Buah Anggur Untuk Ibu Hamil Saat Hamil Muda, Amankah?

Buah anggur untuk ibu hamil muda : Hamil ketiga kemarin memang mengundang banyak curhatan dah hahaha. Termasuk kekonyolan soal konsumsi buah anggur saat hamil muda aman apa enggak ini -_-.

Saya bilang konyol karena waktu curcol ke suster di sini mereka malah bengong, “Masa sih? Buah anggur pemicu keguguran? Baru dengar tuh. Kamu ini kebanyakan internetan deh, ah.” Hahaha.

buah anggur untuk ibu hamil muda
Gambar : pixabay.com

Jadi begini, di postingan tentang keluar darah saat hamil muda (yang juga terjadi di kehamilan ketiga), saya cerita soal trimester pertama yang rada-rada drama. Padahal sudah hamil ketiga pun :p.

Seperti biasa, drama hamil muda bikin mabok dan susah makan. Akhirnya saya lebih sering makan buah-buahan. Cari yang segar-segar. Setelah dicoba-coba, akhirnya cocok sama semangka dan buah anggur.

Saya menyetok buah anggur yang sudah dicuci bersih di mangkok kecil dekat tempat tidur. Waktu  hamil muda memang banyak berkeliaran dalam kamar saja :D.

Kalau hamil muda kan sebaiknya memang perut jangan kosong. Perut kosong memicu mual-mual. Tapi susah banget kan mau ngisi perut huhu. Salah satu solusi ya makan sedikit demi sedikit.

Nah, tengah malam pun kalau kebetulan bangun, saya comot lagi anggurnya. Pagi-siang-malam gitu deh. Tapi diselingi juga dengan bubur, buah lainnya seperti pisang-semangka, juga roti-rotian. Ya gimana lagi, hanya itu yang ‘nyaman’ di perut.

Terus datanglah insiden perut mulas itu. Karena mulas agak lama dengan intensitas lumayan itulah akhirnya kontrol ke dokter di rumah sakit, dapat rujukan dari klinik terlebih dahulu.

Keluar darah saat hamil muda
Gambar : pixabay.com

Karena di sini ribet pas mulai mules-mules intensif enggak bisa ujug-ujug ke dokter. Harus telepon bidan dulu. Sempat tuh 2x curhat ke bidan. Ibu bidannya sih menenangkan. Tapi ya namanya juga lagi hamil  muda memang suka banyakan drama ya hahaha.

Sempat 2 hari nunggu-nunggu di rumah berharap membaik. Nah, sementara nunggu-nunggu itu asyik curhat di forum sambil ceki-ceki via Google.

Dari sini mulai banyak masukan macam-macam. Duh, padahal waktu anak ke-2 santai aja ya hihi. Ini kenapa anak ke-3 berasa balik anak pertama lagi hahaha.

Mulai deh curiga sama si buah anggur. Langsung berhenti makan anggur. Buat jaga-jaga gitu.

Masih khawatir, telepon bidan lagi dan disuruh ke klinik. Nah, dari klinik karena mungkin kelihatan agak panik jadilah dirujuk ke dokter.

Ini juga masih ribet. Dokter enggak ujug-ujug USG. Lamaaaa baru ada appointment USG buat mastiin.

Nah, pas USG inilah, ngobrol dengan embak-embak yang USG saya hehehe. Tentunya setelah diyakinkan bahwa adek bayi dalam perut ternyata tidak apa-apa ;). Emaknya aja yang lebay :p. Nanya-nanya deh soal konsumsi buah anggur untuk ibu hamil muda aman apa tidak.

Tampangnya kayak bingung gitu hahaha. Ya sempat merasa malu juga, sih. Tapi udah kadung nanya yak :p.

Jadi, teman-teman, aman-aman saja lho ya konsumsi buah anggur untuk ibu hamil saat hamil muda sekali pun ;).

Yang bahaya mungkin itu kalau makan buah anggurnya 3 kilo sehari hahaha. Ya iyalah, minum air putih pun kalau segentong apa enggak kembung :p.

Sebenarnya buah-buahan jenis apa pun relatif aman ya buat ibu hamil dalam berbagai kondisi. Kecuali memang ada alergi tertentu. Atau untuk buah-buahan yang saat kondisi non hamil tergolong kurang baik ya sebaiknya dihindari pula saat hamil.

Itu juga patokannya mungkin lebih ke arah jumlah. Buah-buahan apa pun jangan sampai dimakan segentong dua gentong mentang-mentang ngidam atau semacamnya hahaha :p.

Wajar kalau hamil muda doyan buah, soalnya seger ya. Efek positif lainnya, buah itu sangat mudah dicerna oleh tubuh  kita lho ^_^. Walau kalorinya sedikit makanya gampang lapar lagi.

Buah-buahan cocok banget deh buat menemani ibu hamil muda yang ribet mau makan apaan hehe. Lain cerita kalau bumilnya ternyata tidak mengalami kesulitan makan pas hamil muda sekali pun. Kalau begini sih, apa saja … hajar bleh! :D.

Eit, tentu tetap dalam pola makan yang sehat dan terpercaya ya ;). Ingat, ingat, konsumsi ibu saat hamil punya pengaruh besar terhadap perkembangan kesehatan si janin, sejak dalam perut konon sampai 1000 hari pertama dalam hidupnya ;). CMIIW ya :D.

Maklum sih tulisan ringan buat sharing aja. Bukan bidan pun hihihi.

Btw, ini cerita lama yaaaa. Anak saya yang ketiga sekarang udah hampir 15 bulan :D.

Ada yang lagi hamil muda kah? Ngidam dan susah makan juga? Cemunguuuuddd eaaaaa *kiss*.

Don’t worry, hamil muda pasti berlalu, tapi bahagianya mungkin bisa bertahan seumur hidup. Aamiin ;). Kekhawatiran soal buah anggur untuk ibu hamil mah hanya remah-remah diantara banyak keajaiban besar yang tengah menghampiri kita ;).

“A mother’s joy begins when new life is stirring inside… when a tiny heartbeat is heard for the very first time, and a playful kick reminds her that she is never alone.”

Author Unknown

Mual dan muntah saat hamil muda buah anggur untuk ibu hamil muda
Gambar : pixabay.com
1 comment
  1. Laah aq baru tau malah ada mitos anggur itu mba, padahal kmrn abis 2kg anggur krna diskonan. Hahaa so far sih gpp dan beneran gpp yaa ternyata stlh baca2 ini

Comments are closed.