Sambal goreng udang

Resep Sambal Goreng Udang dengan Kentang Goreng

Sambal goreng udang ini rasanya mirip-mirip sih dengan sambal goreng daging, ya. Tapi kalau sambal goreng daging ala saya tidak pakai santan hehehe.

Paling senang masak-masak model begini. Enggak perlu minyak banyak dan tinggal cemplang cemplung hehe. Bumbunya juga tidak terikat, ya. Suka-suka saja :D. Ada yang suka pakai terasi ada yang enggak. Kadang ada juga yang hanya pakai bawang dan cabe serta jahe lengkuas, enggak aneh-aneh.

Tapi di resep yang ini saya pakai bumbu lumayan komplit. Biar rasanya lebih ng-Indonesia gitu deh :D.

Selama di Texas sini kalau belanja-belanja paling sering di ALDI. Kalau beli daging ya pasti di toko halal. Di ALDI enggak ada. Jadi selain sayur, buah dan bumbu-bumbu, beli ikan dan udang juga. Versi beku, sih. Udangnya ukuran 400 gr cuma 5-6 dolar. Kondisi “cooked”. Tinggal cemplung sebentar ke dalam bumbu.

sambal goreng udang

Videonya live -nya sudah ada segala lho hehehe. Malah resepnya sudah duluan ditulis di sini tapi di Dapur Davincka belum sempat update. Ah kebanyakan fesbukan neh udah jarang ngurusin blog dapur lagi hihihi #toyorKepalaSendiri.

Ini ya vlog untuk Resep Sambal Goreng Udang nya ;). No worry, resep lengkap juga ditulis kok di postingan ini. Scroll ke bawah ajah :D.

Kalau udang segar memang harganya agak mahal, ya. Tapi di daerah pantai relatif murah. Di Jeddah dulu tuh kalau ke pasar dekat Balad, duuuuhhh, seger-seger bener hasil lautnya. Harganya juga tidak mahal. Di Ireland daerah pantai juga. Tapi kalau hasil laut yang segar ajegile dah harganya hehehe.

Makanya lebih sering beli yang dari freezer aja. Tapi yah, rasanya enak-enak juga kok (y). Saya tidak begitu suka daging sapi, tapi suami doyan daging sapi. Dia juga sama ikan biasa-biasa saja. Kayaknya doyannya kalau dibikin siomay atau bakso doang hehe.

Nah biar sama-sama seneng :p, sesekali masak udang-udangan aja. Anak-anak juga suka :D.

Cara Membuat Sambal Goreng Udang

3 buah kentang besar, potong dadu, goreng. Sisihkan.
300 gr udang kupas masak. Yang mentah juga boleh.
1 bawang bombay, cincang kasar (atau 6-7 siung bawang merah)
3 siung bawang putih, cincang kasar
5 cabe merah besar
2 cm kunyit 1
sdt lada bubuk
2 cm lengkuas
2 cm jahe
1 batang sereh, geprek
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 sdt terasi bakar
1 sdm gula merah
1 sdt asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air matang
150 ml santan encer
30 ml air matang
Garam + gula pasir secukupnya
1/2 sdt kaldu ayam blok (opsional, kalau mau)

Cara Membuat :

Sambal goreng udang

1. Haluskan cabe merah + kunyit + lada + lengkuas + jahe.
2. Tumis bawang merah + bawang putih sampai wangi
3. Masukkan bumbu halus. Aduk rata.
4. Masukkan daun sereh, daun salam, daun jeruk. Aduk rata.
5. Masukkan air asam jawa, terasi, gula merah. Aduk rata.
6. Tambahkan 30 ml air matang, garam + gula pasir secukupnya. Tambahkan 1/2 sdt kaldu ayam blok (opsional).
7. Tambahkan 150 ml santan encer. Aduk rata.
8. Didihkan sebentar dengan api kecil.
9. Masukkan potongan kentang goreng, campur rata.
10. Masukkan udang masak, campur rata. Kalau menggunakan udang mentah, udang dimasukkan lebih dahulu sebelum kentang goreng. Siap dihidangkan.

Tuuuuhhh, enggak ribet kaaaan. Kalau malas ngulek-ngulek pakai bumbu bubuk saja. Bawang mah tinggal diiris dan ditumis enggak perlu ikutan diulek ;). Lebih sedap aromanya kalau ditumis duluan :D. Bumbu bubuk seringnya beli di toko-toko India atau toko Asia. Kalau di Indonesia katanya suka bandel ya, bumbu bubuk ditambahin tepung hihihi.

Kalau orang India reweeeel, makanya bumbu-bumbu bubuk mereka lumayan terpercaya (y). Apalagi yang brand-brand ekspornya. Harganya juga tidak mahal. Maklum sih diaspora mereka memang ada di mana-mana :D. Jadi memang pasarnya sangat besar. Kita pun yang sebenarnya bukan orang India jadi terbantu :D.

Bumbu-bumbu masakan Sumatera banyak yang mirip dengan bumbu India. Dulu suka bingung nyari adas, eeeeh India juga pakek :D.

Yang agak ribet itu daun kemangi gitu. Tapi pakai basil ternyata enak juga kok. Aromanya lumayan mirip. Tapi kemarin udah diajarin ama Neng Virgie nanem kemangi. Ntar mau cobak ah di Ireland ^_^.

Laaaahh malah jadi curhat bumbu hahahaha. Beklah, sudahi sampai di sini. Dicoba yaaaaaaa resep sambal goreng udang nyaaaaaa :D. Mayan nih liburan akhir tahun nyoba-nyoba resep di dapur. Mau keluar-keluar juga dingiiiiiiinnnn :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *