Cara Memasak Sapo Tahu

Cara Memasak Sapo Tahu Sederhana Ala Masakan Rumahan

Cara memasak sapo tahu sekilas agak mirip dengan cara bikin capcay ya hihihi. Saya juga seringnya kalau bikin capcay ya pakai saos tiram + kecap ikan :D. Lah ini bumbunya mirip banget.

 

Cuma ya namanya juga sapo tahu, pakai tahu lah yaowww. Kalau bikin capcay saya enggak pakai tahu.

Ya anggap saja itu perbedaan cara memasak sapo tahu dan capcay, karena ada tahunya gitu ya hahahaha :p. Tapi resep bikin capcay memang variatif banget ya ^_^.

Cara Memasak Sapo Tahu

Sebenarnya di video yang saya lihat (sempat viral di newsfeed Facebook tempo hari), yang digunakan dalam cara membuat sapo tahunya itu adalah tahu telur yang modelnya bulat itu. Teksturnya juga beda, sih.

Saya pakai tahu putih biasa aja hihihihi. Makanya dikasih embel-embel “Ala Masakan Rumahan” ;).

Buat yang ingin melihat proses pembuatannya secara LIVE dari Dapur Davincka *ecieeeeee* :p, ini sudah saya bikin videonya bulan kemarin. Tenang saja ya, kalau kuota tiris, bisa dilewati saja, resepnya saya tulis di bagian bawah tulisan ini, kok.

Btw, videonya pendek kok. Kurang dari 1.5 menit malah ^_^.

Ah ya, di video aslinya, udangnya dimasukkan sejak awal. Ngggg..aneh gak sih? Udang kan biasanya dimasak cepat aja gitu, ya. Jangan ditumis/dimasak lama-lama. Jadi kalau di resep saya, udangnya masukin agak belakangan. CMIIW, ya.

Cara Memasak Sapo Tahu Sederhana ala Masakan Rumahan

150 gr daging ayam, potong dadu/sesuai selera
100 gr udang kupas
100 gr tahu putih potong dadu, biasanya kan pakai tahu bulat itu. Tapi saya pakai tahu putih yang standar saja.
3 siung bawang putih, cincang
1 siung bawang bombay, cincang
2 cm jahe, iris tipis
1 buah wortel
Brokoli atau kembang kol secukupnya
1 sdt merica bubuk
1 sdm saos tiram
1 sdt kecap ikan
1/2 sdt kaldu ayam
Garam + gula pasir secukupnya
150 ml air matang
1 sdt minyak wijen
1 sdt tepung jagung/maizena, cairkan dengan 3 sdm air matang hangat
Daun bawang, cincang kasar

Cara Membuat :

Tumis bawang putih sampai wangi. Masukkan bawang bombay dan jahe. Masukkan ayam cincang. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan wortel dan kembang kol/brokoli. Masukkan air matang.
Masukkan kaldu ayam dan air matang serta saus tiram. Lalu aduk sampai merata.
Masukkan kecap ikan, aduk lagi.
Masukkan tahu, garam + gula pasir, merica, serta udang kupas.
Aduk sebentar sampai merata. Hati-hati jangan sampai tahunya hancur.
Masukkan tepung jagung/maizena yang sudah diencerkan dengan air matang tadi. Masukkan minyak wijen.
Aduk lagi sebentar sampai rata.
Matikan api. Taburkan daun bawang.
Siap dihidangkan.

Cara membuat sapo tahu ternyata relatif mudah kan? ;). Selamat mencoba, ya.

Buat menu alternatif untuk konsumsi protein. Kalau protein melulu ngambilnya dari daging hewan/protein hewani, ya kurang bagus juga buat kesehatan. Tempe dan tahu bisa menjadi salah satu sumber protein nabati yang bisa kita konsumsi buat variasi perolehan protein.

Di Texas sini kebetulan harga tahu sih lumayan murah, lho. Kalau di tanah air/Indonesia lebih murah lagi dong, ya. Semoga resepnya membantu ya (y).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *