The American Pride

Summer holiday telah tiba! . Ceu Jihan ke mana ajaaaaa enggak posting-posting? Jalan-jalan dooooooong . Jarang bersentuhan dengan medsos kalau lagi di jalan. This is another road trip. Dimana road trip itu salah satu hal penting dari pengalaman tinggal di Amerika Serikat ;).

Pengalaman tinggal di Amerika Serikat
Gambar : pixabay.com

Liburan kali ini saya sempat memborbardir insta-story di akun Instagram saya. Siyal dah, itu ternyata cuma 24 jam benar-benar hilang ya . Kirain masih ke-save dan bisa kita download lagi buat dikumpulin. Ternyata benar-benar hilang ya *nangis*.

Tadinya bela-belain rajin bikin Insta-Story buat ngumpulin video pendek-pendek. Baru tahu kalau ternyata videonya cuma numpang lewat . Harus download manual untuk di-save di ponsel. Justru itu yang dihindari karena ponsel sudah penuh dengan vlog resep hahahahha .

Kali ini nyobain road trip yang lebih panjang. Dari Texas (area Dallas), menuju 2 tempat utama : Grand Canyon dan Las Vegas. Tadinya ambisius mau sekalian lanjut ke Los Angeles. Tapi berhubung Pak Supir cuma ada satu ya sudahlah ya, mustahil itu hahahaha .

Total jarak tempuh sekitar 1200 miles, hampir 2 ribu kilometer. Padahal dulu pas masih tinggal di Jeddah, kayaknya udah heboh banget road trip dari Madinah ke Madain Saleh sekitar 400 kilo hihihi. Ternyata di US lebih sangar .

No worry, pakai mobil matic kok. Bisa pakai cruise control segala. Sudah punya pengalaman ke Miami-Florida 3 bulan yang lalu. Ke Florida lebih jauh lagi sekitar 1300 miles. Sempat juga road trip ke Arkansas. Tapi Arkansas sih dekat banget, hanya 3 jam an dari Dallas.

Tapi road trip kali ini mampir-mampirnya lumayan sering. Memang tujuannya mau halan-halan, yang ke Miami pan kerja yak . Suami kerja, kiteee yang halan-halan, yes? Hahahahaha.

Foto waktu road trip ke Arkansas tempo hari

Kalau ke Florida kita menuju ke arah timur, arah road trip kali ini ke arah sebaliknya, menuju negara-negara bagian sebelah barat. Makanya, waktu setempat mundur 1-2 jam, jadi terasa menghemat waktu karena matahari tenggelamnya terasa lebih lama . Mana musim panas pulak. Jadi jam 9 malam masih cukup terang.

Perbedaannya cukup kontras. Negara bagian di sebelah barat Texas jelas lebih hot-hot-hot . Ke arah Louisiana, Missisippi sampai Florida kan banyak pohon gede-gede. Negara bagian New Mexico, yang pertama kami hampiri lebih gersang dan dinominasi bukit batu .

Awal-awal melihat bentang alam New Mexico benar-benar membuat saya dan suami bernostalgia tentang Arab Saudi. Mirip bangeeeettt dengan pemandangan di Kota Al Ula, tempat Al Hijr/Madain Saleh berada . Jadi gosip-gosip tentang Jeddah lagi deh kita berdua sepanjang jalan saat melihat barisan bukit batu saat memasuki wilayah New Mexico.

Btw, New Mexico ini masih bagian dari Amerika Serikat. Negara bagian ke-47 kalau dihitung dari awal bergabungnya. Bersama Colorado-Utah dan Arizona, New Mexico juga bagian dari The Four Corners yang berada di wilayah barat laut Amerika Serikat.

Foto-foto road Trip Canyon-Vegas ini masih nyangkut di kamera. Jadi sementara saya comotin foto dari situs gratisan dulu ya hehehe.

The Grand Canyon (Gambar : pixabay.com)

The Four Corners (Colorado-Utah-Arizona-New Mexico) merupakan tempat yang hingga kini masih merupakan kampung halaman bagi orang-orang Indian, penduduk asli benua Amerika.

Walau New Mexico, secara persentase, masih paling tinggi diantara negara bagian lain, tapi Arizona yang lebih jor-joran promosi soal budaya Indian.

New Mexico, julukan resmi : The Land of Enchantment secara wilayah termasuk 5 negara bagian paling luas, tapi jumlah penduduknya hanya menempati urutan ke-36. Masih jauh lebih kecil ketimbang Texas, tapi penduduknya tiris bener hehehe.

Ya iyalah, kondisi alamnya masih didominasi oleh padang rumput yang gersang dan bukit batu. Tidak memiliki perbatasan dengan laut sama sekali kalau tidak salah, jadi secara ekonomi memang tidak begitu cemerlang, ya.

Beda dengan Texas yang dekat laut jadi lebih dinamis. Banyak industri juga lho di Texas. Florida terkenal dengan pantai-pantai cantik untuk liburan dan buah-buahan tropisnya. California lebih ‘sempurna’ lagi. New York sangat dinamis dengan pergerakan bisnisnya. Las Vegas melengkapi dosa besar Amerika Serikat sebagai negara adidaya hahahaha .

Gambar : pixabay.com

Gilak deh emang Amerika Serikat ini. Sagala aya! Self sufficientnya termasuk tinggi, makanya sombong yak hahahaha . Jangan heran lho, banyak orang US yang sudah tidak merasa perlu ke mana-mana saking bangganya sama negaranya . Berasa tinggal di 50 negara berbeda yang diiket jadi satu .

Serba rumit dan sangat dinamis . Bersama segala kekurangan dan “kejahatan”nya, sekarang saya sudah mulai mengerti mengapa orang-orang Indonesia yang sudah mapan di sini sepertinya sudah tidak ada kemungkinan mau balik ke tanah air hahahaha. Lebih parah dari diaspora yang menyebar di Eropa . Di Eropa masih banyak keluhan soal pajak yang gila-gilaan hihihi.

Happy (belated) Independence Day, United States of America!

Walau saya tidak tahu apakah harus ikut bangga dan terharu atau harus menangis saat membaca sejarah panjang suku Indian yang ada di tanah ini. Ini kan lagi berada di tempat-tempat kebangsaan suku Indian . Masa lalu pahit menjelang orang-orang Eropa menghambur ke sini dan menegaskan kiprah mereka sebagai pemilik tanah di belahan utara benua superpower ini.

Ah ya, kita memang harus mengakui, kita hidup di dunia yang tidak sempurna . Like I always said, kita masing-masing pun adalah bagian dari ketidaksempurnaan tersebut.

(Baca : Negeri di Awan)

So once again, selamat hari “kemerdekaan” buat Amerika Serikat. Tetep pake tanda kutip hahahaha .

Nanti aja ya per negara bagiannya lengkap sama vlog dan foto-foto. Ya kira-kira beberapa bulan lagi lah hihihihi *ngikikPemalas*.

-Las Vegas, 5 Juli 2017-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *