Road Trip Jakarta – Yogyakarta (Day 3) : Tempat Wisata di Semarang

Menjajal tempat wisata di Semarang adalah kegiatan utama di Day 3, tanggal 9 Juli 2018.

Day 1 nya baca di sini pas mampir ke Cirebon.

Sedangkan day 2 cerita dari Pekalongan dan Batang bisa dicek di sini.

Day 3 , sebelum jam 7 pagi sudah keluar kamar buat sarapan. Sarapannya enak, deh. Hotel Gatra menyediakan macam-macam kuliner lokal buat sarapan tamu hotel ^_^.

Di sini nih pertama kali nyobain Brongkos, terus langsung pada doyan.

tempat wisata di semarang
Brongkos @Hotel Patra Semarang

 

Ada gudeg juga. Lain-lainnya kayak bubur ayam, beberapa macam soto juga tersedia. Salah satu sarapan terbaik nih pas road trip kemarin tuh pas di Hotel Patra ini. Terpancar dari wajah-wajah bahagia di bawah ini hihihi :

Setelah sarapan, mampir bentar ngeliatin pakde-pakde yang lagi main gamelan ^_^. Untuk menghibur tamu-tamu hotel yang lagi sarapan. Itu yang anak 2 napa duduknya manis begitu, mungkin dikira ambil foto :p.

Di lobi hotel ternyata ada beberapa spot yang sayang buat gak dipakai foto-foto. Suami langsung siaga jadi model zzzzz -_-. Ini napa jadi fotomu yang banyak, Bang! :p

Balik kamar, mandi. Papa bantuin anak-anak ganti baju, mama beres-beres koper.

Terus ngangkut segala macam tentengan ke mobil. Papa check out dulu, deng. Diantara semua hotel tempat menginap pas road trip kemarin, Hotel Patra ini deh yang paling menyenangkan ^_^. Kamar paling oke, sarapan sangat memuaskan. Ya pas dapat best deal karena banting harga juga sih hihihi *ngikikNgirit*.

tempat wisata di semarang

Cussss, menuju Kelenteng Sam Poo Kong, salah satu tempat wisata di Semarang yang paling hits. Yang mainstream aja dulu ya, pertama kali muter-muter Semarang soalnya.

Untuk masuk ke Kelenteng sampai ke dalam tiket masuknya sekitar 28 ribu rupiah per orang. Relatif murah, sih, karena banyak yang bisa dilihat-lihat di dalam.

Di tulisan ini garis-garis besarnya saja, ya. Kalau nulis sejarah segala macam itu minimal 1000 kata sendiri hahahaha. Jadi yah, di postingan ini kan mau merekam perjalanan road trip kami saja. Buat entar dibaca-baca, eh kemarin pas road trip ngapain aja, ya :D.

Intinya kelenteng ini dibuat sebagai monumen untuk Laksamana Cheng Ho yang mengelana ke Jawa dari Tiongkok. Nah ini masih agak kontroversi tentang agamanya dan apakah benar beliau punya salah satu tujuan khusus untuk menyebarkan Islam. Udahah, di postingan ini liatin foto-foto sama patungnya aja ya hihihihi.

Suami enggak mau kalah, kudu banget difotoin jugak -_-. Kok pas saya yang ngambil fotonya jadi kurang bagus ya komposisinya hihihihi. Sungkem sama suami :p. Maap Bang, biasa difoto aku mah *kibasKerudung*.

Di beberapa bangunan kelenteng yang didominasi warna merah-merah itu, enggak boleh sembarangan ambil foto-foto. Untuk  masuk juga harus melepas sandal.

Yak, kembali dengan foto model road trip kita kali ini hahahahaha :

tempat wisata di semarang

And more pics here :). Ini gue kenapa motonya miring-miring begini sih hahahahaha.

Banyakan foto papa + anak-anak karena emaknya ribet bikin vlog 😀

Sekitar jam setengah 11 siang, kami lanjut ke Lawang Sewu. Nah, pas di mobil googling-googling, kami belum tahu sebenarnya ini Lawang Sewu tempat apaan.

 

Sementara kalau kita googling keluarnya cerita-cerita angker semua. Sebelum sampai di sana, saya sudah bilang anak-anak kalau nanti tempatnya serem. Eh, anak-anak malah penasaran hihihi.

Tiba di sana, setelah bayar tiket masuk, kami menyewa pemandu wisata dekat pintu gerbang depan. Namanya Mas Andre.

Dan ternyataaaaaa … Lawang Sewu yang berarti Pintu Seribu, bukan tempat horor sama sekali! Nah ini juga perlu postingan khusus buat bahas Lawang Sewu ini. Sudah pernah saya tulis di Facebook, sih. Wall saya di-set public kok untuk postingan itu, jadi kalian tinggal klik linknya ya kalau mau baca :).

Entar dipindahin ke blog juga, deh.

Lebih seru tempat aslinya malah ketimbang cerita-cerita horornya. Tempat ini ternyata kantor pusat kereta api di masa Belanda masih berkuasa di wilayah tanah air kita. Baca lengkap di linknya, ya.

Untuk dapat pemandu yang asyik juga. Ceritanya menarik. Kalau ngomong penuh passion jadi kita ikutan semangat dengernya :

Lawang Sewu punya banyak spot menarik yang instagram-able banget. Selfie-able dst dst dst. Banyak juga pasangan yang akan menikah menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto-foto pre-wedding.

Sebagai sarana promosi juga ya buat tempat ini.

Nah, kalau embak-embak ama mas-mas yang anaknya udah 3 ini sih, udah gak pantes foto-foto pre-wedding :p. Ya udah bikin family pic aja yang banyak mumpung ada Mas Andre, si pemandu wisata, yang motoin kita hehehe.

Tempat ini juga bertingkat-tingkat bangunannya. Bahkan bisa naik ke lantai paling atas. Kok bisa luas begitu ya lotengnya? Nah, kalau kalian baca link yang saya kasih di atas itu, pasti tahu deh gunanya apa ;).

Sebagai museum kereta api yang sebenarnya prestisius banget lho tempatnya, tentu enggak ketinggalan foto-foto dengan kereta api.

tempat wisata di semarang

Jam setengah 2 siang akhirnya selesai juga jalan-jalan di Lawang Sewunya. Bingung nyari tempat makan. Terus terang urusan kuliner, saya dan suami itu emang males-malesan. Ke mana pun perginya pengin cari yang murah-murah aja gitu hahahahaha :p.

Akhirnya dapat rekomendasi dari temannya suami. Dia ampe kirim-kirim pesan ke teman-teman SMAnya yang pernah atau sedang tinggal di Semarang hihihi. Saya lupa euy nama tempat makannya.

Pokoknya menunya enak-enak. Halal chinese food. Anak-anak seneng banget makan kwetiauw goreng atau semacamnya. Suami pesen steak kalau gak salah. Saya makan gado-gado, yang bungsu makan nasi + sop ayam.

Tuh kan, kulinernya standar banget mau di mana jugak makannya itu-itu juga hahahaha :p. Enak ya makan di kota-kota besar di luar Jakarta. Murah itungannya. Hidup Semarang! :D.

Ini yang dipesen suami :

Selesai makan sekitar jam 3. Terus masing-masing setoran dulu ke toilet sebelum lanjut perjalanan. Menuju destinasi terakhir : Yogyakarta!

Berangkat jam segitu padahal tadinya sudah kepikiran mau ke Boroboudur pas sore-sore. Tapi untunglah enggak jadi. Udah capek banget. Apalagi anak-anak.

Mampir sebentar di rest area lupa tepatnya di mana. Numpang shalat dan beli oleh-oleh mumpung ketemu toko penjual oleh-oleh yang lumayan gede.

Anak-anak tidur semua. Jadi shalatnya ganti-gantian sama suami.

Setelah selesai, isi bensin dulu. Lalu lanjut sampai Yogyakarta. Langsung nyobain jalan tol Bawen-Salatiga. Liburan yang sangat cebbie-cebbie an hahahaha :p.

Bagus bangeeeettt pemandangan di jalan tol menuju Salatiga iniiiiii <3. Sempat ngerekam dikit. Weits, cebbie teladan ya pasti langsung dipamerkan dong hasil kerja Pakde kuuuuuuuuu 😉 :

Anak-anak masih tidur selama di jalan tol. Jadi papa-mama nya fokus kampanye #ehGimana hahaha. Ngobrol ngalor ngidul aja, sih. Bahas kota-kota tempat suami tinggal dulu. Masa kecil sampai abege kan dihabiskan di Muntilan-Pamekasan-Nganjuk.

Ngobrolin Kota Makassar juga. Duh, kapan nih bisa road trip sampai ke Makassar gitu hahaha. Naik ferinya bisa semalaman sendiri yak :D.

Dari tol Bawen tadi, kami keluar di gerbang tol Salatiga.

Terus menuju Yogyakarta.

Sempat lewat Muntilan. Nah, sebenarnya Muntilan ini tempat tinggal suami dari lahir sampai usia sekitar 4 tahun ikut bapaknya yang dinas di Muntilan. Numpang lahir doang di Yogyakarta hehehe.

Akhirnya, jam 7 malam tiba juga di Yogyakarta dan disambut sama … macet! Zzzzzz -_-.

Googling-googling hotel sembari macet. Jam-jam segitu kan lagi diskon gede-gedean harga kamar di hari yang sama hihihihi. Soalnya sudah lewat jauh dari jam check-in standar. Daripada kosong, mending banting harga ye kaaaaan.

Dapat di Royal Darmo, sekitaran Malioboro. Ish, salah piih hotel kali ini :(. Harganya ya 500 an juga per malam karena kena diskon tapi ampun deh, kamar baunya enggak enak :(. Agak sempit juga. Tapi lebih kesel karena baunya itu, lho.

Sudah diniatin besok mau check out saja ganti hotel. Karena rencana memang menginap 2 malam di Yogyakarta.

Sempat jajan 2 bungkus nasi padang dulu sebelum check-in. Tapi enggak cukup. Gilak pada kelaparan hehehe. Jadi mesen pakai room service. Wah, murah juga lho untuk ukuran pesan makanan di hotel ;). Tau gitu beli makanan di hotel aja semua.

Emang nih Semarang dan Yogyakarta juara banget urusan harga, compare to Jakarta ya :D.

Habis makan, seperti biasa pada mau nonton TV dulu. Sebelum akhirnya bobok bareng-bareng. Eh, mamanya mah selalu duluan sih hahahaha.

Selamat malam, Yogya! 🙂