Resep Brownies Coklat Pisang

Lah, ini kenapa FC-er tahu-tahu posting resep brownies coklat pisang?

Sebenarnya 2 minggu terakhir ini saya menghindari tepung terigu dan cemilan manis-manis. Kapooook hihihi. Karena lagi doyan-doyannya masak karena ibu menyusui emang biasanya rakus, saya kebablasan. Hiks :'(. Migrain saya datang lagi.

Ini balik ke Food Combining super ketat. Cemilannya jus sayur booooo hehehe :p. Alhamdulillah ya, tempo sehari dua hari, hasil tobat langsung terlihat. Makanya, kalau pola makan bermasalah jangan cepat-cepat putus asa. Tinggal balik lagi aja dan jadikan pelajaran, cheatingnya jangan kelamaan dan kebablasan hehehe.

Baca : Solusi Hidup Sehat ala Food Combining

Tapi resep ini tetap ditempel di blog saja, deh. Sementara memang saya perketat dulu pola makan. Tapi nanti ya mungkin bakal cheating lagi :D. Cemilan model begini ya bolehlah dikonsumsi sesekali.

Saya penggemar pisang banget. Penggemar coklat juga. The real sweet tooth ^_^. Cemilan tradisional favorit saya ya Sanggara’ Balanda yang tempo hari saya posting. Baca resep Sanggara Balanda di sini. 

Pisang + coklat? Yang terbayang macam-macam. Tapi yang terpikir untuk di-googling adalah brownies :D. Kalau googling resep selalu saya sertakan source yang saya inginkan. Tempat-tempat nyontek resep saya yang terkini itu adalah  blognya Mbak Hesti dan Mbak Diah Didi. Nyarinya tetap dari Google dulu tapi hihi. Brownies Pisang ketemunya di blog Mbak Hesti ^_^.

Eh, ternyata Mbak Hesti pun dapatnya dari blognya Mbak Endang (Just Try and Taste). Bedanya, versi Mbak Hesti, browniesnya dipanggang. Mbak Endang pakai resep brownies yang dikukus. Saya ngikut Mbak Hesti :D.

Tapi modifikasi dikit beberapa bahan. Yang saya tulis di sini ya tentu versi saya hehehe. Untuk versi Mbak Hesti, klik link di atas yang saya kasih tadi. Nanti dari Mbak Hesti juga ada link ke resep aslinya yang dari Mbak Endang ;). Mbulet gini sih hahaha.

Pisang yang digunakan bebas saja. Yang penting matang. Nah, di Dunnes Stores dekat rumah, ada yang namanya “Clearance” area. Tempat favorit Bibi Gober neh hahahaha.

Biasanya di situ ditaruh buah-buah/sayuran/makanan apa pun yang sudah hampir expired. Tapi masih layak konsumsi lho. Ibaratnya, begitu beli sebaiknya harus langsung diolah. Sering banget nemu pisang-pisang super matang di situ. Satu bungkus isinya bisa 6-8 biji, dijual dengan harga 60-80 sen saja ^_^ *tepukTangan*.

Kondisi pisangnya (lihat gambar di bawah) kira-kira yang nomor 7 itu :D.

Gambar : hubpages.com

Gambar : hubpages.com

Terus, saya tidak menggunakan tepung terigu full. Saya campur dengan tepung beras ketan. Kenapa? Soalnya terigu dah mau abis hahahaha. Dan tepung beras ketan masih banyak. Jadi saya dominan pakai tepung beras ketan. Rasanya tetap enak, sih.

Saya sudah beberapa kali bikin resep ini. Pernah  juga pakai full terigu. Hasilnya mirip kok ;).

Berikut resep brownies coklat pisang (beberapa modifikasi dikit ala saya) hehehe.

Resep Brownies Coklat Pisang

BAHAN 

  1. 150 gr dark cooking chocolate
  2. 125 gr gula pasir (saya gak punya timbangan jadi saya pakai gula sekitar 7 sendok makan)
  3. 3 sendok makan minyak sayur
  4. Vanili cair secukupnya
  5. 4 pisang matang ukuran sedang. Saya haluskan dengan cobekan hahahaha. Sparta sekaleeeee :p.
  6. 2 butir telur kocok lepas
  7. 30 gr tepung terigu (ada sendok takarnya :p)
  8. 70 gr tepung beras ketan (resep aslinya 100 gr terigu, ya).
  9. Setengah sendok teh baking powder
  10. 20 gr coklat bubuk (sekitar 3 sendok makan)
  11. Sejumput garam

CARA MEMBUAT :

  1. Panaskan oven di suhu 175 dercel. Siapkan loyang. Saya pakai loyang besi dialas kertas aluminium :p. Gak punya kertas roti huhuhu.
  2. Siapkan mangkok besar. Masukkan terigu, tepung beras ketan, coklat bubuk, garam,baking powder. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Lelehkan coklat. Aduk sampai merata. Ke dalam lelehan coklat campurkan gula pasir, minyak sayur, vanili cair. Aduk sampai larut dan cair.
  4. Pisang yang sudah dihaluskan tadi dituangkan ke mangkok campuran coklat dkk tadi. Aduk rata.
  5. Tambahkan telur kocok ke adonan coklat-pisang tadi. Pesannya Mbak Hesti, pastikan coklat sudah tidak panas saat telur dicampurkan agar telurnya tidak matang :D. Aduk rata lagi.
  6. Masukkan campuran tepung (yang nomor 2 tadi) ke dalam adonan nomor 5. Saran Mbak Hesti dicampurkannya bertahap, ya. Sambil diaduk rata.
  7. Tuang dalam loyang, ratakan. Lalu panggang dalam oven. Kalau di saya, pengalaman setelah beberapa kali bikin, panggangnya cukup 30 menit saja juga sudah oke ^_^. Tergantung kondisi oven apa gimana, ya. Gak paham juga. Maklum kita mah chef jadi-jadian hahahaha.

Hasilnya? Tadaaaaaaa …

Resep Brownies Pisang

Brownies Pisang, foto : Dani Rosyadi

Ngggg…kok cuma segini? Ya sebagian besar sudah habis dimakan sendiri sama yang buat! Hahaha. Lupa suami lupa anak -_-. Enggak heran dah, gampang kena migrain kalau bandel dikit makannya hihihi.

Sudah agak lama enggak bikin resep ini lagi. Itu juga di atas foto lama. Foto terakhir bikin yang pakai tepung beras itu :D. Masih syok ini habis migrain parah setelah sekian lama enggak kedatangan “sakit” yang satu ini :(.

Btw, saya kan enggak lihai soal gini-ginian. Kira-kira kalau terigu diganti tepung beras full teksturnya bakal kayak apa sih? Pengaruhnya apa? Cobain dong terus ceritain hihihi. Saya malas nyoba-nyoba takut enggak enak hahaha.

Btw, silakan ya yang mau ikutan ber-brownies pisang ria ^_^. Enggak apa kok untuk cemilan sesekali atau untuk anak-anak yang sistem cernanya masih kinclong :p. Hari minggu, cemilan sorenya brownies coklat pisang ini. Tapi senin sampai sabtu, cemilan sorenya jus sayur dong yaaaaaa ;).

Apalagi di negeri sendiri, kita mudah mendapatkan pisang :). Tidak kenal musim dengan harga cukup terjangkau buat semua  kalangan.

Selamat mencoba! ^_^

3 thoughts on “Resep Brownies Coklat Pisang

Comments are closed.