Wisata Amerika : Wandering Arkansas (Day 1)

Wisata Amerika :D. Berangkat dari Texas menuju Arkansas di hari sabtu jam setengah 8 pagi. Penginnya sih jam 6 atau jam 7. Tapi begitulah kehidupan dengan adek bayi ya hihihi. Unpredictable :p.

Arkansas Flag

 

Anak-anak libur paskah dari sekolahan, jumat sambung sampai senin. Jadi long weekend banget. Makin cetar karena suami juga sukses dapat cuti hehehe. Di Ireland sih memang libur setiap Paskah. Sekolahan malah libur 2 minggu.

Tapi di US libur paskah seadanya saja :p. Itu juga yang libur anak sekolahan doang kalau di US. Kantor dan segala macam enggak libur sama sekali. Don’t worry, di US itu bukan cuma lebaran doang yang enggak libur, hari keagamaan lainnya juga enggak libur kok. Paling cuma Natal saja yang libur.

Kok enggak dari Jumat sih? Karena jumatnya dipakai buat mikir-mikir enaknya jalan-jalan ke mana hihihi. Pilihannya antara Oklahoma atau Arkansas. Dua-duanya dekat sih dari Texas. Akhirnya dipilih ke Arkansas, the natural state ;). Kangen sama yang ijo-ijo.

Arkansas terletak di sebelah timur laut Texas. Kota tinggal kami di Texas memang sudah mepet-mepet utara jadi ngincernya memang negara bagian di bagian atas (utara). Yang persis di utara Texas adalah Oklahoma. Geser dikit barulah Arkansas.

Wisata Amerika Arkansas
Gambar : photosofArkansas.com

Ke Arkansas juga dekat sih itungannya. Hanya 4 jam menyetir. Infrastruktur jalanan di US memang cakepnya edan! *sepuluhJempol*. Jalan tol super mulus menghubungkan hampir semua state.

Setidaknya kami sudah pernah melintasi Louisiana-Missisippi-Alabama sampai Florida bagian bawah, Miami! :D. Sejauh 2100 km enggak pernah ketemu jalanan bolong 1 cm sekali pun :D.

Sesuai julukannya, The Natural State, Arkansas punya pemandangan alam berbukit-bukit yang kece.

Nah, ini baru dua jam lalu nyampe rumah. Setelah makan, cuci piring (eh masukin ke dish washer doang deng hahaha), gelontorin isi koper ke mesin cuci :p, sekarang duduk manis depan laptop baru #eaaaaa mau buru-buru nulis biar enggak lupa ngapain aja long weekend kemarin ini hehe.

1- Mampir di Arkansas Visitor Center. Setiap memasuki negara bagian, umumnya ada Visitor Center yang sebaiknya dimampiri. Minimal bisa buat numpang pipis dan ngambil kopi gratis hahaha :p.

Mengobrol sebentar dengan penjaganya yang umumnya para lansia yang ramahnya super banget :). Comot-comot brosur, foto-foto depan tulisan “Arkansas” (turis abis hahaha), nemenin anak-anak yang selalu kesetanan saban ngeliat playground, goler-goler di playground setengah jam┬ábaru menggeret mereka pipis untuk kemudian digotong masuk mobil lagi.

Itu lumayan kerja keras kalau punya anak 3 dan … laki semua! Hahaha.

2- Nyetir lagi sekitar 2 jam menuju Lake Catherine State Park di Hot Springs. State Park ini gratisan punya. Ish, ketebak banget deh kebiasaan keluarga Gober yak :D. Tempatnya baguuuus untuk kegiatan outdoor.

Wisata Amerika Arkansas
Gambar : arkansasstateparks.com

Umumnya orang ke sini bawa RV dan menginap sambil mancing atau hiking dst. Kami sendiri sempat hiking menuju lokasi air terjun. Hikingnya seruuuuu sekitar 3 km dengan medan yang lumayan sulit tapi tergolong aman kok buat anak-anak.

Tiba di air terjun, anak-anak pasti nyemplung semua. Enggak bawa baju ganti pula. Tapi ya udahlah. Paling adek bayi yang celananya dicopot.

Asemnya pas dari air terjun kita nyoba jalan lain buat balik ke tempat parkir. Ealah, ternyata ada jalan pintas yang kurang dari 1 km dengan jalanan yang lebih mulus dan gak pake manjat bebatuan segala. Ya nasib, ya nasib hihihi.

Blessing in disguise ya ;). Asyik juga sih hiking sama para bocah jadi ngobrol macem-macem walau sempat stres karena mereka pecicilan kayak biasa padahal di tengah hutan gitu *ngelapKeringat*.

Sebelum mancing, kita makan siang dulu di area piknik di bawah pohon-pohon yang sebelahnya tentu saja ada playground jadi anak-anak makannya gak tenang. Makan siangnya bawa bekal dari rumah :D.

Di Lake Catherine ini juga disediakan rumah-rumah kecil buat menginap yang diistilahkan dengan “Natural Cabin”. Lupa biaya sewa per malamnya berapa. Lokasi kabin terpencar di beberapa bagian. Ada yang persis di samping danau.

Sempat muter-muter sambil ngerekam pakai GoPro dan suami jeprat jepret pake kamera, udah kayak sepasang wartawan dah hahaha.

Wisata Amerika Arkansas
Gambar : arkansasstateparks.com

Kami menghabiskan waktu di state park ini sekitar 4 jam totalnya. Tungguin videonya :D.

3- Dari state park langsung menuju Little Rock, ibukotanya Arkansas nih. Tadinya mau mampir di wisata Hot Spring tapi sudah capek euy. Sebelum ke hotel, nyari makan malam dulu. Di kota-kota besar di US sih optimis ya bisa nemu resto halal. Indeed, pilihannya tidak sedikit ;).

Kami lagi doyan dengan Gyro. Gyro ini makanan khas dari Yunani, semacam daging-dagingan yang disayat-sayat dan sudah berbumbu lalu dipanggang. Biasanya dimakan dengan roti pita atau bisa juga dengan nasi. Tahu penjual makanan “The Halal Guys” yang sempat hits di New York itu? Nah, Halal Guys ini jualannya ya masakan Gyro iniiiii :D.

Resto Gyro di Little Rock yang kami kunjungi namanya Layla’s Gyro and Pizzaria. Ternyata, masakan Gyro di sini berasal dari Timur Tengah. Kayaknya yang punya Orang Arab entah dari negara Arab yang mana.

Setelah dibungkus, balik ke mobil lagi, dan ke hotel untuk check in. Kami menginap di daerah North Little Rock. Nyampe hotel, mandi dulu baru makan rame-rame. Sempat nonton TV sambil ngobrol ke anak-anak nanyain kesan-kesan mereka untuk jalan-jalan hari itu. Abis itu, tidur pulas karena besok agendanya lebih padat lagi :D.

[bersambung]