Resep MPASI Puree Buah Pir

Resep MPASI Puree Buah Pear dapat diberikan sejak adek bayi berusia 4-6 bulan. Di Irlandia sini, rekomendasi pemberian makanan padat dimulai di usia 6 bulan. Saya juga menggunakan standar yang sama sejak anak pertama.

Resep MPASI Puree Buah Pear



Ya enggak benar-benar 6 bulan sih. Seringnya 6 bulan kurang dikiiiiiit. Kurang seminggu lah ya rata-ratanya. 


Tapi tidak sedikit juga referensi yang membolehkan pemberian makanan padat pertama sejak usia 4 bulan. Silakan dikonsultasikan dengan dokter anak masing-masing ya :).


Hasil Puree Buah Pear -nya agak kecoklatan karena dihaluskan dengan kulitnya sekalian hehehe. Mayoritas buah-buahan memang sebaiknya dikonsumsi dengan kulitnya. Tapi memang tidak semuanya. Ya kali mau makan duren sama kulitnya hahaha :p.


Itu yang dalam mangkok agak lebih coklat tua karena pengaruh cahaya, ya. Warna aslinya sih lebih mirip dengan warna yang ada dalam wadah-wadah plasti yang ada tutupnya itu. Yang wadah plastik buat ditaruh dalam freezer buat nyetok :D.


Di awal pemberian, sebaiknya buah-buahan dikenalkan satu persatu dulu jangan langsung dicampur. Untuk mengetes alergi dsb. Ingat kan rule 3-hari untuk jenis makanan yang sama. Berlaku juga untuk MPASI tipe lain selain buah, yaitu sayur misalnya.


Baca juga : Resep MPASI Puree Zuchini 


Misalnya nih, kenalin dulu pear 3 hari terus apel 3 hari. Baru deh setelah dua-duanya cucok, hari-hari selanjutnya bisa digabung penyajiannya. 


Baca : Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip


Tapi apel dan pear seharusnya buah yang tergolong resiko alergi paling kecil. Makanya direkomendasikan untuk dikenalkan di awal pemberian makanan padat pada bayi.


Nah, ada sedikit kesalahan teknis pas pertama kali bikin Puree Buah Pear ini. Salah beli jenis pear hihihi. Belinya yang pear yang bentuknya agak bulat. Saya lupa nama tipenya. Tapi memang pear model begini rasanya agak asem.


Jadi deh adik bayi makannya sampai bergidik gitu hahaha. Acem ya Deeeeeek :p.


Selanjutnya ya selalu beli Pear yang namanya Conference Pear. Pear jenis ini dijamin maniiiiiissss … kayak mamanya adek bayi #eaaaa hahaha.


Ini lho penampakan si Conference Pear yang dimaksud :

Resep MPASI Puree Buah Pear

Di sini memang ada beberapa jenis pear. Bisa dbilang buah pear juga ada di sepanjang tahun. Mau musim apa juga buah pear selalu gampang ditemukan di swalayan dan toko buah ^_^. Termasuk si Conference Pear ini ;). 

Jangan terpengaruh dengan warna kulitnya yang kurang caem, ya. Cuci bersih saja, JANGAN dikupas. 

Okelah, ini dia Resep MPASI Puree Buah Pear

Resep MPASI Puree Buah Pear

Bahan :

  • 2-3 buah pear, tergantung mau bikin untuk berapa porsi. Porsinya pun disesuaikan dengan umur adek bayinya, ya :). Cuci bersih dan sekali lagi, kulitnya tidak perlu dikupas.
  • ASI/sufor/air putih matang untuk mengencerkan saat diblender
  • Sebaiknya pakai yang jenis Conference Pear yang rasanya benar-benar manis :).

Cara Membuat :

  • Potong-potong buah pear agar cepat matang saat dikukus. Ukuran dan bentuk terserah saja. Toh nanti juga  bakal diblender hehehe.
  • Tekstur pear kan sebenarnya sudah cukup lembut jadi tidak perlu lama-lama mengukusnya. Maksimal 3-4 menit saja.
  • Blender/haluskan pear yang sudah dikukus bersama ASI/sufor/air putih matang sampai lembut. Apalagi  buat yang baru belajar makan ya, takut keselek kalau masih ada yang gerindil-gerindil.
  • Jadi deh Puree Buah Pear -nya ;).
  • Hasilnya cukup untuk lebih dari sekali makan. Untuk konsumsi selanjutnya, taruh dalam wadah kecil-kecil (satu wadah untuk satu kali makan) dan simpan dalam freezer.

Jika ditaruh dalam freezer bisa tahan lebih dari sebulan. Sebaiknya sih kalau tidak darurat banget, bikinnya enggak usah buat setok sebulan lah ya hihihi. Kalau saya paling buat 2-3 x makan saja.

Buah termasuk yang dianjurkan untuk diperkenalkan pertama kali. Khususnya alpukat, apel dan pear karena resiko alerginya relatif rendah. Buah juga ramah terhadap pencernaan ampuh untuk mencegah sembelit untuk bayi yang baru berkenalan dengan makanan padat.

Untuk Resep MPASI Puree Buah Apel ya caranya sama juga kok dengan resep ini. Ganti saja pear nya dengan apel. 

Selain buah-buahan, oatmeal juga pilihan yang paling baik untuk kategori serealia untuk mencegah sembelit di awal.

Gampang banget kok ya bikin MPASI buat adek bayi hehe. Embak di rumah juga bisa diajarin kalau seandainya Mamah enggak sempat ;). 

Sila dicoba sendiri Resep MPASI Puree Buah Pear ini untuk bayi masing-masing. Ya masa bayi tetangga, yak? Hahahaha :p.