Ring of Kerry : Video

Saat musim dingin, sedikit enggan mau jalan-jalan ke luar kota. Dinginnya enggak nahan. Padahal Irlandia termasuk negara 4 musim dengan cuaca paling bersahabat. Ya tapi namanya juga belahan utara ya, mau  paling bersahabat juga suhu ya rata-rata bisa di bawah 5 derajat kalau musim dingin.

Di sini jarang banget suhu drop sampai di bawah 0 derajat Celcius. Musim dingin rata-rata 2-5 derajat saja :D. Salju di Irlandia? Jaraaaaaang :D. Winter tahun ini salju belum berkunjung ^_^. Tahun lalu lumayan lho, pas lagi hamil muda. Duh, ingat tuh lagi hujan-hujan pergi belanja belanji ke Tesco karena ngejar diskonan hihihi. Pulang-pulang hujan gede dan jalan agak licin bekas salju. Maknyus, deh :p.

Tapi winter sebelumnya lagi, top banget deh. Seperti perpanjangan musim panas rasanya karena suhu cukup hangat. Dua tahun berturut-turut ini, jauh lebih dingin. Tahun ini much better, sih. Kalau 2014 tuh, sudah mulai terasa dari akhir Oktober. Sejak Desember-nya, butiran es di mana-mana. Basah dan dingin. Pas deh ya, pas Mama saya di sini kemarin, suhu tidak terlalu kejam :p. 

Sebagian besar tempat seru untuk jalan-jalan di Negeri Zamrud ini adalah “outdoor activities”. Danaunya cakep-cakep. Glendalough di Wicklow itu salah satunya. Padang rumputnya indah nian. Apalagi kalau sudah ketemu pantai sama pegunungan. Super! ^_^.

Upper Lake Glendalough Ireland pic by Dani Rosyadi

Upper Lake, Glendalough (foto : Dani Rosyadi)

Wilayah yang paling top urusan “Natural Wonder” adalah bagian selatan. Yang paling terkenal di Irlandia adalah County Kerry. Ada sebuah wilayah yang disebut Ring of Kerry. Dinamakan “ring” untuk menyebut nama jalanan yang kita lewati saat mengitarinya. Ke sanalah kami melewatkan liburan Paskah tahun 2014 kemarin.

Liburan Paskah jatuh di bulan April. Pas musim lagi cantik-cantiknya. Belum terlalu panas tapi sudah tidak perlu bermantel-mantel ria :D.

Nah, ini rangkuman foto-foto jalan-jalan ke Ring of Kerry yang dimulai dengan mencapai kota Killarney di belahan paling ujung. Kita boleh memilih mampir di awal atau di akhir. Karena bentuknya melingkar, saat masuk atau keluar Ring of Kerry, pasti akan melewati si Killarney ini.

Killarney National Park pic, Dani Rosyadi

Tepi danau di Killarney National Park, foto : Dani Rosyadi

Tapi dari Athlone menuju Kerry juga banyak melewati kota yang kece-kece. Seperti misalnya Adare. Walau syok juga pas tahu penduduk kota Adare yang dijuluki “Heritage Village” ini hanya sekitar 3 ribu orang hihihi :p. Kalau ukuran kota-kota besar di Indonesia, 3 ribu orang sih satu kelurahan aja kali ya :D. Pan udah dibilang yaaaaa, di Irlandia ini, banyakan sapi sama dombanya kali daripada jumlah orangnya hahaha.

Pemandangan alam di Ring of Kerry masih asli, nyaris belum terjamah. Pas di mobil pegal juga rasanya leher nengok kiri kanan saking serunya tempat-tempat yang dilewati :D.

Saya belum sanggup lah kalau disuruh bayarin kalian satu per satu datang ke sini dan berbagi cantiknya alam asli Irlandia :p.

Sebenarnya menarik ya dijadikan beberapa tulisan :D. Tapi sebelumnya, sudah ada video nih tentang cantiknya Ring of Kerry. Minta suami bikinin videonya saja biar bisa ditonton sama-sama dulu hehehehe. Dipilihkan instrumental khas Irish traditional music (setelah seharian nyari yang gratisan! hahaahha), biar bisa lebih khusyuk membayangkan ^_^.

Pemandangannya membentang dari padang rumput, perbukitan, hutan belantara, tebing tinggi yang berpadu dengan birunya laut Atlantik.

Kami mampir ke beberapa tempat. Pertama ke Killarney National Park, sudah ada linknya tuh ya di atas untuk cerita lengkap pas ke Killarney. Terus menginap di Portmagee. Paginya meluncur ke Waterville. Terus mampir ke O’Carroll’s Cove (ini yang pantai pasir putih). Mampir makan di restoran Seafood di sana. Tapi pesennya vegetarian Pizza hihihi. Eh, sempat pesan menu ikan juga deh kalau gak salah.

Terus abis itu ke benteng apaan gituh, lupa namanya. Di sini saya enggak turun soalnya anak nomor 2 tidur. Suami saja yang mampir dengan si sulung. Pokoknya di sepanjang Ring of Kerry ini banyak banget tempat untuk mampir dan foto-foto.

Kepenginnya sih, sekali lagi bisa menyambangi Ring of Kerry ini, ya. Semoga kesampaian. Tapi sekarang sudah punya buntut 3, pasti lebih riweuh ya ke mana-mana bermobil ria gitu. Mana mobilnya jadi ngepas gitu karena isi jok belakang sekarang penuh! hahahaha :D.

3 thoughts on “Ring of Kerry : Video

Comments are closed.