Tinggal di Republik Irlandia (Kota Athlone)

Paling sering ditanya oleh teman-teman, “Jee, gue mau ke Belfast, mau apply visa Irlandia nih, susah gak?”

Segala cerita tentang Irlandia harus selalu dimulai dengan menjelaskan perbedaan antara Irlandia Utara vs Republik Irlandia hehehehe.

Kalau mau skip, langsung lihat vlognya juga boleeeeehhh :D. Di vlog saya ngomongnya live, di blog ya ditulis, itu aja bedanya hehehe.

Yang milih mau baca dulu, yok kita lanjut :D.

Jadi begini …. BELFAST adalah ibukota dari Irlandia Utara, yang merupakan bagian dari wilayah United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Panjang, yes? Hahahaha.

Yup, itu adalah nama resmi dari KERAJAAN INGGRIS RAYA. Makanya, lebih tepat disingkat UK ketimbang bilang Inggris. Karena Inggris lebih tepat diasosiasikan dengan wilayah England.

Jadi, UK terbagi dalam 4 wilayah : England, Wales, Scotland (yang terletak di daratan Pulau Britania) dan Irlandia Utara (yang berbagi wilayah dengan Republik Irlandia di Pulau Irlandia).

Kalau kalian ingin mengunjungi England-Wales-Scotland-Northern Ireland, applynya ya VISA UK ya teman-teman .

Saya sendiri tinggalnya di wilayah Republik Irlandia. Tahukah kalian kalau pemegang paspor Indonesia dikenakan biaya 0 RUPIAH alias gratis kalau apply visa ke Republik Irlandia .

Keterangan lengkap soal visa Irlandia untuk pemegang paspor Indonesia sudah pernah saya tulis di sini.

Republik Irlandia orang Indonesia
Hiking sekeluarga di Ireland ^_^

 

Saya sendiri kalau mau jalan-jalan ke wilayah UK (termasuk Irlandia Utara) ya harus apply visa UK yang biayanya amit-amit itu huhuhu. Bayi merah pun kudu bayar visa semahal itu. Masih mending Schengen, ada keringanan buat anak-anak.

O ya, baik Republik Irlandia maupun UK, keduanya TIDAK MASUK wilayah SCHENGEN ya. Makanya punya visa terpisah.

Selingan dikit nih, salah satu kisah jalan-jalan ke Irlandia Utara :

Tadinya kedua negara ini tergabung dalam UNI EROPA. Tapi UK kan sudah “BREXIT” tempo hari. Sementara Republik Irlandia sampai sekarang masih join Uni Eropa.

Kota tinggal saya, Athlone, sebuah kota mungil yang jaraknya sekitar 2 jam menyetir dari ibukota Republik Irlandia, Dublin.

Walau penduduknya hanya sekitar 25 ribu orang (udah total tuh sama pendatang-pendatangnya hihihi), Athlone merupakan KOTA terbesar di wilayah Midland, Republik Irlandia.

Penduduk segitu mungkin hitungannya cuma 1 RW ya di Jakarta hehehe. CMIIW.

Kerja Luar Negeri Irlandia
Bray, Irlandia, 2013

 

Dusun kok dibilang kota? ?. Belagu amat ngata-ngatain kota orang sebagai dusun. Hahaha. Don’t get me wrong. Maklum, ya. Dulunya tinggal di kota-kota metropolitan macam Jakarta, Teheran dan Jeddah. Apalagi tahun kemarin sempat tinggal di Texas pulak .

Seluruh pusat kota Athlone bisa saya jelajahi dengan berjalan kaki, hahaha.

Salah satu blessing in disguise terdampar di dusun eh kota keci di “Eropa-coret” ini (hahaha) adalah … meningkatnya kemampuan memasak dengan sangat signifikan hihihi #kibasPanci.

Maklumlah di Jeddah mah ngapain masak. Tinggal telepon-telepon manja kalau pengin makan apaan gitu  Ramai komunitas orang Indonesia di sana.

Lah giliran di Athlone, waktu hamil anak ketiga tuh, kalian terbayang ya jam 6 sore (pas musim dingin pulak), saya ngidam nasi uduk! Pontang panting suami nganterin belanja bahan-bahannya mana hari sudah gelap, suhu hampir menyentuh NOL derajat.

Enggak hamil saja saya orangnya rese’ bayangin kalau lagi hamil terus ngidam ????.

Anyway, di akhir video, ada rekaman tentang Kota Athlone yang suka kami ambil secara iseng-iseng kalau lagi jalan-jalan pakai mobil. Sepiiiiiiiiii .

Saya sudah sering banget sih menulis tentang kota Athlone, ya. Dulu rajin ngirim tulisan traveling ke media cetak. Sekarang sudah pada gulung tikar huhuhu, ilang deh uang jajan .

Yang suka baca, tulisannya ada di sini.

Buat yang suka nuduh kalau orang yang suka nulis panjang-panjang biasanya kalau ngomong itu irit-irit alias pendiam. Definitely NOT ME! . Udah liat kaaaaannn di link vlog di atas? Hahaha.

fotografer Dani Rosyadi
East Pier-Dun Leary, Irlandia, fotografer : Dani Rosyadi

 

Karena jarang punya temen ngobrol di sini, jadilah sekarang punya banyak waktu luang setelah anak-anak udah sekolah semua, dimanfaatkan untuk ngomong sendirian depan kamera ????.

Jangan lupa ya teman-teman, subscribe ke channel youtube saya di siniiiiiii ^_^.

O ya, more about Republic of Ireland, ini cerita-cerita dikit soal sekolah anak di I rlandia :

Terus vlog iseng-iseng soal belanja sehari-hari ke supermarket favorit deket rumah hihihihi :