Cara Mengungkep Ayam

Cara Mengungkep Ayam Goreng yang Gurih dan Enak

Cara mengungkep ayam ini kayaknya pengetahuan dasar banget dalam dunia masak-masak :p. Newbie banget yaaa malah bahas cara mengungkep ayam hihihi. Emang iya sih, sampai sekarang juga rasanya tetap amatir dalam urusan memasak biar terus semangat belajar yaaaaa ^_^. Walau hal simpel macam cara mengungkep ayam ini :p.

Kalau mama saya bilang cara mengungkep ayam mah tinggal rebus ayam dengan bumbu-bumbu standar seperti bawang putih, lada, garam dan penyedap. Gitu doang pun katanya juga sudah enak.

cara mengungkep ayam goreng

Ya kalau ditambahin dengan bumbu lain-lain pun bisa saja. Cuma itu sekadar petunjuk bumbu minimalnya kali, ya. Tapi kalau lihat cara mengungkep ayam ala Mama kayaknya bumbunya tidak sesederhana itu juga, sih. Mama saya suka gitu sih. Kalau ditanyain resep pasti responsnya, “Gampang kok, gampang …”

Tapi misalnya sudah ngasih resep terus diingetin, “Mah, pake laos gak?” Jawabnya tuh, “Oiyaaa pakai laos juga.” Terus ditanya lagi, “Kalau jahe?” Jawabannya Mama, “Oiyaaa, pakai jahe jugak.” Jadi ragu itu sebenernya resepnya sudah bener apa kagak hihihi.

(Baca Juga : Resep Ayam Suwir Bumbu Bali)

Makanya mending lihat langsung :p.

Sayang nih belum sempat bikin vlog untuk resep cara mengungkep ayam ini. Kalau resep ayam yang lain sudah ada vlognya.

Ya tidak ada kepastian memang dalam urusan masak memasak :p. Udah kayak ngomongin hubungan percintaan aje pakai istilah kepastian segala hahaha. Kadang butuh nyoba-nyoba dulu ya baru terasa pas harus pakai bumbu apa saja. Termasuk urusan cara mengungkep ayam :D.

Cara Mengungkep Ayam Goreng

Bahan :
  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8 atau 12 bagian. Cuci bersih.
  • 2 cm lengkuas, dikeprek atau diiris halus juga bisa.
  • 1 batang sereh, dikeprek
  • 3-4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm air asam jawa
Bumbu dihaluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam gula secukupnya
Cara Membuat :
  • Campur potongan ayam + semua bumbu dalam panci. Aduk sampai bumbu tercampur dengan potongan ayam.
  • Tambahkan sedikit air dalam panci berisi ayam dan bumbu. Kira-kira 200 ml.
  • Didihkan panci sampai air tinggal sedikit dan bumbu meresap.
  • Diamkan dalam kulkas. Minimal sejam.
  • Panaskan minyak goreng.
  • Goreng potongan ayam sampai matang kecoklatan.
  • Siap dihidangkan.

Cara Mengungkep Ayam

Kadang juga, dikasih pala ya enak juga :D. Ditambahin cengkeh segala macam juga tidak masalah. Ah ya, sering juga pakai air kelapa. Enak juga lhooooo ^_^.

Atau cara mengungkep ayam yang pakai santan juga sedap banget. Rasanya jadi lebih empuk dan lembut. Jangan kelamaan direbus di atas api kalau pakai santan, ya. Terlalu lembek nanti apalagi kalau tidak pakai ayam kampung. Kalau ayam kampung dagingnya liat dan keras.

Soal cara mengungkep ayam sudah pada jagoan semua lah ya :D. Gak apa deh, tetap diposting mana tahu nanti sudah lupa-lupa ingat cara masak kalau sudah balik tinggal di Jakarta hihihi. Go Food melulu kali ya entar hehehe :p.

Baca Juga : Resep Ayam Bakar Bumbu Padang

Ayam Bakar Bumbu Padang ini sudah ada vlognya segala lho 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *