Download Musik Latar Vlog dari Youtube Audio Library

Sekadar info nih buat download free background music for video editing. Buat yang ingin me-monetize video-video yang diupload via Youtube, hati-hati dengan musik latar yang digunakan dalam video. Kalau kena pelanggaran hak cipta, iklan buat video bisa dibatalkan. Solusinya mah gampang, download musik latar vlog dari youtube audio library ;).

Kadang memang inginnya pakai musik yang sudah dikenal luas gitu, ya. Jadi kita sering mengambil tune dari lagu-lagu komersil. Nah, yang begini ini yang biasanya kena pelanggaran hak cipta dan Youtube berhak ‘menolak’ video untuk di-duit-in via adsense :p.

download musik latar vlog dari youtube
Gambar : pixabay.com

Jangan khawatir sih. Banyaaaaaaak banget pilihan musik untuk latar video atau vlog yang bisa didownload gratis dari Youtube. Coba masuk ke Audio Library Youtube di sini. Nanti keluar daftar lagu yang bisa dipilih.

Filter untuk melakukan search juga komplit. Bisa berdasarkan jenis musik (pop, rock, country & folk, dsb), atau berdasarkan mood (happy, bright, sad, dsb), atau berdasarkan kontributor, dan filtering lainnya. Bisa juga kombinasi dari beberapa atau semua pilihan.

 

Manfaatkan juga kolom search untuk mencari tema yang diinginkan. Misalnya saya pernah mencari lagu-lagu tema arab, ketik saja “arabian” nanti keluar deh musik latar yang dianggap cocok. Kombinasikan dengan filtering lain juga bisa. Misalnya pengin lagu-lagu tema Middle East yang pop dan sad. Duile, menye bener hihihi :p.

Musik latar yang ada juga bisa berupa instrumen saja. Mayoritas sih begini. Tapi ada juga yang pakai suara vokal. Tergantung kebutuhan aja ya.

Tema-tema country & folk yang paling sering saya gunakan dalam vlog traveling saya. Apalagi video-video Irlandia, ya, hehehe. Pas banget deh tuh ;).

 

Ada beberapa musik latar yang bisa dipakai begitu saja tanpa perlu menyebutkan kontribusi apa pun dalam deskripsi video. Tapi hati-hati ya, ada juga beberapa musik yang meminta kita menyebutkan kontribusi dalam deskripsi video. Keterangannya ada kok dalam tiap musik yang ingin kita pilih. Nanti ada keterangan apakah musiknya boleh di-insert begitu saja atau ada link serta keterangan yang harus kita sertakan dalam deskripsi video.

Musiknya macam-macam dan bagus-bagus juga sih. Lumayan lengkap. Kita enggak perlu pakai musik yang sama berkali-kali karena pilihannya banyak bangeeeetttt ^_^.

 

Oh ya, jangan lupa kalau vlog atau video juga bisa pakai suara narasi. Jadi ada 2 gitu musik latarnya. Suara narasinya ya pakai suara kita sendiri aja sih hihihihi. Ini tutorial merekam suara yang menggunakan aplikasi bawaan Windows. Simpel gak repot download hehehe.

Biar suara musiknya enggak tabrakan, bisa diatur misalnya, kalau narasi lagi muncul, musik latar dibuat lebih pelan. Kalau tanpa narasi, musik latar bisa disetel agak kencang dan seterusnya. Ini bisa diatur settingnya dalam berbagai aplikasi kok. Kayaknya setting standar lah ini. Ada di Windows Movie Maker juga. Di GoPro Studio juga ada.

Jadi, bala bantuan gratisan terkait urusan per vlog an ini lumayan komplit di dunia maya. Serba gratis pula. Pokoknya tinggal kerja, kerja, kerja hahahaha :p.

Tuh, musik saja tinggal dipilih-dipilih-dipilih terus di download. Beres deh. Seriusan, pilihannya enggak standar-standar amat dan buanyaaaaakkkk gak kira-kira ;). Insert musik ke dalam video juga cuma gitu-gitu doang :P.

Kalau bikin video-video singkat, sekitar 30-40 detik, pakai suara latar doang tanpa narasi pun rasanya sudah cukup ya ^_^

Tutorial dasar bikin vlog udah. Rekam suara udah. Nyari-nyari musik gratisan udah. Tinggal kreativitas bikin videonya aja nih sama teknik-teknik mengedit yang juga sudah banyak tutorialnya. Baik versi blog maupun youtube. Again, tinggal masalah niat saja :p. Hayuk, kerja – kerja – kerja #keluarinCambuk hahaha :p.

Semoga membantu yaaaaaa 😉