Numpang Eksis di 10 Landmark Kota London

Pengin foto di mana kalau ada kesempatan jalan-jalan ke London? landarmark Kota London yang paling dimupeng-in? :p.

Kalau saya yang kepikiran pertama kali itu … kotak telepon merah menyala! Hahaha. Enggak penting banget ya :p.

london box telepeon

Itu versi noraknya :p. Tentu yang landmark ‘beneran’ tidak jauh-jauh dari Istana Buckingham, Travalgar Square, London Eye, Big Ben, dsb. Nah, ini daftar 10 landmark Kota London tempat saya kepengin eksis. Semuanya landmark mainstream, sih. Kepengin juga menjajal landmark lainnya tapi waktunya cuma 4 hari. Mana cukuuup … jelajah London 4 hari huhuhu :(.

Yah, mengingat ongkos visanya yang super mahal, walau jaraknya selemparan batu dari Republik Irlandia, tapi ya … kapan lagi ada kesempatan ke London? Jadi mari mengincar eksistensi di landmark terjangkau sebisanya :D. Definisi terjangkau di sini tentunya termasuk … aksesnya yang gratis! *teuteuuup*.

Semoga ada keajaiban, pemukim Irlandia walau visa Indonesia bisa jalan-jalan haratisss ke UK. Aamiin *khusyuk*.

Btw, ini masih dari episode jalan-jalan ke London tahun 2014 kemarin. Belum kelar-kelar aja gitu nulisnya hahaha.

1 – Big Ben, The UK Parliament

Sepertinya, Big Ben adalah landmark paling umum digunakan untuk merujuk ke Kota London. Jam gadang ala Eropa ini sebenarnya bagian dari bangunan UK Parliament. Tepatnya di puncak Elizabeth Tower. Towernya sendiri selesai dibangun tahun 1859.

Awalnya, nama Big Ben ini ditujukan untuk lonceng besar yang berada di dalam bangunan jam-nya. Tapi lama kelamaan orang mengenal Big Ben sebagai nama jam-nya, sekaligus nama towernya.

Jalan-jalan ke London Big Ben foto : Dani Rosyadi

Big Ben (2014), pic by Dani Rosyadi

2 – Istana Buckingham (Bunckingham Palace)

Bangunan yang tadinya bernama Buckingham House ini sudah ada sejak awal abad ke-18. Fungsi bangunan pernah dikhususkan dengan istilah “Queen’s House” untuk Ratu Charlotte istri Raja George III.

Di masa Ratu Victoria, ketika suaminya baru saja meninggal, sang ratu sangat sedih hingga pergi meninggalkan Istana Buckingham. Beliau memilih hidup di tempat lain. Probably she could not resist the grief she felt while living there without the ones she was used to have there.

Kini, kawasan Buckingham hampir tiap hari ramai oleh kerumunan turis  untuk menyaksikan ritual harian “The Changing Guard” yang biasanya berlangsung mulai pukul 10 pagi.

Baca : Upacara Pergantian Pengawal di Buckingham

mama

3 – London Eye

Landmark satu ini terletak di sisi selatan Sungai Thames, London. Saat pertama kali diperkenalkan di tahun 1999, bianglala ini menjadi yang paling tinggi di dunia, dengan tinggi bangunan keseluruhan 135 m serta diameter 120 m. Tahun 2006, kota Nanchang membuat bianglala dengan ukuran lebih besar, Star of Nanchang.

Untuk naik dan nyobain langsung bianglala-nya sih enggak gratis. Harus bayar sekitar 20 pound per orang. Lumayan ya, Ceu! Hihihi *ngikikNgirit*. Tapi kekikiran jangan sampai menghalangi semangat eksis :D. Tinggal foto aja depannya, kan beres! Hahaha.

jalan jalan ke London Eye landmark kota London

London Eye, Foto : Dani Rosyadi

4 – Trafalgar Square

Public space yang satu ini juga letaknya di City of Westminster, dekat-dekat Buckingham juga. Lokasinya persis di depan bangunan National Gallery.

Umumnya sih orang-orang duduk-duduk di pinggiran air mancur dan foto-foto dekat patung-patung memorial yang bertebaran di taman Trafalgar.

Jalan jalan ke Trafalgar Square London, foto : Dani Rosyadi

Trafalgar Square, foto : Dani Rosyadi

Salah satu bangunan memorial paling terkenal di Trafalgar Square tentunya The Nelson’s Column, yang ada patung singa di dua sisinya. Ini dia fotonya :

Jalan jalan ke Trafalgar Square The Nelson's Column foto dani rosyadi

The Nelson’s Column, Foto : Dani Rosyadi

5 – Bus Tingkat Warna Merah (hihihi)

Yoih, selain kotak telepon merah, bus tingkat warna merah juga kudu lah masuk koleksi foto-foto landmark Kota London :D. Saya sendiri pas ke sana enggak pernah malah naik bus ini hahaha.

The Red London Bus - pic Dani Rosyadi jalan-jalan ke London

London Bus, foto : Dani Rosyadi

6 – Piccadilly Circus

Tempat ini letaknya di perpotongan jalan. Bukan jalan biasa, sih. Karena areanya agak luas dan melingkar. Dari sinilah konteks nama Circus-nya. Circus, dalam bahasa Latin, artinya Cirle :D.

Letaknya di Regent Street dan Shaftesbury Avenue. Menghubungkan The Haymarket, Coventry Street, dan Glasshouse Street

Piccadilly Circus London, pic by Dani Rosyadi jalan jalan ke London

Piccadilly Circus, foto : Dani Rosyadi

7 – Tower Bridge

Jangan sampai tertukar dengan London Bridge, ya, hehe. London Bridge sebenarnya bukan area yang hits di London. Lokasinya bukan tujuan utama turis.

Yang menjadi landmark London itu adalah Tower Bridge yang seperti foto di bawah ini. Posisinya di samping Tower of London. Ke Tower of London-nya sih kudu bayar, tapi motret Tower Bridge-nya haratis dooooongggg *tepukTangan* ^_^.

Jalan jalan ke Tower Bridge London foto : Dani Rosyadi

Tower Bridge, London (foto : Dani Rosyadi)

8 – Bangunan British Museum

Kalau tidak salah, film “Night at The Museum”nya  Ben Stiller juga mengambil lokasi di museum ini. Kenapa kudu ke sini? Itu lho, Kakaaaa, bangunan tinggi warna putih yang ditopang tiang-tiang panjang kan lumayan unik, yak :p.

Don’t worry, masuk museumnya juga gratis kok. Baca : Jalan-jalan ke British Museum London.

Apalagi kalau cuma foto depannya yak ;).

In front of British Museum London pic by Dani Rosyadi

British Museum London, foto : Dani ROsyadi

9 – Tube Station

Astaga, stasiun kereta bawah tanah pun jadi landmark? Hihihi. Ini kan landmark kota London ala-ala saya :p. The Tube, nama lain dari London Underground, kereta bawah tanahnya salah satu kota metropolitan dunia ini :D.

Struktur yang menghubungkan tempat-tempat di greater area London via The Tube ini  dianggap sebagai sistem angkutang massal/cepat yang paling tua.

Iya juga, sih. Saking kunonya mungkin menjadi sulit bagi pemerintah kota untuk merenovasi fasilitas-fasilitas umum di stasiun. Misalnya masih jarang tersedia lift atau eskalator. Lumayan juga ngangkat stroller/buggy naik turun tangga stasiun huhuhu.

Tapi paling enak ke mana-mana memanfaatkan transportasi satu ini ^_^. Apalagi rute ke tempat-tempat turisnya paling komplit dan sudah terintegrasi.

Jalan jalan ke London naik Tube

The Tube (London Underground). Foto : Dani Rosyadi

10 – Westminster Abbey

Katedral ini lokasinya juga dekat sekali dari Buckingham Palace. Sayang nih, pas ke sini, lagi hujan lumayan gede huhuhu. Sudah berusaha menunggu hujan reda tapi gak selesai-selesai :(. Jadilah fotonya saya comotkan saja ya via Google Images hehe :p.

Westminster Abbey menjadi saksi dari banyak perhelatan yang berhubungan dengan anggota kerajaan Inggris. Ratu Victoria mengawali 62 pemerintahannya dengan dilantik di katedral ini. Putri Diana juga disemayamkan di tempat ini setelah mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya.

Westminster Abbey (Gambar : chsrentals.com)

Westminster Abbey (Gambar : chsrentals.com)

Peristiwa besar yang paling anyar yang bertempat di sini adalah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton di bulan April, tahun 2011 silam. Pada nonton kan, kan, kan? hehehe ;).

***

Yup, akhirnyaaaaaa … ketulis semua, sudah 10 yak *mijetJari* :D. Ya itulah 10 landmark kota London gratisan versi saya :D. Someday, kalau kalian ke sana juga, jangan lupa eksis di sana yah <3.

2 thoughts on “Numpang Eksis di 10 Landmark Kota London

  1. salam kenal Mbak Jihan

    foto2nya juga keren

    desember 2015 saya ke London..saya mau mengunjungi landmark dalam post ini.

    doakan lancar ya mbak , tidak kesasar hehehe

Comments are closed.