urutan memakai skincare di siang dan malam hari

Urutan Memakai Skincare untuk Siang dan Malam Hari

Urutan memakai skincare untuk siang dan malam hari sebenarnya mirip-mirip saja. Tidak banyak berbeda. Apalagi buat yang jarang make up kayak saya hehehe.

Urutannya lengkapnya cukup banyak. Saya juga tidak pakai semuanya, kok. Misalnya untuk toner setelah pembersih muka. Soalnya saya pikir untuk make up saya cuma bedakan saja + lipstik tipis-tipis jadi tidak terlalu perlu toner. Manalagi kulit kering, nih. Toner cenderung membuat kulit lebih keset mengarah ke kering.

Mau skip langsung lihat via vlognya juga boleeeeehhhh :D. Ini ya link vlognya :

Jangan lupa subscribe ke youtube channel saya ya di sini.

Updated : akhirnyaaaaa, udah bikin juga nih langkah-langkah Skincare Routine di Pagi/siang hari ^_^

Yang masih mau lanjut baca, mari dilanjut.  Jadi urutan memakai skincare untuk siang hari adalah sebagai berikut :

  1. Pembersih/pencuci/sabun muka. Sebaiknya dilakukan tiap hari. Kalau saya pakainya kombinasi antara Vitamin C – vitamin E dan Tea Tree dari Body Shop. Pakainya ganti-ngantian aja. Ini sudah saya terangkan di vlog yang ini ya.
  2. Scrub wajah. Tapi yang ini maksimal 2x seminggu, ya. Kalau kulit kering dan sensitif harus hati-hati milih scrub. Karena butiran scrub punya tendensi bikin kulit makin kering. Saya sendiri paling seminggu sekali. Saya gunakan microdermabrasion Vitamin C dari Body Shop.
  3. Toner. Nah, ini yang saya skip. Tapi kalau kalian sering menggunakan make up yang relatif berat sebaiknya lengkapi dengan toner ya setelah mencuci muka dengan sabun. Misalnya pakai foundation, riasan mata dst. Saya hampir tidak pernah, sih. Cuma bedak sama lipstik aja hehehe.
  4. Eye Cream. Ada juga yang menganggap bahwa eye cream sebaiknya digunakan setelah serum. Tapi saya lebih condong menggunakan eye cream SEBELUM SERUM. Yah, beda pendapat boleh yaaaaa hehehe. Buat yang sudah berumur kayak saya (huhuhu), baiknya memang mulai menggunakan eye cream. Ini saya baru mulai, sih. Nanti saya review ya. Lagi nyoba pakai Eye Cream Vitamin E -nya Body Shop.
  5. Serum. One of the most important part nih. Jangan nunggu usia 30 an untuk mulai rutin pakai serum. Dari umur 20 an juga sebaiknya sudah rajin pakai serum. Saya contoh yang telat. Jangan ditiru hehehe. So far saya sudah nyobain Serum dari Drops of Youth, Oils of Life dan sekarang pakai Drops of Light. Semuanya produk Body Shop aja so far. Review vlog dari Serum Drops of Youth :
  6. Pelembab Wajah. Ini juga nih sebaiknya jangan di-skip sama sekali. Buat semua jenis kulit. pelembab tergolong penting. Jangan mengira kalau kulit sudah berminyak maka tidak perlu pelembab lagi. Nope, kulit berminyak pun SANGAT PERLU menggunakan pelembab wajah. Favorit saya masih pelembab wajah dari Drops of Youth Body Shop. Nama produknya : Youth Cream … sudah ada review vlognya di sini :
  7. Sunblock / sunscreen / krim tabir surya. Apalagi buat yang bermukim di daerah tropis, nih. Jangan lupa untuk memakai tabir surya yang mengandung SPF sebelum keluar rumah TIAP HARI. Saya dari dulu tetap setia dengan tabir surya Vitamin C dari The Body Shop hehehe.

Untuk urutan memakai skincare di malam hari sih relatif mirip-mirip saja, ya.  Perbedaannya ada di langkah terakhir :

urutan memakai skincare

  1. Pembersih/pencuci/sabun muka.
  2. Scrub. Tapi ingat ini hanya seminggu sekali apa 2 kali ya. Kalau sudah dipakai di siang hari, kalau malam ya tidak perlu lagi.
  3. Toner. Buat yang make up berat, siang dan malam baiknya gunakan toner setelah mencuci muka.
  4. Eye Cream. Siang dan malam, wajib tiap hari :D.
  5. Serum. Ini juga siang dan malam, kudu banget dipakai tiap hari ;).
  6. Pelembab wajah. Wajib, jib, jib, siang dan malam.
  7. KRIM MALAM / sleeping cream. Nah ini yang beda. Karena sudah malam sudah mau bobok tidak perlu pakai tabir surya lagi dong pastinya. Instead, gunakan KRIM MALAM. Krim Malam ada kandungan khusus yang bekerja optimal sementara kita beristirahat di malam hari. Sekarang ini saya masih menggunakan krim malam Oils of Life dari The Body Shop. Udah ampir setahun belom habis juga hihihihi. Ini sudah pernah bikin review vlognya :