Resep Sambal Goreng Daging Sapi

Resep Sambal Goreng Daging Sapi Khas Makassar

Resep sambal goreng daging sapi ini resep kenangan semasa masih tinggal di Makassar. Tepatnya di Jalan Pajennekang no.70 itu lho hihihi :p.

Sambal goreng daging sapi jarang muncul dalam menu sehari-hari. Jadwal tayangnya itu … hari lebaran! :D. Menu ini termasuk menu khusus hari raya atau kalau ada acara apa gitu di rumah.

Hari lebaran itu biasanya yang ada di meja makan menunya “tetap” : Kari Ayam, Sop Ayam Makaroni, Buras, Ketupat, Perkedel Kentang, dan Sambal Goreng Daging Sapi iniiiiiiii ^_^.

Resep Sambal Goreng Daging Sapi

Begituuuuu aja terus saban lebaran :p. Masak coto atau lain-lainnya malah enggak pernah.

Dari sejak tinggal di Jeddah sudah pernah bikin resep sambal goreng daging sapi. Resepnya via sms dari Mama saya. Tapi di Jeddah kan masaknya cuma iseng-iseng. Sekepenginnya aja. Lebih banyak jajannya hahaha. Saya kan lidahnya lumayan cocok dengan “makanan warteg” yang ternyata di Jeddah juga ada warung beginian yang murmer. Anomalinya Jeddah tuh ya, walau judulnya di luar negeri, soal makanan khas Indonesia enggak susah dicari ;).

Sebagai (mungkin) mamak-mamak paling malas memasak sendiri semasa di Jeddah (hahaha), jadinya dikutuk dipindahinnya ke … Eropa! Biar jadi rajin masak? Ya terpaksa! Huhuhu -_-.

Terus terang saya kurang doyan daging sapi. Dibikin rendang juga ya biasa saja. Tapi kalau dikasih mah tetap makannya paling banyak ya, Neng? Hahahaha :p.

Ketambahan lagi suami saya cenderung kolesterol tinggi jadi masak gini-ginian jarang banget. Begitu masak kemarin nih langsung buru-buru difoto! Suami lagi sibuk jadi enggak bisa dimintai bantuan. Makanya fotonya nih cupu bener hihihi. Cuma pakai ponsel. Dipotret sesuka hati saja hihi.

Ini juga baru nyadar, kok milih mangkok yang pinggirannya sudah ada yang retak -_-. Liatin aja foto-fotonya :p.

Nah, ini sudah ada video cara pembuatannya nih. Bisa ditonton kalau mau untuk melihat langsung step by stepnya ;).

 

Btw saya yakin resep ini juga sebenarnya banyak yang tahu cuma mungkin namanya beda, ya. Sekilas bumbu-bumbunya mirip dengan masakan yang berbumbu bali walau tidak persis-persis amat. Yang jelas saya tahunya kalau di daerah lain umumnya sambal goreng itu pakainya hati sapi atau hati-hati lainnya. Asal jangan hatiku yang kau rebus #eaaaaaaa :p.

Cukup yaaaaa pengantarnya, hahahahaha.

Ini dia resepnya. Mumpung masih segar dalam ingatan, baru bikin kemarin banget soalnya :D.

Resep Sambal Goreng Daging Sapi

Bahan :

  1. Daging sapi kira-kira 400-500 gr.
  2. Terasi setengah sendok makan
  3. Asam Jawa (hampir) 1 sendok makan
  4. Pala, saya pakai yang bubuk setengah sendok teh
  5. Merica, saya pakai yang bubuk satu sendok teh (gak punya ulekan “beneran” Kakaaaaa :p)
  6. Cengkeh 5  butir
  7. Gula Merah (sesuai selera saja)
  8. Cabe Merah besar 3-5 buah, sesuai selera
  9. Bawang merah, kira-kira 6-7 siung (di sini adanya bawang merah segede kepalan tangan gitu hihihi)
  10. Bawang putih, 2 siung
  11. Sereh, satu batang yang bagian putihnya saja ya
  12. Lengkuas, saya pakai yang bubuk jugaaaaa :p. Kira-kira setengah sendok teh
  13. Jahe, 2-3 cm
  14. Kecap, satu sendok makan
  15. Minyak goreng kira-kira 1-2 sendok makan.
  16. Garam secukupnya.

Tambahan : kentang goreng. Kentang diiris korek api dan digoreng sampai kering.

Cara Membuat :

  1. Daging sapi dipotong kotak-kotak, ukuran sesuai selera. Tentunya, dibersihkan lebih dahulu dong ya ;).
  2. Rebus daging bersama pala + merica + terasi + cengkih + asam jawa (encerkan dengan air sekitar 2 sdm) + gula merah. Enggak perlu air tambahan dulu ya. Nanti kan dagingnya ngeluarin air tuh. Rebus sampai kira-kira setengah empuk. Tambahkan air kalau perlu.
  3. Sembari menunggu daging empuk, haluskan cabe merah + bawang merah +bawang putih + jahe. Campurkan lengkuas juga. Saya pakai bubuk soalnya. Kalau pakai yang segar, diulek bareng ya.
  4. Kalau daging sudah setengah empuk, sisakan airnya sedikit ya, masukkan bumbu yang dihaluskan tadi (di nomor 3) ke dalam daging. Serehnya jangan lupa dimasukkan juga. Aduk-aduk sampai rata.
  5. Masak sampai benar-benar empuk. Harus sabar yaaaa kalau masak daging sapi hehehe kecuali pakai panci presto :p.
  6. Kalau dirasa sudah hampir empuk tambahkan minyak goreng, aduk lagi.
  7. Tambahkan kecap + garam, aduk lagi. Menambahkan garam sebaiknya pas daging sudah benar-benar empuk.

Resep Sambal Goreng Daging Sapi

Memang lah ini memasaknya serba pakai perasaan hahahaha. Tapi kalau sudah beberapa kali praktik pasti akan terbiasa sendiri ya ^_^. Pengalaman pribadi ;).

Cara masaknya agak beda kan ya? Bumbu meresap lebih sempurna. Rasanya itu manis, pedas, dan sedikit asam. Suami dan anak sulung saya doyan banget. Anak kedua juga doyan sih cuma kadang dia ngerasa terlalu pedas katanya hihihi. Ini cabe merah di sini emang gak stabil deh pedesnya. Kadang pakai sebiji tahu-tahu pedas banget. Pakai 2-3 biji malah enggak terlalu berasa. Zzzzz -_-. Padahal penampakannya sama lho, cabenya ya itu-itu juga.

Oke lah. Segitu dulu ya dongeng resepnya yang sekarang. Semoga resep sambal goreng daging sapi -nya bisa dicobain di rumah masing-masing :D. Enak kok, enaaaaaaaakkkk (y).

Updated : sekarang saya juga lagi rajin-rajinnya bikin vlog resep-resep di dapur. Ini ya playlistnya. Sudah ada beberapa resep lho hehehe. Silakan diintip kali ada yang cocok ;).

4 comments
  1. Mbak, ini dimasak pake panci presto bisa kan ya? Biar cepet. 😀

  2. wah,,, jadi ngiler,,,

    1. Bikiiiiiinnnn 😀

  3. Di rmh saya kalo mau menu sapi gini paling pas idul adha hihi…. kalo lebaran biasanya mwnunya ayam. Gak terlalu suka daging sapi juga soalnya?

Comments are closed.