Resep Ayam Bakar Padang

Ngangkut salah satu resep dari Dapur Davincka nih, Resep Ayam Bakar Padang. Alasan bikin blog resep soalnya takut keserimpet sama postingan-postingan Food Combining hehehe. Kesannya kan masak gini-ginian terus.

Padahal sih masak Resep Ayam Bakar Padang dan sejenisnya ini umumnya kalau ada acara doang hahaha. Nah, di Texas ini sering dapat undangan makan ke rumah teman. Apalagi pas bulan puasa begini. Jadi, sering dapat tugas bawa-bawa juga.

Sekarang juga lagi doyan maenan vlog hihihi. Vlog traveling dan vlog resep :D. Kadang masak menu tertentu buat dibikin videonya hahaha.

Sebelum menikah, saya biasa-biasa saja dengan masakan Padang. Sama rendang juga ya kalau ada dimakan, kalau enggak ada ya enggak nyari juga hehehe.

Pas hamil anak pertama tuh baru mulai craving makanan Padang. Malah tergila-gila dengan Sate Padang. Sabtu sore-sore suka ngajak suami makan sate Padang di pinggir jalan. Dia mah seneng banget. Malah kadang lebih semangat dia daripada saya. Ini yang ngidam siapa cobak hahaha.

Kalau suami kan memang berdarah Minang asli ya wajar saja. Dia itu segala rendang, sate padang, gulai-gulai jerohan, semuanya doyan. Saya paling tidak tahan sama Gulai Limpo (limpa). Duh, ngeliatnya saja sudah horor begitu hahaha *sungkemSamaNinikMamak* :p.

Untuk masakan dari daging sapi, saya sih tetap setia dengan Sambal Goreng Daging Sapi khas Makassar :D. Salah satu menu andalan lebaran di keluarga saya di Makassar dulu ;).

Khusus menu Minang yang Ayam Bakar Padang ini ya lumayanlah :D. Saya doyan juga.

Waktu masih di Jakarta, embak saya nih dulu yang bilang kepengin Ayam Bakar Padang, saya cariin resepnya di internet terus dia yang masak. Mungkin dulu karena masih jarang ke dapur, lihat resepnya kok ribet bener hihi.

Setelah mencoba sendiri, sudah lihat kan videonya di tautan paling atas itu? Tidak terlalu susah, yes? ;).

Masakan khas nusantara itu bumbunya memang kaya banget. Kalau sudah ada santan, segala jenis daun-daunan buat masak seperti sereh dkk, aneka rupa rempah, rasa masakan biasanya mantap punya tuh :D. Tidak perlu menambahkan penyedap rasa juga sudah gurih (y).

Btw, sebenarnya bumbu-bumbu bisa dihaluskan ya. Gara-gara keseringan nonton orang bule masak di Food Network nih, kok kayaknya seru ya bumbu-bumbu dicemplungin langsung gitu saja. Atau bisa pakai bumbu bubuk, kayak kunyit bubuk misalnya hehe.

Alasan kedua kenapa tidak ada acara ulek-mengulek di sebagian besar resep vlog karena memang saya tidak punya ulekan pas pindah ke Texas sini hahaha. Malas lah mau beli-beli, kan cuma sementara di sini :D.

Untuk cabe merah, bisa pakai kemasan “Sambal Oeleg”. Jangan yang garlic, ya. Yang “original”, banyak dijual di Walmart kok hehe.

Resep Ayam Bakar Padang

1 ekor ayam, potong 6-8 bagian
1 buah jeruk nipis
7 butir kemiri, sangrai dan haluskan
1 buah bawang bombay, iris
3-4 siung bawang putih, iris tipis
8 buah cabe merah besar haluskan (atau pakai 2 sdm “Sambal Oeleg”)
3 cm jahe, iris halus
1 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
300 ml santan kental
1 sdm asam jawa, kentalkan dengan air matang secukupnya
Garam + gula pasir secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara Membuat :

Lumuri ayam dengan jeruk nipis. Sisihkan minimal 30 menit.
Panaskan minyak. Tumis kemiri,bawang bombay, bawang putih, bawang merah, merica, kunyit, jahe, dan sereh hingga harum dan layu.
Masukkan ayam. Masak hingga berubah warna.
Masukkan santan, garam, gula, dan asam kandis. Masak hingga mendidih. Aduk perlahan hingga matang, air menyusut, dan bumbu meresap.
Panggang ayam hingga matang, sajikan dengan sisa bumbu.

***

Panggang ayamnya bisa di atas teflon kalau tidak punya alat pembakaran khusus (kayak saya hahaha). Kalau dimasukin oven bisa juga tapi ummm…kurang pas ya rasanya.

Resep Ayam Bakar Padang ini bisa jadi alternatif menu lebaran juga :D. Kalau bosan dengan Ayam Goreng Ungkep hehehe. Yaelaaaa, belum juga setengah bulan Ramadan terlewati, sudah ribut ngomongin menu lebaran hahaha :p.

Anw, jangan lupa kalau bikin makanan super lemak kayak gini, netralkan dengan sayuran segar saat menyantapnya, atau coba bikin acar-acaran ;).

Selamat mencoba Resep Ayam Bakar Padang -nya yak ^_^. Plus resep-resep lainnya yang ikutan nongol di postingan ini hihihi :p.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *