Gerakan Mengecilkan Perut : Hasil “Clean Eating” Seminggu + Olahraga di Rumah

Seminggu terakhir ini memang gencar dengan kampanye gerakan mengecilkan perut hahaha. Yup, datang rajinnya diposting juga hasil selama seminggu terakhir. Enggak usah pakai foto-foto yak, maluuuuuu hihihi.

Masih ingat ya saya posting minggu lalu tentang niat untuk menurunkan berat badan kembali, tapi kali ini disertai dengan target-target pembentukan. Utamanya paha dan perut :D.

Dimulai per hari senin 16 April kemarin. Hasilnya dalam : tidak mencapai turun 2 kg huhu. Tapi lumayan mendekati, turun 1.8 kg. Not that bad lah ya.

Gerakan Mengecilkan Perut

Yang paling terasa tentu area paha dan perut. Lumayan banget hasilnya dalam 1 minggu, mungkin karena memang ini pahanya gembor-gembor dikit aja. Berat badan awal juga tergolong stabil tapi ya begitulah, pengin balik ke 48 kg lagiiiiii šŸ˜€ *aamiin*.

Dua proses penting dalam penurunan berat badan + pembentukan bagian tubuh :

  1. Menjaga pola makan

Kalau saya ya tinggal ngikutin Food Combining saja. Diperketat. Kalau lagi “santai” kan paginya saja makan buah. Siang dan malam kadang suka bablas. Makan karbo bisa siang dan malam, banyak pula hahahaha.

Untuk panduan makan food combining bisa dicek di sini, ya.

Tanpa menjaga pola makan dan serius menjalani “clean eating”, mau melakukan 1000 gerakan mengecilkan perut juga jadi sia-sia, deh.

Kalau misalnya harus memilih jaga pola makan SAJA vs Olahraga SAJA, pilihlah opsi pertama. Karena menjaga pola makan itu pengaruhnya 70-80%. Olahraga doang tanpa menjaga pola makan ya sama juga bohong.

Yang PALING BAGUS ya dikerjain DUA-DUANYA. Sambil menjaga pola makan, olahraga dengan rutin dan disiplin (y).

3 hari pertama benar-benar disiplin “clean eating”nya. Sampai-sampai enggak nyentuh nasi putih sama sekali *ecieeee*. Tapi ingat, clean eating bukan berarti NO CARBS at all, ya. Untuk karbo saya konsumsi oatmeal.

Cemilan juga selektif. Pilih biji-bijian/kacang-kacangan. Surprisingly, enak dan kenyaaaaaannggg ^_^. Ini ada yang jual cemilan sehat di supermarket. Tinggal beli. Sekotak gini, udah kenyang banget sekali makan cuma 89 sen lho *penting* hahaha.

Cemilan sehat, biji-bijian/kacang-kacangan

Harusnya pagi hari, dari bangun tidur sampai jam 12 siang makan buah-buahan saja. Tapi saya sudah niat tidak mengkonsumsi karbohidrat untuk makan siang dan malam. Jadi, jam 9 pagi, saya makan oatmeal.

Oatmeal pakai madu + susu almond + kacang dan kismis. Pas di foto ini kacangnya lagi gak ada. Enak dan kenyang jugak :D.

Oatmeal + susu almond + kismis

Makan siang protein hewani + sayuran (ingat prinsip kombinasi makanan dalam Food Combining/FC, ya). Kalian tidak perlu FC kalau kurang sreg. Silakan diikuti panduan makan sehat yang lain yang dirasa lebih cocok ^_^.

Nah, kebetulan pas lagi bikin somay. Somay gak ideal-ideal amat sih karena masih ada tepungnya. Tapi saya kalau bikin somay, tepungnya dikit. Yang banyak ikan + ayamnya, somay belagu sok tajir hahahaha. Eh ada cheating karbo dikit juga dari kulitnya sih -_-.

Makan pakai sayur-sayuran segar. Gak pakai kuah kacang. Gak terlalu doyan.

Somay + sayuran segar

Makan malam juga protein hewani + sayuran segar. Gak kefoto. Kalau gak salah ikan kukus + sayuran segar.

Nah, 3 hari kayak gitu deh. Pas hari ke-4 jebooollll hahaha. Tapi pas ngemilnya aja yang nakal. Makanan utama tetap sama. Pagi buah + oatmeal. Makan siang dan malam juga protein hewani + sayuran segar. Cuma ngemilnya itu makan biskuit gandum + coklat hahahaha. Gak tahan deh sama yang manis-manis apalagi coklat-coklatan :p.

Kira-kira jadwalnya begini :

Sarapan buah pukul 7 pagi –> pukul 9 makan oatmeal –> pukul 12.30Ā  makan siang –> pukul 15.30 ngemil –> pukul 17.30Ā  makan malam

Beberapa tips penting dalam urusan pola makan selain “clean eating” dari segi jenis dan porsi makanan :

  • Usahakan makan di waktu tertentu SETIAP HARI. Jadi misalnya sarapan jam 7, besoknya tetap jam 7 dan besoknya lagi juga begitu. Sampai jam ngemil pun usahakan di waktu yang sama. Ngemil yang sehat, yes? :D.
  • Kosongkan perut 3-4 jam sebelum tidur! Ini juga pengaruhnya gede banget, lho. Kalau tidur pukul 10 malam, usahakan terakhir makan itu benar-benar pukul 6-7 malam. Setelah itu jangan MAKAN APA-APA lagi, kecuali minum air putih.
  • Jam tidur minimal 6 jam. Optimalnya 8 jam.

Ah ya, kalau makannya model begini, suami dan anak-anak gimana? Ya mereka sih makan tetapĀ  kayak biasaaaaa hehehe. Saya masak Soto Daging tuh tempo hari tapi gak nyentuh sama sekali. KalauĀ  makan soto pasti pengin pakai nasi segentong soalnya hahaha. Kemarin tuh posting Resep Sop Saudara :p.

Jangan khawatir, kalau niat kuat, enggak akan ngaruh kok ;).

2. Olahraga

Olahraga sebanyak 3x sehari. Pagi-pagi jam 6, latihan lengan + squat. Latihan lengannya ngikutin salah satu video dari Blogilates. Kan macem-macem tuh. Tingal digonta-ganti aja biar gak bosen. Durasinya sekitar 20 menit an.

Pukul 12 siang, olahraga sesi 2. Fokus ke perut dan paha. Durasi sekitar 20-30 menit.

Gerakan paha juga banyak ngikutin video-video dari Blogilates untuk pembentukan paha. Gerakan mengecilkan perut kombinasi dari Blogilates dan FitnessBlender yang sudah dibahas minggu lalu.

Sebelum tidur, sekitar pukul 9 malam, olahraga lagi sesi terakhir di hari yang sama. Pas kan 3x olahraga ^_^. Durasinya sama kayak olga sesi ke-2 di siang hari, 20-30 menit.

Gerakan mengecilkan perut kadang nyoba yang standing position kayak gini nih, salah satu video dari FitnessBlender :

Kalau yang posisi bobok-bobok an biasanya ngikutin video dari Blogilates :

Buat pemula atau yang sudah lama enggak terlalu rutin olahraga, walau durasinya pendek, video-video ini lumayan susah lho hehehe. Padahal rata-rata 10 menit aja. Ada yang kurang malah.

Don’t worry, yang penting ikutin seoptimal yang kita bisa. Kalau pun perlu jeda, jangan benar-benar berhenti. Jeda sebentar, tapi terus lanjutin lagi. Kalau pun tidak bisa benar-benar ngikutin gerakannya, coba ubah gerakannya untuk yang pemula. Kayla Itsines mencontohkan beberapa gerakan advanced yang bisa diubah untuk para pemula, cari deh videonya cobak.

Gerakan-gerakannya mirip-mirip kok, antara Blogilates-FitnessBlender maupun Kayla Itsines. Sayang, Kayla enggak gratisan sih hihihi *ngikikPelit*.

Makin hari atau makin sering ngikutin lama-lama makin mantep bahkan bisa ngikutin full mudah-mudahan (y).

Tetap semangat, yes? ^_^.

Minggu depan saya update lagi, yak. Saya tetap ON nih. Tetap lanjooooodddd. Sekalian persiapan bulan Ramadan, biar fit dan segar menyambut bulan suci ^_^. Aamiin.

Semangat !!!!

Updated : ini yah saya bikinin vlog secara garis besar soal menurunkan berat badan via olahraga + menjaga pola makan :

Jangan lupa subscribe ke channel youtube saya di sini, yak ^_^. Itu tinggal login pakai Google Account (gmail account) terus pencet tombol merah “subscribe”. Thanks in advance ;).