Keluar Darah Saat Hamil Muda, Normalkah?

Keluar darah saat hamil muda, trimester pertama, sering membuat deg-degan. Apalagi kalau kehamilan pertama.

Saya sendiri mengalaminya justru pas hamil kedua dan ketiga hehe. Hamil pertama malah enggak ada yang aneh-aneh. Padahal pas hamil pertama itu, mual-mualnya dahsyat banget -_-.

Keluar darah saat hamil muda

Gambar : informasitips.com

Hamil kedua pun sempat kena mual-mual lumayan parah, tapi tidak secetar pas hamil pertama. Nah, kalau tidak salah, pas hamil anak ke-2, di kehamilan 8-10 minggu, pas pipis ada noda darah di celana dalam.

Waktu itu tidak panik, sih. Soalnya cuma noda kecil. Diameter kira-kira 3 cm dan tidak banyak. Sekali itu saja. Tetap sih googling sana-sini hihihi. Dari hasil googling masuklah ikutan curhat di forum-forum curhat mamak-mamak hamil :D.

Terus dapat respons, katanya kalau noda darah tergolong sedikit dan cuma sesekali dan tidak disertai rasa mulas, kemungkinan besar TIDAK ADA APA-APA. Takutnya kan keguguran apa gimana-gimana, ya :(.

Noda darahnya juga cuma 2-3x dan jumlahnya benar-benar sedikit. Kayaknya keluar darah dalam rentang 1-2 minggu. Tidak disertai rasa mulas sama sekali. Tetap saja sih, pas kontrol ke rumah sakit saya ceritakan kepada dokter kandungan yang menangani.

Hamil anak ke-3 baru deh beda ceritanya.

Kali ini, rasa mulas yang duluan datang. Mulas di trimester awal memang rada tricky. Ada yang bilang wajar ada juga yang mengatakan bahwa bisa jadi ini tanda-tanda keguguran. Apalagi rasa mulasnya agak lumayan.

Mulai panik pas beberapa hari setelah mulas-mulas yang lumayan, ealah, ada noda darah pula yang kelihatan di celana dalam dan muncul di tisu pas habis buang air kecil. Duh, cemas pastinya :(.

Keluar darah saat hamil muda

Gambar : pixabay.com

Apalagi hamil anak ke-3 ini di Irlandia yang jadwal kontrolnya benar-benar “ketat”. Enggak bisa ujug-ujug curhat ke dokter kapan pun kita mau hihihi. Boleh ketemu dokter kandungan kalau dapat semacam surat panggilan.

Jadilah suami sibuk nelponin bidan dan kita dirujuk ke Primary Care di kota tinggal kami. Jadi, rumah sakit tempat melahirkan dan kontrol pun letaknya di kota lain huhuhu.

Pas ketemu bidan di Primary Care plus curhat-curhatan via telepon, saya diminta tenang dan menunggu sampai seminggu. Ternyata, setelah ditunggu seminggu, masih keluar noda darah dan masih disertai rasa mulas.

Saat itu kehamilan memasuki 7-8 minggu. Kita pun disarankan ke rumah sakit. Karena tanpa appointment, jadi dianggap emergency, mendaftar ke bagian ANE (Accident and Emergency) di rumah sakit.

Pertama ditangani bidan tapi habis itu ada dokter kandungan yang lagi jaga. Dokternya masih muda. Mungkin resident kali, ya.

Standar lah, diperiksa tekanan darah dan berat badan. Lalu cek darah. Tapi tidak diUSG sama sekali. Mungkin karena masih hamil muda banget. Atau bisa juga karena … pelit! Hahaha. Maklumlah di sini pakai public insurance dari pemerintah. Serba terbatas. Ala-ala BPJS gitu lah hehehe.

Berangkat ke dokternya saja sudah jam 5 sore. Ngantrinya lumayan. Terus nungguin hasil periksa darah juga lebih dari sejam. Akhirnya selesai jam 11 malam, sudah mengantuk banget dah si bumil :p.

Mual dan muntah saat hamil muda

Gambar : pixabay.com

Alhamdulillah, dari tes darah tidak ditemukan keanehan dan status masih dianggap hamil tapi tetap disuruh waspada. Mungkin juga ada pengaruh terhadap rasa percaya diri ya setelah diperiksa dokter makanya jadi enggak terlalu kepikiran lagi.

Setelah lewat 12 minggu barulah benar-benar lega, fffiiuuuhh.

Sebenarnya sih, tiap orang bisa punya ciri beda-beda. Pengalaman bisa beda-beda. Kadang pun kejadiannya sama-sama misalnya keluar darah saat hamil muda tapi ada yang keguguran ada yang tidak.

Walau begitu tetap ada panduan dasar yang menurut saya bisa dijadikan patokan, ini berdasar pengalaman pribadi ya :

  1. Begitu ada noda darah saat masih di trimester pertama, jangan langsung panik. Apalagi  kalau cuma noda sedikit dan cuma 1-3 x kejadian. Kalau tanpa mulas sama sekali, 80% aman lah ya. Tapi tetap laporkan ke dokter saat kontrol ;).
  2. Bila keluarnya darah disertai rasa mulas, harusnya lebih waspada. Mending langsung ke dokter deh apalagi kalau mulasnya agak lama dan sering.
  3. Tapi bila terjadi kejadian no.2 pun hasilnya bisa berbeda. Belum tentu pasti keguguran lho. Konon, rasa mulas penanda keguguran itu rasa sakitnya sampai ke bahu dan tulang punggung bagian belakang. Masalahnya tuh, kita seringnya panik duluan dan takut salah mengenali rasa sakit ini. Jadi sebaiknya mah emang dicek langsung ke dokter :D.
  4. Rasa mulas yang berlebihan dan sering, walau tanpa noda darah, juga sebaiknya diwaspadai. Kontrol ke dokter atau bidan kalau perasaan sudah tidak nyaman.

Again, beda orang bisa beda kasus, lho ya ;). Makanya intinya sama semua, segera kontrol ke dokter kandungan kalau merasa khawatir hehehe :p.

Hikmah dari kehamilan ketiga tempo hari tuh, pas suami assignment ke Swiss selama 3 bulan, saya jadinya dibawa beserta anak-anak. Sekalian jalan-jalan hahaha. Ini nih salah satu pose bumil pas lagi jalan-jalan di salah satu kota di sana.

Ini sih sudah hamil 20-21 minggu :D.

Zurich pic by Dani Rosyadi

Pas lagi hamil #week21 di Zurich tempo hari :D.

Anyway, ini sharing cerita lama, ya. Adapun anak ketiga saya sudah lahir sejak tahun lalu :D.

Baca : Pengalaman Melahirkan Normal Anak ke-3

Sekarang si nomor 3 ini umurnya sudah 14 bulan. Beda lagi nih masalahnya sekarang. Motorik kasarnya yang agak terlambat. Tapi sisi baik dari si bontot ini, makannya gampang bingitssss hehehe.

Semoga sehat-sehat terus ya anak-anak Mamah.

Buat para bumils, terutama yang baru hamil anak pertama dan lagi berada di trimester pertama, tetap semangat yaaaaaaa <3.

“That first pregnancy is a long sea journey to a country where you don’t know the language, where land is in sight for such a long time that after a while it’s just the horizon – and then one day birds wheel over that dark shape and it’s suddenly close, and all you can do is hope like hell that you’ve had the right shots.”

Emily Perkins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *