Jalan-jalan ke City Center Luzern Swiss

Selamat datang di Kota Luzern, disebut juga Lucerne. Luzern, salah satu kota turis utama di Negara Swiss.

Danau Luzern

Umumnya turis datang ke kota ini untuk ketemu salju di Mount Titlis. Tapi saya mah orangnya takut sama salju . Dulu padahal nafsu bener pengin lihat salju . Udahlah, salju emang serunya kalau dilihat di tipi doang hahaha.

City centernya yang sebagian didominasi wilayah kota tua juga seru kok buat jalan-jalan. Gratis pulak #eh hahaha . Mau skip langsung ke vlog nya juga boleh kok *uhuk*.

Swiss ini negara impian banget ya untuk bermukim . The best country I’ve ever been in. Sayang dulu cuma 2 bulan doang nemplok di sana . Suami saya memang pekerjaannya banyak traveling. Sekali traveling bisa sampai 3 bulan.

Saya jarang ikut sih. Nah pas ke Swiss ini karena lagi hamil muda jadi dibawa serta bareng anak-anak. Ya sekalian jalan-jalan juga sih hihihi. Swiss gitu lho, dekat juga kan dari Irlandia :D. Tapi  kalau assignment misalnya ke Chile atau China tempo hari saya enggak ikut. Anak-anak gimana keseringan bolos.

jajaran bus turis

Nah sekarang ini domisili sedang di Texas karena ada assignment jugak. Sekalian nerangin yaaa biar kesannya enggak pindah kerja mulu :p. Di Texas sekolah gratis dan kayaknya anak-anak gampang beradaptasi karena sama-sama berbahasa Inggris. Assignmentnya pun kemungkinan minimal 6 bulan.

Lumayan juga kan buat anak-anak mengenal banyak kesempatan bermukim di tempat lain :). Sekalian…jalan-jalan tentunya! Teuteeeeuuuppp hahahaha.

Eh, ini lagi ngomongin Swiss kok malah nyasar ke Texas. Back to the topic.

dari atas katedral pemandangan

Kelemahan Swiss adalah…mahalnya ampooooonnnn hihihi .

Tapi banyak juga spot-spot bagus yang bisa dinikmati gratisan . Termasuk di Luzern ini nih.

Kemarin pas ke Luzern juga sempat ketemu teman yang dulu bareng-bareng di Jeddah. Mereka sekeluarga masih di Jeddah. Gaya banget dah reuninya di Swiss .

foto rame2

Kegiatan jalan-jalan kami di Luzern kemarin diawali dengan Tur Kapal di Danau Luzern. Nah, yang ini bagian muter-muter di City Centernya.

Beberapa tempat yang perlu didatangi di City Center Luzern itu :

1.- Chapel Bridge

Teman kami dari Jeddah, Mbak Ani dan keluarganya. Kami janjian di sekitaran CHapel Bridge ini. Mereka menginapnya memang di tepian sungai dekat area sana.

Chapel Bridge, jembatan beratap kayu yang keunikannya menjadi ciri khas Kota Luzern ini, terbentang secara diagonal di atas permukaan Danau Luzern. Ada lebih dari 100 lukisan dari abad ke-17 dipamerkan di sepanjang badan jembatan yang menunjukkan aktivitas kota Luzern di masa tersebut.

Dari ujung ke ujung, butuh waktu sekitar setengah jam menyusurinya. Itu sambil lihat-lihat + ngobrol ketawa-ketawa dan mampir di toko suvenir yang juga buka lapak di beberapa sudut di sepanjang jalan menyusuri jembatan.

Penting banget foto-foto di Chapel Bridge ini kalau ke Luzern . Salah satu landmark kota Luzern. Biasa lah ya, sekalian bukti kalau udah ke Luzern hihihi.

The Chapel Bridge - Luzern

The Chapel Bridge – Luzern

2. – Hofkirche

Geser dikit, kita memasuki wilayah kota tua. Bisa mampir ke Hofkirche ini.

Menara kembar, khas bangunan gereja dari masa Renaissance. Kami masuk ke dalam, melihat-lihat peninggalan bangunan masa lalu yang masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Bukan arsitek sih, jadi cuma lihat-lihat saja tapi enggak paham nama dan jenis bangunan segala macamnya . Tapi takjub ya bagaimana bangunan yang usianya sudah ratusan abad tapi masih tegak berdiri hingga kini :).

Jalan-jalan ke City Center Luzern Katedral Hofkirche

Hofkirche Luzern

2. Lion Monument

Ukiran seekor singa dalam keadaan sekarat, yang terpahat di dinding batu ini merupakan monumen dari masa Revolusi Perancis. Untuk mengenang meninggalnya ratusan serdadu yang membela Raja Louis ke-16 dalam sebuah serangan.

Singa mungkin melambangkan keberanian ya makanya dijadikan simbol perlawanan.

Pas jalan-jalan ke sini ketemu dengan rombongan turis Tionghoa gitu. Ada beberapa bus. Walah, makin keren aja nih Sang Negeri Naga. Mainnya udah sampai Swiss hihhi. Di banyak tempat wisata di Swiss, dominasi mereka sangat terasa lho :).

Bentar lagi, turis Indonesia nyusul. Aamiin :D.

patung singa

3. Town Walls

Dinding kota ini dibangun di sebelah utara wilayah Kota Tua, Luzern. Ada 9 menara dengan bentuk berbeda-beda melengkapi bangunan dinding peninggalan abad ke-14 ini.

Di atasnya juga ada semacam jam unik begitu. Lengkap dengan keterangan segala macam. Sayangnya, saya enggak ikut naik ke atas. Maklum status masih bumil waktu itu. Masa-masa manjaaaaahhhh :p.

Hanya suami dan anak sulung plus anak kedua yang naik ke atas dan muter-muter di sana. Dalam vlog bisa lihat jelas ya tempatnya dari berbagai sudut.

Pemandangan dari atas menara :)

Pemandangan dari atas menara 🙂

5. Melihat-lihat bangunan klasik di Kota Tua Luzern

Ini sih ada di beberapa tempat. Langsung saja ya penampakannya lewat foto hehehe :

old swiss house

Swiss memang luar biasa deh urusan pemandangan alam. Kontur permukaan tanah yang berbukit-bukit memang bikin capek kalau dijalani tapi sekaligus menjadi kelebihan dari negara ini. Karena pemandangan bukit-bukitnya jadi kelihatan lebih jelas terutama kalau kita lagi di atas kereta antar kota.

Keren banget. Bisa lihat pepohonan di kejauhan, susunan rumah, gunung es maupun perbukitan hijau dan padang rumputnya. Cakeeeeepppp. Ya Allah, pengin ke sana lagi. Semoga bisa ngulang lagi ke sana hehehe. Aamiin <3.