Jalan-jalan ke Taman Burung TMII Jakarta

Taman Burung hanya satu dari sekian banyak tempat/wahana yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Paling favorit deh TMII ini :D. Rasanya enggak kelar-kelar hahaha.

Mudik tahun 2014 ke sana juga. Ke Istana Boneka + naik cable car + Taman Reptil. Nah, tahun ini ke Taman Burung plus ke Taman Dinosaurus. Biar banyak ditulis satu-satu saja.

Yang tahun 2014 aja belom ditulis cobak -_-.

Lokasi Taman Burung agak ke belakang ya kalau enggak salah. Maklum sih ke mana-mana numpang duduk doang jadi tahu-tahu udah nyampe aja hahaha :p.

Ini nih pemandangan pertama setelah melewati pintu masuk.

Taman Burung TMII Jakarta

 

Aduh, kalau saya sih lihat kucing aja merinding, apalagi melihat burung Elang hihihi. Anak-anak juga rada takut-takut pas ditawarin jadi tempat nangkringnya si Elang.

Akhirnya Papa aja yang foto bareng si burung pemangsa satu ini. Sengaja disebutin pemangsa-nya sebagai justifikasi kenapa eike takut hahahaha :p.

Taman Burung TMII Jakarta

Foto model begini bayarnya goceng sajah *tepukTangan*.

Terus jalan ke dalam. Sejujurnya enggak gitu paham sih ini lihat apa saja di dalam hihihi. Anak-anak juga banyakan lari-larian gitu. Apa enggak terlalu doyan lihat burung-burung gitu ya? Kebiasaan ngeliat dinosaurus sih hahaha.

Habis selfie dengan Elang dkk (iya ada jenis burung lain selain Elang kok buat teman foto dekat pintu masuk :D), kita jalan-jalan ke dalam.

Tentu saja, sembari jalan ya sambil apaaaaaaaaa … ya foto-foto! *benerinBuluMata*

rame-rame-uni

Abis foto, terus jalan lagi. Terus … ya foto lagi hahaha.

Lihat deh si adek bayi, asoyyy bener tuh nyeker enggak pakai sepatu, no kaos kaki. Mumpung cuaca mendukung ya Dek :D.

Taman Burung TMII Jakarta

Terus … manaaaaaaa burung-burungnya? -_-.

Dalam Taman Burung ini, ada 2 kubah besar tempat di mana mayoritas burung-burung ini beredar. Namanya : Kubah Barat dan Kubah Timur.

Kubah Barat untuk burung-burung khas yang ada dari belahan barat Nusantara seperti : Sumatera, Jawa, Kalimantan dll.

Kubah Timur untuk unggas yang bisa terbang dari sisi timur Indonesia, seperti : Sulawesi, Irian dll. Konon ada hampir 200 jenis burung yang ada dalam Taman Burung ini. Klaimnya yang paling lengkap di Indonesia.

Nah, kayaknya foto-foto dalam Kubah belum selesai proses editingnya sama suami hihihi. Kalau sudah ada, saya edit lagi deh tulisan ini :D. Kalau sudah terlanjur baca, nggg…anu, nanti balik lagi yaaaaaa hahaha :p.

Kenapa pakai bangunan  berbentuk Kubah? Ya biar burung-burungnya enggak ngacir ke mana-mana. Masa kita datang, tahu-tahu Taman Burungnya kosong gitu hihihi.

Etapi, bukankah burung-burung sudah seharusnya dibiarkan bebas di angkasa? Kalau mau bahas perdebatan soal ini, bisa satu tulisan sendiri kayaknya :p.

Selain area dalam Kubah, di dalam Taman  Burung juga ada beberapa kolam yang bisa dipakai buat intip-intip berbagai jenis Unggas. Ya bisa main bareng juga kali, ya. Beberapa anak kelihatan lempar-lemparin remah roti ke dalam kolam.

Sebenarnya enggak boleh ngasih hewan sembarang makanan sih. Kalau mau, ada kok yang jualan makanan ikan. Salah satunya di kafetaria tempat kita mampir pas mau nyari toilet.

Tempatnya kayak dalam terowongan gitu. Di dalam ada kafetaria dan tempat nongkrong depannya. Saelah, tempat nongkrong hihihi.

Di sini juga ada tempat buat foto-foto sama burung. Anak-anak lebih rileks soalnya burungnya lebih ‘ramah’ dan warna warni :p. Kalau mamanya sih tetap memilih ngawasin aja hahaha #penakutMaksimal -_-.

Ni dia, dua bujang kita yang mencoba eksis dengan si burung warna warni tadi ;).

narda-burung-nabil

abil-burung-narda

Pas ketemu kafetaria ya sekalian jajan. Beli es krim secara panasnya ya booooo huhuhu.

Sekalian numpang salat juga. Kalau enggak salah ada mushalla ‘resmi’ kok di sini. Yang kami tumpangi mushalla pribadi yang punya kantin. Terima kasih ya Pak Bu :D. Sekalian soalnya. Daripada nyari-nyari lagi.

Anak-anak sempat beli-beli makanan ikan dan main-main dekat kolam situ.

Tentu tak lupa … foto  bareng-bareng jugaaaaaaaa :D. Eksis terooossss hihihi.

di-kantin

Ya begitu aja sih kegiatannya.

Enggak terlalu lama emang. Selain anak-anak kurang antusias, kite-kite juga rada-rada bosan gitu sih ya :p *tutupMuka*.

Nah, dari sini kita keluar cari makan siang. Habis makan siang baru deh keliling-keliling TMII nyari tempat mampir yang lain. Karena memang tidak punya itinerary khusus di hari itu.

Ealah, enggak sengaja lihat plang “Taman Dinosaurus”. Pastilah para fans garis keras hewan purba ini (si bocah baju biru dan ijo itu tuuuuhhh hihihi) langsung teriak-teriak pengin ke sana.

Acara jalan-jalan pun lanjut ke Taman Dinosaurus yang ternyata berada dalam area Taman Legenda Keong Emas. Ceritanya? Tunggu di postingan berikutnya #eaaaaaa hahaha :p.

Kan udah dibilang, dipisah-pisah ceritanya biar banyaaaaaak :D.

UPdated : tulisan tentang Petualangan Dinosaurus bisa dicek langsung di link berikut, ya.

Atau bisa lihat vlognya di sini ;).