Resep MPASI Ayam Wortel

Resep MPASI Ayam Wortel ini pertama saya berikan saat anak saya telah melewati makan padat sebulan pertama. Tapi sebenarnya dimulai dari usia 6 bulan juga boleh, kok.

 

mpasi ayam wortel

 
 
Anak saya yang ke-3 nih mulai makan di usia 6 bulan kurang seminggu. Sengaja dicepetin hehehe. Soalnya takut kalau terlalu mepet.
 
Dari wholesomebabyfood, petunjuk untuk memberikan makan padat pertama kepada anak bayi itu diantara usia 20-26 minggu. Makanya, ada yang menganjurkan pemberian makanan solid pertama starting di usia 4 bulan. Tapi tetap diingat, lebih direkomendasikan dimulai dari usia 6 bulan daripada 4 bulan.

 
Usia 26 minggu ini sudah dianggap paling lambat. Kalau dikira-kira 26 minggu itu sekitar usia 6 bulan, yak. Biar enggak terlalu mepet makanya saya majuin sedikit. Sebelum pas 6 bulan sudah mulai dikasih MPASI kepada si baby 3 ini :D.
 
Awalnya saya perkenalkan dengan oatmeal. Baca resepnya di sini : Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi 6 Bulan.
 
Belum sempat membuat rekapan menu apa saja yang dicoba di usia 6 bulannya nih. Dulu pas anak pertama dan kedua enggak bikin gini-ginian yak hahahaha. Better late than never :p. Aneh juga, digebernya malah saat udah anak ke-3 hahaha.
 
Nanti deh ditulis lengkap ;). 
 
Nah, berhubung foto yang available untuk saat ini adalah foto Resep MPASI Ayam Wortel, hayuk dah posting resep yang ini dulu.
 
Sudah saya cobakan selama 3 hari berturut-turut. Adek bayi sih doyan. Alhamdulillah yang ini makannya enggak ribet. Walau enggak bisa dibilang super lancar juga. Yang jelas sih, mayoritas habis dan ditelan semua *jempol*. Atau karena emaknya yang sudah pengalaman ya? Hehehe.
 
Kadang-kadang memang perlu atraksi ini itu untuk memancing perhatian si baby 3 pas lagi makan biar enggak bosan. Yang simpel-simpel aja. Paling nyanyiin lagu anak-anak saja sama ciluk ba-ciluk ba dengan berbagai macam gaya hahaha :p.
 
Kalau membuat makanan anak bayi kan jadi repot kalau pas dimasak dibikinin satu porsi saja :(. Selain capeknya sama, itu kadang blender sama food processor enggak mau muter kalau isinya terlalu sedikit. Ya porsi makan anak bayi sama kita kan beda banget.
 
Jadilah kalau memasak buat makanan bayi, kita sebaiknya menyiapkan wadah bertutup yang kecil-kecil untuk menyimpan sisanya di freezer. Biar nanti dikonsumsi di waktu makan berikutnya. Dikemas per satu porsi makan, ya. Karena jika sudah dikeluarkan dari kulkas ya kudu langsung dimakan enggak boleh dibekukan lagi :).
 
Lihat contoh wadah di foto pertama di atas itu tuh. Wadah kaca lebih bagus. Tapi di sini adanya yang plastik-plastik gitu.
 
Yang di mangkok ungu siap dimakan langsung. Yang dalam wadah siap  masuk kulkas hehehe.

Resep MPASI Ayam Wortel

Bahan :
 
  • 1 buah wortel ukuran sedang/besar.
  • Sekitar 150 gr ayam fillet
  • ASI / Susu Formula / Kaldu sayur secukupnya
 
Cara Membuat :
 
 mpasi ayam wortel blender
 
  • Kupas wortel, cuci bersih, potong kecil-kecil biar gampang  matang saat dikukus
  • Potong-potong ayam fillet, cuci bersih. Potongannya juga jangan besar-besar ya biar cepat matang.
  • Siapkan kukusan dan panaskan. Kukus wortel dan ayam. Bersamaan saja. Sekitar 15-20 menit.
  • Setelah matang, masukkan ke dalam food processor
  • Tambahkan ASI / Susu Formula / Kaldu Sayur agar ayam dan wortel lebih mudah digiling.
  • Giling sampai halus
Setelahh selesai barulah dimasukkan ke dalam wadah-wadah tadi. Kecuali yang mau dimakan langsung tinggal dituangkan secukupnya ke dalam mangkok :D.
Cobain juga ya buat si kecil di rumah Resep MPASI Ayam Wortel ini. Rasanya sih manis-manis gurih campuran khas worten dan ayam. Mudah-mudahan adek bayinya juga doyan ;).