Resep Terong Balado tanpa digoreng

Resep Terong diCabein (Terong Balado) Tanpa Digoreng

Resep Terong dicabein alias Terong Balado (Tanpa Digoreng nih ceritanya) nunjukin betapa ribetnya kita untuk benar-benar move on dari bangsa goreng-gorengan hihi. Iya sih, terongnya enggak digoreng, tapi sambalnya tetap ditumis hihihi.

Bisa sih sambal katanya hanya direbus pakai air tanpa minyak. Tapi gimana gitu ya hahaha #belumIkhlas :p. 

 Resep Terong Balado tanpa digoreng

Tetap ngotot pengin makan yang pedes tapi tetap endes-endes, jadilah Terong Baladonya dimodifikasi dikit. Walau tetap judulnya terong dicabein, masih harus berurusan dengan minyak-minyak an :(.

Terong Balado ini idola saya dan suami. Ya kita berdua berdua memang hobi yang pedas-pedas. Mana-mana aja dibalado, deh, hahaha. Mulai dari telur, tempe, tahu, segala daging hewan, kacang-kacangan dan seterusnya :D.

Baca juga : Resep Tahu Balado

Atau variasi masakan yang dicabein juga bisa menggunakan bumbu bali yang khas aroma terasinya itu ;). Misalnya : Resep Ayam Suwir Bumbu Bali dan Resep Tahu Bumbu Bali :D.


Kebiasaan sehari-hari saya dan keluarga, termasuk anak-anak ;), adalah mengkonsumsi sayur dalam kondisi segar. Sayurnya hanya dicuci bersih dan dipotong-potong dan langsung cemplungin ke piring kemudian hap-hap-hap. Praktis, kan?

Lebih sehat tentunya ;).


Konsumsi sayuran dalam kondisi segar memungkinkan kita memperoleh manfaat gizi sayur seoptimal mungkin. Baik enzim, vitamin maupun mineralnya. Karena konon kalau sudah dipanaskan dalam suhu tertentu dalam waktu yang lama pula, banyak enzim dan zat gizi lainnya yang akan “hilang” :(. Sayang, euy ;).


Selain bisa optimal mendapatkan zat gizi terkandung, konsumsi sayuran dalam kondisi segar juga menghemat waktu  banget. Hemat tenaga, terus hemat listrik/gas dan ujung-ujungnya ya hemat duit lah yaow :p. Emak-emak mana suaranya hahaha :p.


Tapi ya balik lagi, untuk masakan terong nih, sudah terbiasa banget makan terong bareng sambelnya. Apalah arti hidup ini kalau harus makan terong tanpa dibalado? #eaaaa :p.


Ah ya, soal nama bulenya si terong ini. Ternyata, istilahnya bisa beda-beda juga, lho.

Di wilayah Eropa sini terong (yang biasanya berkulit ungu itu) dikenal dengan nama Aubergine. Sementara sebelumnya saya tahunya terong itu Eggplant :D.
Penampakan juga lumayan berbeda.


Di Irlandia sini, aubergine-nya semok-semok hehehe. Kalau di Indonesia kan memanjang dan langsing gitu ya. Gini kira-kira penampakan terong gendut itu hehe :

Resep terong dicabein
Gambar : whitmuirtheorganicplac.co.uk

Beda kan yaaaaaaa hehehe.

Untuk sambal baladonya ya terserah saja kalian terbiasanya pakai  bumbu apa. Yang dipake sehari-hari saja. Saya sendiri kadang pakai terasi kadang juga enggak.

 

Terong dicabein : Resep Terong Balado (Tanpa Digoreng)

Bahan :

  • 1 buah terong, potong-potong sesuai keinginan. Cuci bersih. 
  • 4-6 buah cabe merah besar. Di sini enggak ada cabe merah keriting. Sebenarnya enakan pakai cabe merah keriting kali, ya.
  • 1/2 butir bawang bombay. Biasanya sih bawang merah hehe. Tapi di sini adanya bombay. Enak juga ^_^.
  • 1 buah tomat, cincang kasar
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1/4 sdt terasi
  • Garam gula secukupnya
  • 1-2 sdm minyak goreng untuk menumis



Cara Membuat :

  • Rendam potongan terong dalam air garam maksimal 1 menit lah ya. Tiriskan.
  • Haluskan cabe merah + bawang bombay + terasi
  • Tumis bumbu halus sampai wangi
  • Masukkan tomat + air asam jawa. Aduk rata. 
  • Masukkan garam dan gula. Aduk lagi. Koreksi rata
  • Kalau rasanya sudah oke, masukkan potongan terong. 
  • Aduk-aduk potongan terong sampai bumbu tercampur merata.
  • Selesai deh, matikan kompor ;).


Kalau saya paling doyan makan terong baladonya dengan masakan tempe atau tahu plus nasi panas dong tentunya. Satu lagi, dengan beberapa sayuran segar tambahan. Kalau terong doang kurang aja gitu rasanya hehehe.

Sebaiknya memang mengkonsumsi beberapa jenis sayur berbeda tiap satu kali waktu makan :).

 



Biasanya ditambahkan sayuran segar lainnya seperti potongan timun + tomat :D. Etapi di fotonya si tomat belum sempat ditambahkan. Sesuai selera masing-masing saja, ya. Sayuran kan banyak ragamnya. Usahakan mengkonsumsi ragam jenis variasi sayuran di waktu makan berbeda-beda ;).

Resep Terong Balado tanpa digoreng terong dicabein


Buat yang ngikutin pola makan ala Food Combining, kalau terongnya mau dimakan pakai protein hewani (ikan, ayam, sapi dll), nasi putihnya digeser dulu yaaaaaaa :D.


Dalam pola makan Food Combining, sebaiknya tidak mencampur karbohidrat dengan protein hewani. 


Rasanya tetap enak kok. Lebih juicy malah kalau menurut saya. Kalau digoreng terongnya malah jadi letoy gitu gak sih? Udah gak jelas lagi apanya yang mau dimakan hehehe.


Daripada dibayang-bayangin, praktik-in sendiri aja si terong dicabein atau Resep Terong Balado Tanpa Digoreng -nya, yes? ;).