking Mote Park – Roscommon

 

Refleks-nya masih kurang jadi kalau jalanan agak padat belum dikasih sama suami.

Btw, subscribe dong ke youtube-channel akyu di sini yaaaaa ^_^. Salah satu vlog tentang Irlandia :

Balik lagi ke yang tadi. Jadi, jangan terlalu gimana-gimana bangetlah kalau sudah tinggal di luar negeri. Ngeliat negara sendiri dah kayak neraka. Pokoknya salaaaaaah saja yang kelihatan .

 

Santaiiiiiiiii . Gunanya merantau buat tambah pengalaman bukan nambah nyinyiran .

“Mengapa bintang bersinar
Mengapa air mengalir
Mengapa dunia berputar
Lihat segalanya lebih dekat
Dan ‘kubisa menilai lebih bijaksana”

-Sherina, Lihat Lebih Dekat-

Selamat datang, Musim Gugur ???.
Have a nice monday, teman-teman semua ???.