Resep Bumbu Bali (Pakai Tahu) Enak dan Gurih

Resep Bumbu Bali pada jenis tahu hanyalah salah satu alternatif dari sekian banyak bahan yang bisa dibumbu-bali kan :D. Misalnya ayam bumbu bali, telur bumbu bali, daging juga bisa dibumbu bali.

Ini pakai embel-embel “Resep Bumbu Bali”, apa beneran karena alasan geografis atau penamaan saja? Marilah kita googling beramai-ramai hihihi.

Updated : Sudah ada vlognya nih :D. Sebelum dibahas lebih lanjut, hayuk nonton vlognya dulu :p. Dalam video, ada proses live pembuatan Resep Bumbu Bali pada tahu ini ;).

Yup, ternyata benar bahwa istilah “Bumbu Bali” berkaitan dengan wilayah Bali. Katanya, dalam dunia kuliner ala Bali ada 4 bumbu¬†yang bisa dikatakan sebagai pemeran utama : Lengkuas (laos), kunyit, jahe, dan kencur.

Nah, saya sendiri kurang suka euy dengan aroma kencur. Jadi, di Resep Bumbu Bali kali ini saya enggak pakai kencur sama sekali.

Selain ke-4 bumbu utama tadi, resep bumbu bali juga menggunakan bawang-bawangan, cabe, dan rempah-rempah lainnya. Kayaknya juga penggunaan kemiri yang tidak boleh dilewatkan, ya. Terasi juga terlewat nih sama saya. Duh Neng, niat gak sih masaknya? Hahahaha.

Bener-bener lupa kasih terasi hihihi :p.

Kalau tahu-tempe sendiri, tiap minggu pasti dikonsumsi. Soalnya protein nabati saya paling familiar dengan 2 jenis masakan ini. Bukan berarti tiap hari dari pagi sampai malam makan tahu tempe terus lho hahahaha.

Ingat lho, makanan jenis apa pun, kalau dikonsumsi berlebihan ya efeknya tidak akan positif lagi ;).

Resep Bumbu Bali di Tahu

Paling enak sih kalau makan tahu digoreng biasa saja pakai minyak sedikit. Kasih garam saja rasanya tidak perlu. Nanti tahunya dicocok ke sambal kecap. Sekarang sudah ada tuh Kokita Sambal Kecap yang endeusss ituuuu ^_^. Bukan endorse lho yaaaaa :p.

Tapi suami saya, secara aslinya memang orang Minang yang sudah sangat terbiasa dengan masakan-masakan berbumbu komplit, kurang doyan sama masakan bumbu minim. Tahu gorengnya dikasih garam + merica + lada saja kayaknya dese kurang sreg.

Jadilah biar win-win solution, kalau bikin tahu-tempe, sekali-sekali ya dibikin model begini. Kadang juga bikin “Gulai Tahu”¬†sekalian hahaha. Tapi sering juga makannya ngikut cara saya :p. Pokoknya dibikin sama-sama enak sajalah.

Suami ini biarpun bodinya tidak endut, tapi kolesterolnya cenderung tinggi. Makanya makan begini-beginian enggak bisa terus-terusan tiap hari.

Sudaaaaaah curhatnya? Hahahaha.

Marih kita tulis resepnya sekarang *benerinCelemek*.

Cara bikinnya ya standar saja. Tahu digoreng, bumbu ditumis, terus tahu dicemplungin ke bumbu terus dimasak sampai air habis dan bumbu meresap :D.

Resep Bumbu Bali (Pakai Tahu)

800 gr tahu, potong kotak dan goreng setengah kering
5 butir kemiri, bakar dan haluskan
1 bawang bombay, iris-iris
3 siung bawang putih, iris-iris
5 cabe merah keriting haluskan (bisa pakai Bumbu Oeleg yang original sekitar 1-2 sdm)
3 cabe rawit (opsional bagi yang ingin pedas)
3 cm jahe iris halus
3 cm lengkuas iris halus
1 batang serah memarkan
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 sdt kecap manis
1 sdm gula merah
Garam + gula pasir secukupnya
1/2 sdt lada halus

Cara Membuat :


Tumis bawang bombay, bawang putih, kemiri, jahe, dan cabe. Aduk sampai bumbu layu dan wangi.
Masukkan sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk. Aduk sebentar.
Lalu masukkan gula merah, garam + gula pasir, kecap manis, dan lada. Aduk lagi sebentar sampai bumbu merata.
Masukkan tahu goreng ke dalam bumbu.
Aduk sampai bumbu tercampur dengan tahu.
Tambahkan kurang lebih 200 ml air matang.
Didihkan sampai bumbu meresap dan air menyusut (hampir habis).
Angkat dan hidangkan.

***

Seperti yang saya bilang di awal, tidak hanya tahu yang bisa dimasak pakai bumbu bali ini, lain-lainnya juga bisa. Bumbu juga relatif mirip lah ya. Kalau suka kencur ya silakan ditambahi kencur :D.

Selamat mencoba ya ;). Bolehlah sekali-sekali seharian enggak konsumsi protein hewani yang proses pengolahannya sebetulnya tidak mudah buat sistem cerna kita. Yuk yaaa, coba alternatif protein nabati yang satu ini … Resep Bumbu Bali pada tahu (y).