Cara Membuat Nasi Bakar Teri Ayam

Cara Membuat Nasi Bakar Teri Ayam ala Ibu Fatmah Bahalwan (NCC)

Cara membuat nasi bakar teri ayam yang ini menggunakan resep asli dari Ibu Fatmah Bahalwan ya. Nama beliau sudah digdaya banget deh dalam urusan resep dan memasak (y). Kalau tidak salah beliau adalah pendiri grup NCC (Natural Cooking Club).

Saya kalau cari-cari resep tradisional atau khas Nusantara biasanya ke situs-situs NCC dulu hehehe.

 

Untuk resep cara membuat nasi bakar ini sebenarnya ada cara mudahnya. Yaitu menggunakan nasi yang sudah matang. Terus dicampur bumbu-bumbu campur santan baru dibakar. Ada juga yang masak nasinya pakai rice cooker.

Saya sparta banget deh kali ini. Nasinya masak khusus sesuai resep dan pakai 2 tahap, dimasak di panci biasa lalu dimasukin microwave (atau dikukus juga bisa). Dulu juga pernah memasak langsung pakai nasi putih yang sudah ada. Enak juga sih.

Saya mah semua juga enak, apalagi kalau tinggal makan ya enggak perlu masak hahahaha :p.

Waktu di Ireland, dikasih nasi bakar lho sama Neng Maya. Enak bangeeeeeet. Thanks ya, Sayang. Bentar lagi kita bersua lagi nih hehehe. Aamiin. Karena itu juga makin penasaran sama  nasi bakar iniiiiii.

Baca resep Nasi Bakar Teri Ayam punya Ibu Fatmah Bahalwan udah lama cobak. Cuma ya malas praktiknya hihihi. Baru deh setelah hasrat tak terbendung *tsaaah*, baru mulai gerak sendiri di dapur sendiri hihihihi.

Ini bukti penampakan videonya. Cara membuat nasi bakar versi vlog, live dari Dapur Davincka *benerinCelemek*. Saya vlognya walau live pendek-pendek kok hehehe. Boleh ya yang mau ceki-ceki langsung cara membuat nasi bakar ini :

Yang mau resepnya juga tenaaaaaang, so pasti dong ditulis di sini juga hehehe.  Langsung aja, yuk, ni dia resepnya ;).

Cara Membuat Nasi Bakar Teri Ayam

(Oleh : Ibu Fatmah Bahalwan – NCC)

Bahan Nasi :

  • 1/2 kg beras, cuci bersih. Sisihkan.
  • 1 siung bawang bombay atau
  • 6-7 siung bawang merah iris-iris
  • 2 batang sereh, geprek
  • 2-3 lembar daun salam
  • 600 ml santan encer
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Bahan Tumisan Teri Ayam :
  • 200 gr ayam fillet, cincang kasar / potong dadu 100 gr teri, cuci bersih, tiriskan.
  • 3 siung bawang putih, iris-iris
  • Cabe rawit secukupnya bagi yang ingin pedas
  • Daun bawang, cincang kasar
  • Garam gula pasir secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 100 ml air matang

Cara Membuat Nasi:

Tumis bawang merah hingga wangi. Masukkan daun salam, sereh, garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Masukkan santan. Didihkan lalu masukkan beras. Aduk sampai merata. Masak hingga menjadi nasi menjadi aron.

Kukus sampai nasi matang atau masukkan ke dalam microwave kira-kira selama 20 menit hingga matang. Sisihkan.

(Boleh juga menggunakan rice cooker. Tumisan dan beras dicampur dulu baru dimasukkan ke dalam rice cooker lalu dimasak sampai matang).

Cara Membuat Tumisan Teri Ayam :

Tumis bawang putih hingga layu dan wangi. Masukkan ayam. Masukkan cabe rawit. Aduk rata, biarkan daging matang dan berubah warna. Tambahkan air. Didihkan hingga air meresap. Masukkan garam+gula+kaldu ayam. Lalu masukkan teri, daun bawang. Aduk rata sebentar. Angkat.

Ambil selembar daun pisang, tata nasi matang secukupnya dan tambahkan tumisan di tengahnya. Bungkus rapi dan bakar/panggang di atas skillet / panggangan/ wajan teflon. hingga harum dan daun kecoklatan. Siap dihidangkan.

Cara Membuat Nasi Bakar Teri Ayam

***

Hasilnya ya sudah terbayang ya. Ada santan segala. Pasti gurihnya edan hihihihi. Suami doyan, anak-anak juga suka. Emaknya apalagi hahaha :p. Anak bungsu saya juga senang makanan kaya bumbu khas Indonesia. Alhamdulillah, kagak nyusahin emaknya :D.

Yuk yaaa, jangan dibaca doang. Praktik sendiri di rumah. Enaaaaaaakkkk (y). Resep Nasi Bakar Teri Ayam dari Ibu Fatmah Bahalwan ini coba aja di googling pasti testimoninya mantap semua ;). Mari memasaaaaaakkk ^_^.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *