Membeli Pashmina Grosiran di Bab Shareef Jeddah Arab Saudi

Tempat belanja di Jeddah Arab Saudi ini favorit banget di kalangan ibu-ibu teman saya di masa saya tinggal di sana. Entah sekarang mereka masih pada doyan ke sana apa enggak.

Saya sendiri rada males diajak ke sana waktu dulu-dulu karena kan harus nenteng-nenteng bayi hehe. Waktu di Jeddah anak kedua saya baru lahir. Tapi demi berburu oleh – oleh yang murah meriah 😛 menjelang mudik ke Indonesia, jadilah nekad H-1 sebelum lepas landas dari Jeddah, saya akhirnya menjejakkan kaki di Bab Shareef ini.

Bab Shareef, gambar : travbuddy.com

Para perempuan janganlah berani-berani dateng ke tempat belanja ini sendirian. Semua penjual di sini beserta tukang jaga toko nya laki-laki semua booo. Mending kayak saya kemarin ke sananya berempat plus para krucils.

Tempatnya sendiri sih lumayan kok. Banyak yang bilang ini versi Tanah Abangnya Jakarta. Tapi tempatnya sih enggak seramai Tanah Abang dan tempatnya lebih terbuka. Adem-adem banget sih enggak, cuma jauh lebih asik lah cuacanya. Sepanas-panasnya Jeddah, enggak pernah ada cerita bermandikan keringat la yaow :p.

Pasar satu ini belum setenar Commercial Corniche Center dan sekitarnya sih emang. Tempatnya juga agak jauh dari pusat perbelanjaan yang dikenal orang-orang sebagai Balad. Daaaannn, saya salah ya booo, dulu saya kira kalo ke sini agak susah ketemu penjual yang bisa bahasa Indonesia. Ternyata banyak yang bisa!

Malah mereka rata-rata susah tuh pake bahasa Inggris. Tapi ada juga yang bahasa Indonesianya ala kadarnya. Untung kemaren pas ke sana, salah satu rombongan sirkus ada yang gape bahasa Arab (thanks yah Mba Ira ^_^).

(Note : sr = saudi riyal, 1 sr = kira-kira 2300 rupiah, kurs tahun 2011 nih :D).

Pashmina nya kebanyakan “made in india” atau “made in china”. Yang India punya ini yang harganya miring gag kira-kira hehehe. Dulu, satu lusinnya rata-rata 60 – 200 sr saja. Modelnya lucu-lucu deh. Bentuknya kan seragam lah persegi panjang gitu dengan ukuran yang beda-beda.

Misalnya yang motif garis-garis, per lusin 70 sr. Contoh nya bisa dilihat di bawah. Si banci tampil kesempatan banget yaaaaa hahaha. Ya biar kelihatan kalau dipakai tuh caem loh ;).

Tapi yang India punya ini luntur sih :(. Yaaaa, sesuai lah ama harganya :p. Jangan sampe dibarengin masuk mesin cuci ntar meleber kemana-mana.

Nah, yang sebelah ini agak mahal punya (merah). Bahan brokat gitu. Selusinnya 100 sr. Bahannya enak banget, gampang diatur dan bisa dimodelin macem-macem. Satu lusin ada 12 warna yang berbeda. Tetep kan lebih murah dari Indo punya ;). Satu buahnya kan jadinya sekitar 20 rb sajah :D.

Ini favorit saya. Enggak perlu pake peniti. Tinggal lilit-lilit doang.

Btw, penjual-penjual disini jangan harap kayak di Indonesia yah. Mereka cuek banget. Malah ada yang kalau kita masuk ke tokonya, dieeem aja di pojokan. Ditanya-tanyain jawabnya males-malesan. Hampir enggak ada yang namanya tawar-menawar. Harga pas saja. Jadi kalo kita enggak jadi beli, ya si penjual cuek saja dan jangan harap dikejar-kejar yeeeee :p.


Nah, yang ini satu lusinnya 80 sr saja. Bahan kaos pake rimpel-rimpel gitu. Caem yah *uwel-uwel pipi mba Ani hihihihi*. Satu lusin ada 12 warna berbeda juga.

Pashmina-pashmina ini dijual dalam bentuk satuan juga di segala toko berlabel X murah, tapi per satuannya dijual 10 sr. Kalo buat oleh-oleh sih mending ke Bab Shareef kan, bisa beli beberapa lusin sekaligus buat orang sekampung :D.

Yang ini bahan kaos. Adem banget. Selusin cuma 70 sr juga. Bahannya elastis jadi bisa banget buat dipake model turban yang banyak tutorialnya tuh di youtube :D.

Model jilbab kayak gini kurang cocok buat emak-emak ber-bayi yang bayinya doyan tarik sana sini :P. Jadi saya ber turban ria hanya untuk contoh doang :p. Dan pas ada ajang foto-foto aja (Situ model? Hahaha).

O ya, di Bab Shareef jarang ada yang jual satuan. Belinya mesti lusinan. Tapi kadang ada yang berbaik hati mau jual setengah lusin. Tapi kan pashmina kepake banget yah di Jeddah, jadi bisa lah bagi-bagi ato tuker-tukeran ama temen.

Yang ini juga model kaos. Tapi cuma 65 sr per lusin. Bahannya tipis, adem, dan elastis. Enaknya kalo pake bahan ini, jilbabnya enggak merosot gitu, jadi ‘kokoh’ lah  atau apa ya istilahnya, pokoknya bisa bertahan lama biarpun si dedek bayi sibuk isengin jilbab emaknya :P.

Bisa dipake tanpa daleman dan tanpa bantuan peniti sama sekali looohhhh ^_^.

Selain pashmina, di bab shareef juga banyak banget sajadah dan lain-lain. Ada yang buatan india atau cina yang murah meriah. Ada pula yang kualitasnya agak bagusan misalnya buatan Syria atau Maroko. Cuma ya gitu belinya lusinan.

Yang motif kotak-kotak di sebelah harganya juga 70 sr per lusin. Bahannya lebih tipis dan agak licin, ukurannya juga lebih kecil jadi agak susah mau dipake jadi turban. Model lilit-lilit aja kali ya kayak yang diperagakan model di sebelah #eaaaa :p.

Di tiap lusin ada 6 motif berbeda, satu motif dapet 2 buah jadinya.

Sebenernya banyaaaak banget jenis-jenis pashmina. Dari tadi kog enggak ada yang di atas 100 sr per lusin sih? Kelihatan yeee yang nulis enggak pernah beli yang mahal-mahal :D.

Ada sih yang bahannya oke, sekitar 180 sr per lusin, saya punya 1. Dikasih oleh salah satu teman yang baik hati dan tidak sombong (peluk mba Ira :D). Sayang, tak ada bukti foto.

Nah, jadi oleh-oleh dari Jeddah tidak harus sajadah, kurma, boneka Unta saja dong ya. Pashmina kan lagi musim tuh, bisa dipake model macem-macem, dan bertebaran tutorialnya di youtube.

Buat yang hajian atau umrah, pashmina bisa jadi alternatif oleh-oleh juga kan? Jadi, bilangin ke travel nya minta anterin ke Bab Shareef yaaaa. Mari diborong pashminanya ^_^, boleh Kakaaaak …