Resep Hati Sapi : Gulai Hati Sapi Bumbu Padang

Waktu masih di Irlandia ya kali mau bikin Resep Hati Sapi wong ketemu hati sapinya aja hampir enggak pernah :p. Orang bule enggak makan jeroan. Kalau pun jual jeroan, di toko daging halal jualnya jeroan kambing. Orang India-Pakistan jarang yang mengkonsumsi daging sapi.

Perhatiin deh resep-resep khas sana, paling sering ya pakai daging kambing atau ayam. Nasi biryani misalnya adanya ya Mutton atau Chicken. Mutton sebutan lain untuk daging kambing.

Bagi yang punya kuota lebih dan pengin langsung lihat proses pembuatannya saja, nih sila diceki-ceki vlognya langsung. Live nih dari Dapur Davincka! ;). Resepnya ada di deskripsi video ya. Kalau lanjut baca juga ada kok di postingan ini, sekrol aja ke bawah kalau malas baca pengantarnya hahaha.

Saya sih memang kurang terbiasa makan jeroan. Orang pantai mah senengnya makan ikan dan teman-teman, yes? ;). Tapi suami nih yang memang lidah Minang walau lahir dan besar di perantauan. Walau sejak 4-5 tahun terakhir kita sekeluarga sudah mulai jaga makan, yang namanya kangen masakan dari kampung halaman pasti ada aja kejadiannya.

Nah ini pas di Texas, walaaaah, toko daging halal tidak sedikit dan jenis daging yang dijual juga lebih aneka rupa. Mungkin karena di Ireland kita tinggalnya di kota imut-imut jadi ya, toko daging halal juga menyesuaikan market yang tergolong sepi. Enggak berani jual macam-macam.

Resep Hati Sapi : Gulai Bumbu Padang

Di Texas, gampang banget nemu yang namanya daging sapi. Stoknya memang lebih terbatas, sih. Jauh lebih banyak hati kambing.

Nih, suami sudah beberapa kali beli hati sapi. Tapi ya enggak tiap bulan jugak hehehe. Berbagai olahan hati sapi sudah pernah dicoba. Soalnya di-sambel goreng ya bosan ye, Ceu! *kibasCelemek*.

Kalau sambal goreng saya tentu lebih milih resep andalan dari kampung halaman Bugis nun jauh di sana, Resep Sambal Goreng Daging Sapi ;).

Nah ini kemarin nyoba-nyoba bikin Resep Hati Sapi yang digulai ala-ala Minang maksudnya. Entahlah ini sudah bener apa enggak hahaha. Bumbunya nebak-nebak dari resep gulai standar :p. Ya kurang lebihnya mudah-mudahan oke, ya. Hasilnya sih suami doyan bangeeeeeettt :D.

(Baca juga : Cara Membuat Gulai Tahu)

Kemarin kan sempat bawa hasil Resep Hati Sapi ala gulai padang ini pas acara buka puasa di rumah teman. Suami udah pesen, “Kalau nyisa bawa pulang lagi aja!” Hahahahaha :p.

Posting-posting di sini mana tahu ya bisa jadi menu alternatif buat lebaran nanti ;). Makan-makan ginian mah sekali setahun cukuplah ituh :p.

Resep Hati Sapi diGulai Pakai Bumbu Minang Padang

400 gr hati sapi. Cuci bersih dan potong-potong.

Bahan rebusan hati sapi : (1 sdt ketumbar bubuk, 1 sdt kunyit bubuk, 2 lembar daun salam, garam + gula pasir secukupnya
Air matang kurang lebih 400-500 ml).

1 buah bawang bombay, iris kasar
3 siung bawang putih iris halus
5 butir kemiri, sangrai dan haluskan
6-8 buah cabe merah keriting, haluskan. Bisa pakai “Sambal Oeleg” kurang lebih 2 sdm full.
3 buah cabe rawit jika ingin pedas. Boleh lebih atau kurang tergantung selera.
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt jinten bubuk
2-3 cm jahe, iris-iris
1 ruas jari lengkuas, iris halus
1 batang sereh, potong-potong dan memarkan
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
3 cm kayu manis
5 butir cengkeh
Garam + gula pasir secukupnya
300 ml santan kental

Cara Membuat :

Rebus hati sapi dengan air matang. Bumbunya : 2 lembar daun salam, 1 sdt ketumbar bubuk, dan 1 sdt kunyit bubuk, garam+gula pasir secukupnya. Rebus sampai air habis dan bumbu meresep.
Sisihkan.

Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi. Masukkan kemiri, cabe merah, ketumbar bubuk, jinten bubuk, kunyit bubuk, sereh, jahe dan lengkuas. Aduk sampai bumbu tercampur rata.

Tambahkan daun salam, daun jeruk, cengkeh, dan kayu manis ke dalam tumisan bumbu. Juga garam + gula pasir secukupnya. Aduk sebentar. Masukkan santan dan aduk agar santan tidak pecah.

Setelah mendidih sebentar, masukkan hati sapi yang sudah direbus dengan bumbu tadi. Aduk sampai tercampur rata.
Tambahkan air matang. Didihkan terus sampai air menyusut dan kuah mengental serta bumbu meresap ke dalam hati sapi.

Selamat mencoba.

***

Btw, resep hati sapi juga enak lho kalau digoreng kering gitu. Ini sudah pernah belum ya ditulis resepnya? Kayaknya belum, ya.

Ini saya share vlognya dulu deh ^_^. Resep ada di deskripsi video, ya, kayak biasa ;). Sila disimak proses bikin resep Hati Sapi Goreng secara live dari Dapur Davincka *gayaLo* hahhaha :p.