Resep Ikan Pesmol Bumbu Kuning

Resep Ikan Pesmol Bumbu Kuning … salah satu favorit keluarga nih ;). Keluarga pencinta ikan hehe. Terutama emaknya, yang memang anak pantai abisssss ^_^.

Sejak tinggal di Jeddah sudah lebih dari sekali nyobain resep ini. Memang kemirinya memberi sumbangsih rasa yang edan lah :p. Nah, sempat kemarin saya kehabisan kemiri dan tetap nekat membuat ikan Pesmol. Hadeeeeh, rasanya jadi beda banget :(. Ibaratnya film, kemiri dalam resep ini adalah pemeran utama hehehe.

Mumpung suami baru balik dari Jakarta dan membawa lumayan banyak kemiri langsung kepikiran si Ikan Pesmol Bumbu Kuning lagi. Di sini belum tahu beli kemiri itu di mana :(. Jadi kemarin sudah wanti-wanti minta dibawain kemiri banyak-banyak. Tapi yaaaa, dasar laki. Cuma dibawain 2 bungkus, euy huhuhu. Padahal lumayan banyak resep nih yang kudu berkemiri ria.

Ikan Pesmol bumbu kuning

Bumbu ulek buat si Ikan Pesmol Bumbu Kuning

Untuk resep-resep dengan bahan ikan, saya selalu menggunakan ikan fillet. Adanya yang model gitu di sini. Eh, yang utuh juga ada, deng. Biasanya dalam kondisi segar. Enggak kuat sama harganya boooo hahahaha :p. Jadilah pakai ikan fillet, itu pun kondisi beku. Syukuri apa yang ada yaaaaaaa *pukPukDiriSendiri*.

Kemarin pas buka kulkas stok yang ada … Ikan Hammour. Saya  kurang tahu ini kalau di Indonesia si Hammour ini dikenal dengan nama apaan. Yang jelas konon Hammour ini hampir selevel Salmon. Bener gak ya? Agak ragu. Soalnya, si Hammour harganya jauh lebih murah, makanya sering juga beli ini hihihi *ngikikNgirit*. Lebih enak itu sebenarnya Ikan Cod. Ya random saja belinya. Pokoknya kalau bukan Ikan Cod, ya Ikan Hammour atau Ikan Basa yang lebih murah lagi hahahaha.

Kalau pakai fillet, jadinya agak hancur ya. Walau motongnya sudah gede-gede, saat diaduk, jadi terpotong-potong juga :(. Terlalu heboh kali ngaduknya hihihi :p.

Btw, tempat contekan buat Ikan Pesmol Bumbu Kuning ini dari masterchef paling senior Mbak Herti, Herti Kitchen. Blognya Mbak Herti ini sudah lama banget lho. Tahun 2006 boooo :D. Mungkin seangkatan dengan Mbak Astri Nugraha. Resep-resep Mbak Herti disimpan dalam bentuk foto-foto.  Sila diintip langsung ke sana. Resep-resepnya mantap, Euy. Yang amatiran kayak saya aja kalau nyontek ke sana alhamdulillah jarang gagal ;).

Untuk Ikan Pesmol Bumbu Kuningnya, resep asli dari Mbak Herti sila intip di sini ;).

Saya hanya pakai setengah resep karena ikannya enggak  banyak :D. Saya juga menggunakan cabe merah besar instead of cabe rawit kecil-kecil. Biar enggak pedas-pedas amat. Karena ada anak yang enggak tahan makan pedas, cabenya tidak saya potong tapi dimasak utuh. Yang doyan pedas, nanti tinggal pecahin sendiri di piring masing-masing.

Resep Ikan Pesmol Bumbu Kuning

Bahan :

  1. Ikan fillet kira-kira 300 gr
  2. 1 buah wortel, potong-potong seukuran korek api
  3. 1 buah timun ukuran sedang, potong panjang-panjang
  4. 3 buah cabe merah besar
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 1 lembar daun salam
  7. 1 buah serai, memarkan
  8. Lengkuas bubuk, kira-kira setengah sendok teh
  9. Sepertiga bawang merah besar (seukuran satu kepalan balita)
  10. 3 siung bawang putih
  11. 5 butir kemiri, sangrai terlebih dahulu
  12. Kunyit bubuk, 1 sendok teh
  13. 2 cm jahe
  14. Garam gula secukupnya
  15. Cuka kira-kira satu sendok teh (atau secukupnya yang diinginkan)
  16. 250 ml air

 

Resep Ikan Pesmol Bumbu Kuning

Ikan Pesmol – nya kondisi setengah matang 😀

Cara Membuat :

  1. Rendam ikan dalam air garam + perasan jeruk nipis. Minimal setengah jam. Lalu panggang di teflon pakai minyak sedikit. Bisa digoreng kalau mau. Saya mengurangi penggunaan minyak, nih, jadi dipanggang aja :D. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah +  bawang putih + kemiri + jahe. Setelah halus campurkan kunyit bubuk dan lengkuas bubuk. Aduk biar rata.
  3. Tumis bumbu halus + daun jeruk + daun salam + sereh sampai harum.
  4. Tambahkan air. Tunggu sampai mendidih.
  5. Masukkan garam + gula + cuka. Aduk sebentar sampai tercampur.
  6. Masukkan ikan. Tunggu sampai bumbu meresap dan air berkurang.
  7. Sebelum benar-benar matang, masukkan wortel dan timun. Saya memang sukanya wortel dan timunnya belakangan biar enggak terlalu lembek ;). Bisa juga dimasukkan sebelumnya ya kalau ingin sayurannya lebih matang.
  8. Koreksi rasa. Kalau sudah oke, siap disantap ^_^

Bikinnya sih relatif mudah. Hasilnya maknyuuuuus ;). Tidak perlu penambahan kaldu atau penyedap rasa apa pun. Rasanya pasti endeuuus :D.

Resep Ikan Pesmol Bumbu Kuning enak

Ikan Pesmol Bumbu Kuning

Lumayan kan buat nambah-nambah variasi masakan per-ikan-an :D. Terutama yang memang tergila-gila dengan  ikan kayak saya hehehe.

Yuk yaaaa, di-praktik-in resep Ikan Pesmol Bumbu Kuning -nya <3.

One thought on “Resep Ikan Pesmol Bumbu Kuning

Comments are closed.