Welcome to The Lone Star … Texas!

Yiiiihaaaa *benerinTopiKoboi*

“Howdy”, sapaan khas ala wilayah selatan Amerika Serikat ini sudah mulai kedengeran sejak turun dari pesawat via Bandara di Fort Worth.

Ya nasib, bela-belain gak jajan di Bandara JKF-NY karena yakin banget dapat makanan di pesawat. Ternyata di pesawat dikasih kacang doang *nangis*. Sampai susah tidur menahan lapar hahaha.

Dari bandara, masih harus geret koper ke luar, naik bus menuju Rental Car Center. Di Texas enggak bisa hidup lo kalau gak punya mobil sendiri . Amerika Serikat, secara umum, memang sangat bertolak belakang dalam urusan angkutan umum dengan Eropa.

Gambar : herb.co

Gambar : herb.co

Keluar dari parkiran, disapa dengan ramah oleh petugas di sana dengan aksen Texas yang khas. Suka nonton SpongeBob? Aksen Texas iu persis seperti karakter Sandy Cheeks :D. Beda banget sama New York yang dingin dan cuek . Pendatang kok baper hahaha.

Welcome to Texas!

Langsung menganga melihat fasilitas infrastruktur jalanan yang jalan layangnya bisa 10 layer kali ya. Di Ireland mah banyak jalan-jalan mungil yang kiri kanannya padang rumput hijau royo-royo. And it makes me love Europe even more .

#teamEuropeGarisKeras .

Fore Abbey - Ireland <3

Fore Abbey – Ireland <3

Karena terbiasa dengan etika menyetir yang super sopan ala Yurop, mau copot jantung saya pas di highway, dengan kecepatan tinggi, mobil-mobil salip menyalip baik dari kini dan kanan jalan. Berasa balik Arab Saudi lagi gak sih? Hahahha.

Mas dan embak, itu jalanannya lebar-lebar sudah sebanyak itu mau buru-buru ke mana ciiiiiihhhhh? Jangan salah, segini banyak jalanan melayang-layang, macet masih menjadi ciri khas Dallas dan sekitarnya di jam-jam sibuk saat weekdays *sayWhat*.

Texas, negara bagian di Amerika Serikat yang serba nomor 2 ๐Ÿ˜€. Ekonomi terbesar ke-2, penduduk paling banyak peringkat 2, dan luas wilayahnya juga nomor 2. California adalah negara bagian yang paling makmur secara ekonomi dan terbanyak penduduknya. Negara bagian terluas adalah Alaska.

Iklimnya cukup unik. Februari begini kan biasana masih menggigil tuh kalau di Irlandia, di sini sudah mencapai rata-rata 20 dercel. Bedanya kalau pagi-pagi tuh dingiiiiiiinnn, di bawah 10 dercel. Jelang siang berangsur naik suhunya. Kebayang gak musim panasnya kayak apa.

Konon, bisa mencapai 40 dercel. Wow 40? Bakal tahan gak tuh? Ho ho ho, kite pan alumni gurun jugak . Di Arab Saudi pernah mencapai lebih dari 50 dercel, lho .

texas map

Sebelum bergabung dengan The Union, Texas lebih dahulu melepaskan diri dari Mexico dan resmi menjadi Republik Texas di tahun 1836. Hampir berbarengan dengan kemerdekaan Mexico dari Kerajaan Spanyol. Mexico terinspirasi oleh United States yang sukses melepaskan diri dari Kerajaan Inggris.

Resmi join Union, Union pun berantem dengan Mexico terkait wilayah perbatasan di Texas. Perang pun pecah. Hasil akhirnya, Union malah sukses merebut wilayah California dan New Mexico dengan membayar sejumlah uang kepada Mexico.

Texas, salah satu negara bagian US yang berbatasan darat secara langsung dengan Mexico di sebelah selatan. Di sebelah utaranya ada Oklahoma. Sebelah timur ada Arkansas dan Louisiana. Sebelah barat ada New Mexico.

Etnis Hispanik yang juga mayoritas di Mexico berjumlah sekitar 37% dari total penduduk Texas. Orang bulenya mah hanya 45% saja. Hampir 12% adalah ras Afrika/berkulit hitam. Sisanya etnis Asia dan lain sebagainya.

Texas memperoleh banyak kemajuan secara ekonomi sejak booming perminyakan dan industri-industri lainnya. Amerika Serikat memang punya cadangan minyak lumayan lho makanya di sini bensin jauh lebih murah ketimbang di Ireland .

Masalahnya, penduduknya segabruk-gabruk makanya ekspor tidak terlalu banyak. Bedakan dengan Saudi, yang penduduknya hanya sekitar sepersepuluh daripada US. Saudi banyak mengekspor karena supply jauh melampaui jumlah penduduk. Jadi bukan karena konspirasi kok yaaaaaaa .

Saat krisis melanda US di tahun 2007-2009 pun, Texas termasuk yang mampu bertahan .

Ada banyaaaaaakkk sekali kota-kota di Texas. Lima yang terbanyak penduduknya adalah : Houston, San Antonio, Dallas, Austin dan Forth Worth. Tebak yang mana ibukota Texas? . Bukan Houston bukan Dallas tapi … Austin .

Yup, setiap negara bagian di US memiliki ibukota masing-masing lengkap dengan benderanya bahkan aturan pajaknya pun beda-beda . Sementara Amerika Serikat -nya sendiri beribukota di Washington DC.

Jangan salah, Washington juga menjadi salah satu negara bagian di sebelah utara pantai barat US. Bedakan antara negara bagian Washington vs si ibukota Washington DC di belahan timur.

Bendera memiliki tiga warna : biru merah, dan putih. Dengan gambar bintang tunggal berwarna putih di sebelah kiri bendera yang backgroundnya berwarna biru. Karena inilah, bendera Texas juga dikenal dengan istilah “The Lone Star”. Ini ada hubungannya dengan The Lone Ranger gak sih? Hihihi.

texas lone star

Walau ekonominya termasuk “dahsyat”, biaya hidup di Texas relatif lebih murah ketimbang negara bagian lain. Pajak lokalnya juga lebih kecil. Tapi tetap sih harga-harga barang tidak seasoy di ALDI hahaha.

Eh, ada ALDI lhooooo di Texas *sujudSyukur*.

Tapi ALDI nya sepi banget hehehe. Ya iyalah, toko Eropa walau harga tergolong paling murah, barangnya dikit dan kantong plastiknya harus beli hahaha. Masukin barang saja sendiri. Kalau Walmart tuh, sudahlah bukanya 24 jam, plastik segabruk-gabruk gratis pula ๐Ÿ˜›, masukin barangnya pun oleh petugas.

Tinggal berdiri cantik nungguin barang dihitung dan terima beres dalam kantong plastik . Sama kayak di Jakarta dan di Jeddah .

Pendapatan perkapita Ireland dan US tidak terlalu jauh beda. Tapi Ireland penduduk cuma 5 jeti, sementara US di atas 300 juta orang hahaha . Perbedaan utamanya lagi adalah di kesenjangan penghasilan .

Yes, US menganut sistem ekonomi super liberal hahaha. Man-hour pekerjaan kerah biru jaraknya sangat jauh dengan pekerjaan formal gitu-gitulah. Karena itulah, jajan di rumah makan di US tuh enggak mahal . Kalau di Eropa, duuuuhh, jajan seminggu sekali aja udah syukur ya *curhatKak?* .

Makanya toko-toko tertentu bisa buka sampai 24 jam. Di Eropa barat, kebanyakan toko malah tutup full kalau hari Minggu hihihi. Kenapa? Enggak kuat bayar gaji karyawannya hahaha.

Kemarin main ke Dallas to see the other side of this “American Dream”. Banyak homeless . Sesuatu yang cukup jarang di banyak negara-negara maju di wilayah Eropa. Ada juga sih yang rawan homeless macam di Paris. Tapi di Swiss kayaknya jarang banget lihat pengemis gitu-gituan.

Gambar ; cnn.com

Gambar ; cnn.com

Orang berada dan orang pas-pasan hidupnya enggak nyampur di US . Makanya di wilayah tertentu kesannya orang kaya semua. Di wilayah lain sampai-sampai fasilitas umumnya bau pesing luar biasa .

Pas jalan-jalan di City Center Dallas, takjub melihat banyaknya gedung-gedung tinggi (minimal 50 lantai kali ya) khas kota-kota besar di US yang sering lihat di pilem-pilem hehehe. Tapi kemudian melewati wilayah yang banyak pengemis nongkrong bareng. It really breaks my heart .

Tapi kemudian diceramahi suami bahwa sebenarnya sistem “super liberal” ala Amerika Serikat ini juga ada sisi positifnya. Di mana tulisan ini sudah terlalu panjang kalau harus bahas itu ya hahahaha. Nanti di tulisan terpisah .

Seleb-seleb dunia dari berbagai bidang juga banyak yang berasal dari Texas. Sebut saja 4 presiden US yang base-nya dari Texas, George Bush senior dan junior, Eissenhower, dan Lyndon B Johnson.

Penyanyi terkenal Beyonce yang sudah menerima belasan penghargaan dari Grammy Awards juga kelahiran Houston .

Tapi kelebihan Texas itu adalah urusan sekolahan anak. Sekolahnya keren Cyin dibanding sekolah-sekolah di Eropa pada umumnya, ya. Bangunannya gede-gede dengan fasilitas jempolan. Bus antar jemput gratis pulang pergi. Uang sekolah gratis sampai ke buku-bukunya dan segala macam.

Sistem pendidikannya sudah hi-tech banget. Beda lah sama Irlandia hahahaha. Walau sama-sama gratis .

Belajarnya santai tapi najis deh ujiannya susah benerrrrr hahaha . Kok bisa gitu ya *garukIdung*.

Perpustakaan umumnya juga luar biasa banget dah . Ini padahal kota tinggal saya kan kota imut-imut gitu bukan kota besar bukan kota menengah . Maksimal buku yang bisa dipinjam konon 100 buah. Itu becanda apa gimana ya embak petugasnya di sana hehehe.

Pelayanan di perpustakaan umum tadi juga sudah mengandalkan teknologi banget. Petugas hanya untuk bantuin rapi-rapiin buku. Proses peminjaman dan pengembalian buku hanya mengandalkan sebuah mesin khusus oleh masing-masing peminjam.

Norak deh gue hahhahaha. Bahkan depan perpus pun kemarin ribut mau foto-fotoooo ย .

Segitu dulu ya, hasil kepo-kepo tinggal di sini selama 24 hari terakhir ini. Detail menyusul. Juga nantikan selanjutnya vlog-vlog dari Texas . Jangan lupa subsribe dong di youtube channel saya dan like fanpage Facebook saya di The Davincka Code#pepetTerooooos hahaha.

Ini vlog terbaru saya di Youtube ;).

***