10 Tulisan di 2015 dengan Pengunjung Terbanyak :D

Weits, postingan mainstream di awal tahun hihihihi :D.

gambar : pixabay.com

gambar : pixabay.com

Kalau dilihat dari 10 postingan ini, 40% nya menjadi milik kategori Traveling-Arab Saudi. Ya ampun berasa blog syariah  begini hihihi. Tapi sebenarnya topiknya umum sih bukan yang gimana-gimana :D.

20% (2 postingan) untuk kategori Food Combining. Sisanya random. Tulisan lama “Every Mom Has Her Own Battle” juga tetap ada di 10 besar tahun ini. Ck ck ck, kalau urusan emak-emak, memang dah, kagak ada matinyeeeee hahahaha :p.

Setelah tahun lalu, postingan “How Islamic are Islamic Countries” menjadi jawara, tahun ini jawaranya postingan Food Combining.

Berikut daftar lengkapnya (nomor urut sesuai peringkat). Biar ala-ala, kita itung mundur dong ya 😀

10-  Saat Ka’bah Hanya Berjarak Satu Jam Saja

Postingan ini di urutan paling buncit 10 besar kita. Tapi ini termasuk performance yang oke. Mengingat tulisan ini baru diposting di akhir Agustus 2015. Jadi, lumayan lah bisa nyodok di 10 besar :p.

9- Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada?

Ini bukan tulisan tahun 2015. Tapi hitsnya dihitung dari yang tahun 2015 aja lho. Memang sempat ke-share oleh banyak orang waktu saya posting ulang di akun FB saya beberapa bulan lalu. Saya tidak merasa tulisannya kontroversi lho, ya. Setidaknya itu harapan saya. Walau sepertinya yang punya pemahaman beda juga ada.

Padang Bahrah Arab Saudi foto Dani Rosyadi

Foto : Dani Rosyadi

Oh well, we’re only responsible for what we write, not for what they understand, yes? ^_^.

8- e-Hate, Bisnis Baru yang Menjanjikan?

Artikel ini pun ditulis dan dipublikasikannya bukan di tahun 2015. Tepatnya, di hampir penghujung 2014. Tapi kondisi 2015 masih sangat cocok untuk membaca kembali apa isi artikel ini hehehe. Masih alot ini hoax-hoax beredar di mana-mana. It’s ever worse :'(.

Gambar : play.google.com

Gambar : play.google.com

7- Every Mom Has Her Own Battle

Yup, ini dia postingan yang sebenarnya ditulis di tahun 2012, tapi hits tahun 2015-nya tetap berjaya di 10 besar :D. Tahun 2015 memang banyak perdebatan di dunia maya, masih bergelut di topik yang sama di kalangan ibu-ibu, ibu bekerja vs ibu di rumah!

Salam damai ya, Mamah-mamah di mana pun berada <3.

6- 10 Keuntungan tinggal di Arab Saudi

Di urutan ke-6 kembali tulisan tentang Arab Saudi :D. Dari sisi yang positif dong pastinya ;). Ini sekadar penyeimbang bagi orang-orang yang somehow belum pernah bermukim Saudi tapi nyinyirnya ampun-ampunan. Menggambarkan Saudi sudah kayak tinggal di neraka hahaha.

On the other hand ada juga orang-orang yang juga belum pernah tinggal di Saudi tapi menggambarkan Saudi nampak bagi surga dunia hihihi :p.

Women in Saudi (gambar : theguardian.com)

Women in Saudi (gambar : theguardian.com)

5- Food Combining How to Start 

Topik Food Combining di urutan ke-5 ini :D. Mudah-mudahan ini berarti kesadaran tentang pola makan pelan-pelan mulai jadi tren, ya. Tren yang positif  pastinya ;).

4- Ngabuburit ala Orang Arab

Tulisannya saya buat pas bulan puasa tahun ini. Tulisan baru juga tapi hitsnya bisa nyodok :D. Ini mungkin juga karena tulisan ini saya kirimkan ke Citizen6 di Liputan6 :D. Jadinya menuai banyak hits dari Liputan6 juga.

Sedikit komentar kontroversi saya baca-baca di fanpage nya Liputan6 hehehe. Hm, rasanya tulisan saya sih tidak negatif, ya. Coba dibaca deh, bagaimana menurut kalian? ^_^.

3- Di mana Membeli Abaya Arab?

Tulisan lama ini sepertinya konsisten menggaet pengunjung karena efek SEO hehehe. Termasuk kata kunci yang banyak dicari pembaca :D. Maklum nih, urusan belanja belanji emang selalu warbyasak deh *tepukTangan*.

Saya bukan tukang belanja sih hahaha. Ini info di tulisan saya dapatkan dari 2 sahabat saya yang masih tingal di Jeddah sampai sekarang, Bunda Ismiyati Afni dan Eneng Niera Purnama. Ciyum dulu buat dua-duanya, mmhhuuaahhh…

fotografer Dani Rosyadi Masjid Apung

Masjid Apung, Jeddah-Arab Saudi, fotografer : Dani Rosyadi

2- Syarat Pengiriman Cerpen ke Kartini dan Femina

Nah, ini juga postingan ala-ala SEO hihihi. Sebagian besar pengunjung saya yakin karena digeret dari mesin pencari di internet. Ah, tulisan ini mengingatkan betapa 2 tahun terakhir ini saya benar-benar hampir tidak pernah menulis cerpen-cerpen lagi. Padahal passion saya masih cukup besar untuk menulis fiksi :'(.

Kebanyakan fesbukan sih loooooo *toyorKepalaSendiri. 2016 more fiksi? Ah, takut bikin resolusi ginian lagi ah hahahahahaha :p.

Namanya Aryana, Femina no.24 (2)

1- Solusi Hidup Sehat ala Food Combining

Bisa dibilang tulisan ini adalah tulisan terpanjang di blog ini hahaha. Sebanyak lebih dari 3 ribu kata :D. Ya sambil sharing sambil curhat, sih. Makanya bisa berendeng gitu isinya hehehe.

Tulisan ini sejak dipublish tahu 2013 silam memang sering jadi nomor satu dari tahun ke tahun. Eh, kecuali tahun 2014 deng, 2014 menjadi milik “How Islamic are Islamic Countries?”

Gambar : yucp.net

Gambar : yucp.net

Akhir kata, terima kasih ya teman-teman yang sudah bersedia meluangkan waktu mengklik :p (dan mudah-mudahan abis diklik dibaca juga hehehe) postingan-postingan dalam blog saya ini ^_^. Ini soalnya yang keitung jumlah kliknya :p.

Demikianlah 10 tulisan di 2015 dengan jumlah pengunjung terbanyak.

Semoga di tahun ini bisa terus menulis lebih banyak lagi. Kuantitas nambah seiring dengan kualitasnya juga, aamiin <3.

Bring it on, 2016 !! ^_^

2 thoughts on “10 Tulisan di 2015 dengan Pengunjung Terbanyak :D

  1. nice recap :)…tulisannya memang keyeeen-keyeeen kok mba :)..can’t to wait to see what 2016 brings :). Happy New Year yaaa

  2. Wuidiiihhh.. selamat ya Mbak Jihan. Tulisannya emang bagus-bagus dan menginspirasi, kok. 🙂 Mak jleb gituh… Hihihi… Semoga semakin sukses di tahun-tahun yang akan datang. Dan semoga saya juga bisa mengikuti kesuksesan Mbak Jihan, tidak saja sukses menulis secara online, namun juga sukses menulis secara offline. :mrgreen: Salam blogger.

Comments are closed.