Resep Ayam Panggang Paprika Mint

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint ini resep jadi-jadian abis gegayaan menerapkan resep-resep ayam panggang ala “bule” hahaha.

Mereka kan masaknya simpel-simpel gitu ya ^^.

Resep Ayam Panggang Paprika Mint

Kalau Resep Ayam Panggang ala-ala Indonesia agak berat soalnya kalau dimakan enggak pakai nasi :p. Ya kan, kan, kan? *ngelapIler*. Belum lagi bikinnya lebih gimana gitu alias ribet. Normal saja begitu matang bikin perut lapar membabi buta hahaha.

Nah, kalau lihat di tivi atau youtube kadang juga iseng baca-baca resep ayam panggang dari ranah “western world” kok kayaknya lebih praktis. Demikian juga dengan kebab-kebab Timur Tengah. Cuma tabur-tabur bumbu, didiamkan sebentar (marinade) selama setengah jam terus panggang. Voila! Kelar.

Makanya penasaran pengin nyoba juga.

Selain pertimbangan lebih ringkas, waktunya juga lebih hemat, rasanya pun mayan lah ya kalau nyobain makan di restoran Turki di kota sini. Ya di Ireland apalagi kota kecil agak jarang-jarang resto halal hehe. Kalau suntuk ya makannya di situ lagi, di situ lagi, hehehe.

Masakan model begini juga anggap saja lebih sehat, yes? ;). Penggunaan minyak minim tanpa digoreng pula. Palingan pakai percikan atau lumuran minyak zaitun tipis-tipis, sih. 

Semasa di Jeddah sebenarnya sering juga nyobain kebab-kebab ala Tim Teng. Mau Turki ada, khas Arab apalagi, ala-ala non Saudi juga macam-macam. Ya begitulah, di Jeddah serba murce dan segala terjangkau baik jarak biaya dan waktu, jadi malas mau bikin-bikin sendiri :p. 

Ternyata, bikin menu gini-ginian jauh lebih mudah ketimbang resep ayam panggang khas tanah air ;). Etapi ini asumsi saya ya. Saya memang enggak hobi masak sih? Lah ya terus kenapa bikin blog resep? Ya buat kenang-kenangaaaaaaaaaaan ^_^, plus ngejar SEO dan adsense! Hahaha :p.

Mumpung rajin masak, terus banyak aplikasi photo editor gratisan, enggak susah mau motret sendiri terus pasang di blog hihihi.

Balik ke topik Resep Ayam Panggang Paprika-Mint :D. 

Ini resep ala-ala saya saja ya. Karena saat itu lagi kelebihan bahan-bahan seperti paprika dan daun mint. Kalau orang bule sendiri sih, apa saja bisa dicemplungin. Daun Rosemary, daun basil dll, bisa dituangin semua.

Tapi karena bubuk Paprika yang dibawain suami dari Hungaria (mbok ya oleh-olehnya tas apa sepatu gitu lho Bang *nangis*) belum habis juga dan stok daun mint yang sudah dicincang juga masih banyak, jadi saya gunakan 2 bahan ini sebagai ingredient utama.

Hasilnya? Ya masa mau bilang masakan sendiri enggak enak sih? #eaaaaa :p.

Kenalan pertama kali dengan Daun Mint itu juga di Jeddah. Ternyata, ada ya beneran dalam bentuk daun dan rasanya benar-benar aroma mint. Norak lu! Embeeeer :p.

Jadi ingat pas naik haji, teman satu tenda ada yang kena flu. Terus saya dimintai tolong untuk mengambil daun mint yang dititipkan dari suaminya. Tenda laki dan perempuan kan dipisah. 

Setelah mengambilkan, si mbak-nya (asal Mesir) juga memberikan sedikit daunnya buat saya. Segar katanya kalau diminum pakai teh :). 

Engga ada pahit-pahitnya sama sekali. Seger beneran lho ^_^. 

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint

Bahan :

  • 300 gr ayam fillet, potong seukuran yang diinginkan, cuci bersih
  • Jeruk nipis perasan
  • Garam secukupnya 
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt bubuk paprika merah
  • 1-2 sdt daun mint, sesuai selera saja.  dalam bentuk setengah bubuk sudah dicincang halus). Di sini ada yang jual dalam bentuk botolan.
  • 1 sdm minyak zaitun 
 

Cara Membuat : 

  • Lumuri ayam dengan jeruk nipis perasa + garam + merica + bubuk bawang putih. Aduk rata. Diamkan  minimal setengah jam sampai bumbu meresap.
  • Panaskan oven di suhu 180-200 dercel celcius.
  • Taruh potongan ayam dalam loyang datar. Saya lapisi dengan aluminium foil.
  • Beri taburan paprika merah dan daun mint serta minyak zaitun, aduk rata. Bintik-bintik gelapnya (hijau tua) dari daun mint. 
  • Setelah oven panas, masukkan loyang. Panggang sekitar 7-10 menit. 
  • Keluarkan sebentar lalu balik ayamnya. Masukkan lagi. Panggang lagi sekitar 5-8 menit. 
  • Beres deh. Segera hidangkan dengan potongan sayuran segar. 

Buat yang Food Combining, ingat-ingat lagi yaaaaa, kombinasi protein hewani dan karbohidrat itu BUKAN kombinasi serasi ;). Jadi Resep Ayam Panggang Paprika-Mint ini seharusnya disantap dengan segabruk-gabruk sayuran segar hehehe.

 

Tapi jangan terlalu lebai mengkonsumsi protein hewaninya. Protein hewani merupakan salah satu jenis makanan yang sangat memberatkan sistem pencernaan. Untuk protein hewani, ikan adalah pilihan yang paling pas.

Takut kekurangan protein? Protein juga terdapat di protein nabati seperti tahu dan tempe ;). Tidak sedikit pula jenis sayuran yang juga mengandung protein. Walau tidak setinggi kadar protein hewani. Sayangnya, protein hewani ini sisi negatifnya tidak sedikit untuk sistem cerna kita.

Lagian kita jelas bukan carnivora kaaaaaaan :D. 

Btw, dari resep ini, hasil akhir terlihat daging ayam berbintik gelap kemerah-merahan. Rasanya sih sama sekali tidak pedas soalnya menggunakan bubuk paprika doang :D. Kalau pakai bubuk cabe, bisa pingsan duluan anak saya yang nomor 2 hahahaha :p.

Selamat mencoba ;).