Resep Ayam Suwir Bumbu Bali

Bumbu Ayam Suwir (Pakai Bumbu Bali)

Again … Bumbu Ayam Suwir khas Bumbu Bali -nya nyontek dari Mbak Endang ^_^. Sebenarnya sudah pernah bikin dulu. Cuma kan, euforia motret-motretnya baru sekarang. Sekarang, habis masak, ribet sendiri mainin ponsel buat potrat potret hahaha.

 

Pas bikin yang dulu, semua bahan saya gunakan. Tapi kali ini, santannya saya skip. Sebelum memasukkan santan, saya cobain kok ya sudah sedap ya. Enggak jadi saya tambahin santan. Jadinya memang lebih kering, sih. Tapi rasanya itu lho, tetap Indonesia bangeeet ^_^. Bumbu-bumbunya standar ala Bumbu Bali, tanpa kemiri tapinya.

Enaknya lagi, suwirannya enggak perlu digoreng dulu. Lebih ringkas. Cukup direbus saja. Lebih sehat dan pastinya …  hemat minyak goreng juga kaaaaaan *teuteuuup*. Edisi kali ini, plus hemat santan hahahaha :p.

Terus, pas ngulek saya masukin jahe, pas lihat lagi di resep aslinya Mbak Endang kok enggak ada jahenya ya hihihi. Ya enggak apa deh, sudah terlanjur. Tetap enak koooook ^_^. Oiya, saya juga skip kencurnya, deng. Entah ya, kurang suka sama bau kencur.

Kesalahan teknis standar ala tukang masak gadungan -_-.

Bumbu ayam suwir bumbu bali

Bagi yang Food Combining, bumbu ayam suwir ini mantap juga lho dimakan pakai lalap-lalapan tanpa nasi. Sama saya tetap ditambahin sambel sih. Resep asli dari Mbak Endang kan namanya Ayam Suwir Pedas ala Bali. Nah, anak nomor 2 itu kalau makan yang pedas-pedas berasa nonton film horor gitu hahahaha :p. Jadilah cabenya saya kurangin banget.

Selain ayam, tahu juga enak dibumbu Bali lho ;).

Baca : Resep Tahu Bumbu Bali

Resep asli Ayam Suwir dari Mbak Endang bisa dilihat di laman ini ya, di situs beliau yang tersohor itu, Just Try and Taste ;).

Kalau yang saya share ini, modifikasi ala saya-nya hihihi :p.

Bumbu Ayam Suwir (Pakai Bumbu Bali)

Bahan :

  1. 300 gr daging ayam fillet. Rebus sampai matang pakai garam dikit.
  2. Sepertiga bawang merah besar (di sini enggak ada bawang merah mungil-mungil  itu :p)
  3. 3 siung bawang putih
  4. 2 cabe merah besar, enggak pakai rawit huhuhu 🙁
  5. Terasi sekepenginnya. Saya rada hemat nih makainya, soalnya di sini entah di mana beli terasi.
  6. 1 sendok teh  merica bubuk
  7. 1 sendok teh kunyit bubuk
  8. 1 sendok makan gula merah
  9. Garam secukupnya
  10. Kaldu ayam blok secukupnya (kalau mau)
  11. Asam jawa 1 sendok makan, lumatkan dalam air secukupnya.
  12. 2 batang serai, geprek.
  13. Lengkuas kira-kira 3 cm, geprek.
  14. 3 lembar daun salam
  15. 3 lembar daun jeruk
  16. Minyak secukupnya untuk menumis

Cara Membuat : 

  1. Haluskan semua bumbu kecuali (lengkuas, daun jeruk, daun salam, serai).
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan tadi bersama sisa bahan lainnya (kecuali daging ayamnya, ya).
  3. Kalau sudah harum dan warnanya sudah rada matang, masukkan air sedikit. Kalau kata Mbak Endang kan 50 ml. Saya pakai sekitar seperempat gelas belimbing.
  4. Aduk lagi sebentar lalu masukkan ayam suwirnya.
  5. Aduk sampai tercampur rata dan airnya habis.
  6. Koreksi rasa, jika sudah cucok berarti beres sudah ^_^

 

Resep Ayam Suwir Bumbu Bali
Tanpa santan jadi lebih kering

 

Kalau di resep asli, setelah memasukkan ayam dan diaduk barulah ditambahkan santan. Lalu dimasak terus hingga santan matang dan airnya  habis. Tapi lihat kan, tanpa santan pun, warnanya sudah sedap begitu ;).

Updated : buat yang ingin melihat proses pembuatannya secara live, saya sudah bikin vlog resep Bumbu Ayam Suwir ini lho :D.  Ini videonya …

Menggoda banget ya untuk disantap dengan nasi hangat-hangat hehehe. Ya enggak apa-apa kalau tetap makan pakai nasi, yang penting gempur dengan sayuran segar yang banyaaaaaaaak ^_^. Kalau bisa sayurannya tanpa diolah sama sekali ya. Sayuran segar tanpa proses pematangan sama sekali konon masih menyimpan enzim yang banyak yang dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai penyeimbang dalam sistem pencernaan. Boleh percaya boleh enggak :D.

Gimana, gimana, bumbu ayam suwir edisi bumbu Bali nya? Sungkem dulu sama Mbak Endang, salah satu tempat nyontek andalan hihihi. Cobain ya di rumah, lumayan buat variasi daripada goreng-goreng dan soto-sotoan dan semacamnya ;).

Selamat makaaaaaaan <

Bumbu Ayam Suwir pakai Bumbu Bali
Bumbu Ayam Suwir (khas Bumbu Bali)
1 comment
  1. Asiiik. Ijin save resepnya ya, Mbak 🙂

Comments are closed.