black friday adalah

The American Holiday(s)

Black Friday itu apa sih? Kalau dari kata Friday nya ya jelas perayaan something di hari Jumat ya hehehe. Tapi sebelum itu, kita bahas dulu apa yang terjadi di hari kamis sehari sebelumnya. Jadi begini …

Hari kamis ke-4 di bulan November akan diperingati sebagai Hari Thanksgiving di Amerika Serikat. Kalau ditelusuri asal mula perayaannya, sama seperti Halloween, Thanksgiving pun bisa saja dikait-kaitkan dengan kepercayaan/agama tertentu.

black friday adalah
Musim panen telah tiba (gambar : pixabay.com)

 

Kedua perayaan sebenarnya lebih lekat ke adat istiadat sekelompok orang di daerah tertentu di suatu masa terlepas dari agama yang dianut. Misalnya Halloween adalah perayaan dari suku Gaelic di tanah Irlandia.

Sekarang sih orang-orang Irlandia hanya menganggap Halloween sebagai perayaan sekuler biasa. Sama seperti Thanksgiving di US ;). Sebagai informasi, Amerika Serikat TIDAK MENGENAL hari libur yang berbau-bau agama lho. Jadi libur Paskah itu tidak ada di US. Natal pun diliburkan cuma sehari (kantor ya), itu juga mungkin karena ngikutin hari libur internasional.

Selain Timur Tengah, negara-negara lain pasti libur kan pas Natal. CMIIW, ya. Sekolah-sekolah di US libur akhir tahun bukan untuk merayakan Natal secara khusus tapi bertepatan dengan “term-break”, semacam liburan semesteran.

Sekolah-sekolah tidak mengadakan ritual penyambutan Natal segala. Tidak boleeeeeehhh :D. Thanksgiving dan Halloween dijadikan hari libur karena dianggap sebagai perayaan sekuler, tidak mewakili agama mana pun.

Gambar : pixabay.com

 

Tapiiiiiii, agama-agama bebas berkembang dalam masyarakat. Kepercayaan apa pun! Asalkan negara tidak ikut campur dalam pembiayaan segala macam. Semua harus diurus oleh “swasta”. Next time ya kita bahas khusus deh ini soal agama di Amerika Serikat.

Jangan terbakar dulu yaaaaaa, negara tanpa agama ini sungguh beda dengan yang kalian prasangkakan kok ;).

Anyway, tidak semua negara merayakan Thanksgiving dan Halloween. Di Eropa, Halloween hanya dikenal di tanah asalnya UK dan Irlandia. Eropa daratan jarang sih ya membesar-besarkan perayaan Halloween.

Di Amerika Serikat sendiri, pengaruh Halloween dibawa oleh ramainya pendatang asal Irlandia yang membanjiri sang benua baru,  Amerika. Khususnya ke wilayah Amerika Serikat di belahan utara.

Sudah pernah saya ceritakan ya hijrah massal orang Irlandia saat tragedi gagal panen melanda Irlandia yang menyebabkan kelaparan dan keputusasaan di mana-mana.

Sedangkan Thanksgiving lebih lekat dengan budaya orang-orang di Kerajaan Inggris. Nah, konon waktu pergolakan besar-besaran antara Katolik vs Protestan di Eropa, tidak sedikit penganut Protestan yang juga memilih hengkang ke benua baru.

Asimilasi budaya oleh pendatang dari Kerajaan Inggris ini dengan penduduk setempat yang mereka datangi bisa jadi merupakan salah satu asal muasal dikenalnya Hari Thanksgiving di wilayah Kanada dan Amerika Serikat. Tapi di Kerajaan Inggris sendiri, akar perayaannya berasal dari kaum Pagan juga. Sama seperti Halloween ^_^.

Thanksgiving, ritual untuk merayakan musim panen sekaligus persiapan untuk menyambut musim tanam berikutnya. Tujuan perayaan sejenis di negara lain juga mirip dengan Thanksgiving ini. Tapi namanya beda-beda. Untuk Thanksgiving Day, selain Kanada dan US, beberapa wilayah Karibia dan Afrika (Liberia) juga merayakan hari yang namanya sama.

Di Kanada, Thanksgiving jatuh pada hari senin kedua di bulan Oktober.

Di UK masih dirayakan kegiatan sejenis Thanksgiving ini, walau namanya beda dan tidak ada tanggal tertentu. Tujuannya tapi sama. Jerman juga punya namanya Erntedankfest. India, Jepang dan beberapa negara lain juga ada.

Tahun ini, Thanksgiving di Amerika jatuh pada hari Kamis 23 November, which is hari iniiiiiiiiii *tepukTangan*. Thanksgiving jadi mirip momen lebaranan sama Natal sih ya, dimana para keluarga dan kerabat serta teman-teman dekat berkumpul dan makan malam bersama.

Black friday adalah
Gambar : pixabay.com

 

Kalau kita di Indonesia mengenal ketupat dan lauk utama yang menyesuaikan budaya suku/wilayah lokal masing-masing, maka Thanksgiving di US identik dengan menu Ayam Kalkun :D.

Yang ditunggu-tunggu sebenarnya bukan Thanksgivingnya tapi Black-Friday nya, yes? Hahahaha #tepokDompet. Sesuai namanya, Black Friday adalah hari Jumat yang jatuh persis sehari setelah Thanksgiving.  Ini definisi di Amerika Serikat, ya. Sering juga dikenal sebagai Black Friday – Shopping. Makanya sebut-sebut dompet tuh tadi hahaha.

Jadi hari libur Thanksgiving di US ya kamis-jumat. Buat mereka mungkin kamisnya makan-makan, jumatnya shopping-shopping, aseeeeekkkk :D. Hampir semua pusat perbelanjaan dan toko-toko memberikan diskon besar-besaran saat Black Friday tiba.

Gilak deh itu bisa rebutan dan berantem. Tapi makin ke sini emang enakan belanja online sih ya hehehe.

Black Friday adalah
Black Friday (Gambar : chicagonow.com)

 

Tidak sedikit juga toko/brand yang sudah tebar-tebar pesona diskon beberapa hari sebelumnya. Nah ini kemarin sudah berburu di toko idola yang sudah mulai diskon-diskon sejak seminggu sebelumnya.

Tujuan belanja massal kali ini adalah … nyetok kostum-kostum musim dingin untuk menyambut kembalinya kami sekeluarga ke daratan benua yang mayoritas wilayahnya hampir tidak mengenal musim panas hahahaha. Iya nih bentar lagi harus say goodbye dari Texas :).

Santai sih belanjanya. Gak terlalu ramai, gak desak-desakan juga. Antri agak lama aja pas di kasir. Mungkin ya itu tadi, pada sibuk belanja online hehehe.

Black Friday adalah
Black Friday in Fort Worth-Texas (Gambar : detroit.cbslocal.com)

 

Hampir setahun di Texas jarang banget pakai jaket. Gila emang deh, masa bulan November saja suhu pernah mencapai 27 derajat lho. Cuaca memang labil di Texas, hari ini suhu bisa 10 derajat, besoknya balik lagi 20 derajat.

Untuk urusan cuaca, orang tropis kayak saya seneng banget deh tinggal di Texas hihihi. Other than urusan cuaca nanti kita bicarakan lebih lanjut kalau saya sudah di Ireland lagi yaaaaaa hahahaha :p.

Brand favorit saya itu … Old Navy :D. Sebenarnya saya suka GAP sih. Tapi mahal ah, sayang duitnya hahaha *ngakakKikir*. Nah, Old Navy ini rada mirip dengan GAP di mayoritas outfit-style nya. Versi lebih murahnya gitu lah :p.

Kebanyakan beli outerwear dan jeans saja. Kalau tas-tas branded saya pernah rajin beli buat jualan aja hahaha. Tapi udah takut dijewer sama Bu Sri Mulyani. Sungkem ya, Bu, gak lagi-lagi :p. Kalau buat dipakai sendiri mah sayang yak. Memang lah kadar kekikiran saya jauh di atas rata-rata hahaha.

black friday adalah
Gambar : pixabay.com

 

Mungkin jumat besok mau hunting di brand-brand menengah ke bawah aja macam Guess dkk. Kalau yang LV, Chanel, MK, Coach dll itu kalau ada yang jual di bawah 50 dolar, saya beli dah! Hahaha –> minta digampar sama penjaga toko! Dompet aja kayaknya susah ya dapat harga segitu kalau brand-brand kelas kakap begini :D.

Beklah, demikian reportase Ameriki ala-ala ini mengenai Amerika Serikat. More to come ^_^. Doakan saja biar enggak kebanyakan fesbukan dll hahaha. Ini saja, segabruk video-video sudah membanjiri folder minta diedit jadi vlog :p. Cemungud eaaaaaaaa. Jangan berantem muluk di medsos, Neng :p.

Walau sebagian kita tentu tidak familiar dan tidak merayakan Thanksgiving tapi quote bagus ini cocok sebagai pengingat buat kita semua :

“Not what we say about our blessings, but how we use them, is the true measure of Thanksgiving.” -WT Purkiser

Happy thanksgiving for those who celebrate <3. It’s Turkey time! ^_^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *