Resep MPASI Puree Zucchini

Apa sih anaknya sudah hampir 2 tahun kok ya masih posting Resep MPASI Puree Zucchini? Hahaha :p. Sampai sekarang ini sayur favoritnya si Boy3. Tapi dia mah kayaknya sama sayur lain juga doyan, sih :D.

Apa karena rasa Zucchini/Zukini ini memang segar dan kadang agak manis dikit gitu. Minimal tidak pahit lah.  Sayur Zukini ini sudah hits banget deh sejak masa MPASI anak pertama, back then di tahun 2008 – 2009.

Dulu belanja-belanja sayur buah anak bayi khusus ya booo. Favorit saya dan teman-teman kantor itu di “All Fresh” Mal Ambas. Lokasinya dekat dari kantor di Gatsu. Kalau siang-siang habis merah ASI, biasanya rame-rame ke sana belanja bareng ^_^.

Segala sayur “aneh-aneh” macam butternut squash, labu Jepang dan Zukini ini serta lain-lainnya juga lengkap di All Fresh. Kenapa gitu enggak ke supermarket biasa? Stok terbatas soalnya konon ini sayur impor semua.

Namanya juga buat anak yak. Jangankan makanan, bajunya aja kalau bisa kudu impor! Dih, padahal belinya baju bayi lusinan di ITC hahahaha :p.

Nah, anak ketiga ini lahir dan masa MPASInya di “negara bule”. Jadi segala sayur-sayuran itu komplit di swalayan standar. Etapi pas mudik tahun 2016 kemarin, zukini juga banyak banget tuh di Hypermart ^_^. Sudah jadi sayuran standar juga kok sekarang ya ;).

Tadinya saya mengira Zukini ini sama dengan Timun Jepang. Ternyata beda, lho. Timun Jepang ya seperti timun juga cuma lebih “kurus” dan warna kulitnya hijau tua. Jadi, jangan sampai salah, ya.

Ah ya, Zucchini sering terasa pahit kalau dipotong-potong begitu saja. Solusinya apa? Dikupas kulitnya? Eit, justru jangaaaaan. Kulitnya jangan diapa-apain. Ada zat gizi juga lho sebenarnya di kulit buah-buahan dan sayur-sayuran tertentu ;).

Untuk menghalau rasa pahit, mirip dengan cara menangani buah timun agar tidak pahit :D. Dipotong dulu sedikit ujungnya, lalu potongan itu digosok-gosokkan ke bagian sayur yang terpotong tadi. Jadi kayak diputus terus disambung lagi. Tapi pas nyambunginnya digosok-gosokkan sampai getahnya keluar.

Nah, konon getahnya ini yang bikin pahit. Harusnya sih kalau ditangani dengan cara seperti ini, zukini tidak akan terasa pahit sama sekali ;).

Resep MPASI Puree Zucchini

Bahan :
  • 1 buah Zucchini / Zukini.
  • Biar tidak pahit, sesuai dengan tips di atas, sebelum diiris-iris, potong/iris dulu ujungnya yang ada bagian batangnya itu. Lalu gosok-gosokkan pada bagian irisan di sayurnya. Sampai keluar getahnya. Baru deh diiris-iris sisanya sampai ujung.
  • ASI / Sufor / air putih matang untuk campuran saat dihaluskan via blender atau food processor. Ukurannya terserah tingkat kekentalan yang diinginkan.
Cara membuat :
  • Siapkan kukusan dan didihkan airnya
  • Kukus potongan Zukini sampai matang. Cara ngetesnya, tusuk dengan garpu. Kalau sudah empuk angkat saja. Jangan terlalu lembek.
  • Masukkan ke dalam food processor/blender bersama ASI / sufor / air putih matang
  • Giling sampai halus. Buat anak 6 bulan memang sebaiknya sampai halus banget biar tidak tersedak.
  • Selesai, deh ^_^. Makanan adek bayi gitu lhooooo, gampang lah yaow hihihi.

Sebenarnya sih Zukini tidak hanya cocok buat adek bayi. Kita-kita yang udah gede-gede ini juga boleh banget mengkonsumsi Zukini. Rasanya enak juga buat dibikin lalapan. Sekilas mirip timun tapi lebih keset :D.

Harganya juga tidak mahal-mahal amat. Walau dibanding sayuran lokal, harganya tidak bisa dibilang murah. Kita harus mengkonsumsi kombinasi sayur-sayuran sebanyak mungkin. Karena tiap jenis sayur mengandung jenis vitamin dan mineral berbeda-beda.

Kandungannya memang mikro tapi ingat lho, kekurangan zat vitamin dan mineral tertentu efeknya tidak mikro ;). Begitulah cara terbaik menyeimbangkan konsumsi makanan dalam tubuh. Pastikan asupan gizi dalam tubuh dengan makan jenis-jenis makanan sevariatif mungkin. Mencegah juga penumpukan zat tertentu dalam tubuh jika yang dimakan itu-itu saja ;).

Semoga resep MPASI Puree Zucchini -nya membantu ya buat si adek bayi. Dilatih makan sayur sejak kecil hehehe. Namun, jangan tunda pemberian protein ya dalam menu MPASI sejak pertama makan makanan padat. Banyak makan sayur bukan berarti menghindari protein tinggi dari daging hewan ;).

Salah satu contoh menu MPASI 6 bulan buat adek bayi bisa dilihat di sini :D.