Pengurusan Visa Irlandia

Tertarik mengunjungi negara Republik Irlandia buat jalan-jalan tapi sudah tahu belum cara pengurusan visa Irlandia? :D. Ya kali-kali ya lagi mencari banyak tempat hiking dengan pemandangan alam bebas yang nyaris belum tersentuh tangan manusia ;).

 

Killarney tepi danau

1. Visa Irlandia (Republik Irlandia) BEDA dengan visa UK (Kerajaan Inggris Raya) :D.

2. Bedakan antara Irlandia Utara vs Republik Irlandia. Irlandia Utara memang bagian dari UK dan ke sananya pakai visa UK. Irlandia Utara ibukotanya Belfast. Kalau Rep Irlandia ibukotanya Dublin ;).

Sedikit tambahan, UK memang terdiri dari 4 wilayah, yang dalam kurun itu ibukotanya masing-masing : England (London), Scotland (Edinburgh), Wales (Cardiff) dan North Ireland (Belfast).

Republik Irlandia (Dublin) berdiri terpisah sebagai satu negara lain. Walau berbagi wilayah di Pulau Irlandia dengan North Ireland.

Mudah-mudahan tidak “bingung” lagi hehe ^_^.

3. Visa UK, TIDAK BISA dipakai untuk masuk ke Republik Irlandia.

4. Tapi ada cara “lain” untuk ke Dublin (Rep Irlandia) dari Irlandia Utara karena satu daratan hehehe. Pakai jalan darat (naik bus) dari Belfast (Irlandia Utara) ke Dublin (Rep Irlandia). Jarang banget dicek. Pengalaman teman-teman saya di sini dari Dublin mereka bolak balik ke Belfast aman-aman saja tanpa visa hehehe. Di perbatasan darat memang nyaris tidak ada pengecekan. Kalau pun dicek umumnya diloloskan saja. Tapi saya sarankan tetap waspada ya.

Lebih aman apply saja visa Irlandia jika memang dari UK ingin ke Irlandia (Dublin). Toh gratis ini ;).

5. Visa ke Irlandia untuk paspor Indonesia BEBAS BIAYA. Visanya sih tetap harus apply tapi enggak ada biaya apa pun. Kedutaannya di WTC 1 Lantai 14, Jl. Jend Sudirman. Agak lama prosesnya, bisa 4-6 minggu. Karena katanya memang masih dikirim ke Singapura dulu. Tapi biaya admin yang dulu itu SUDAH TIDAK ADA.

Ibu saya sudah coba apply dan berhasil bulan Juli kemarin. Bebas biaya. Paspor tidak diminta kok. Tetap di kita. Nanti begitu visa jadi, kita ditelepon dan diminta bawa paspor dan nanti pihak kedutaan yang nempelin visanya di paspor kita.

6. Maskapai banyak kok yang ke Dublin. Kemarin ibu saya naik KLM bekerja sama dengan Garuda. Jadi tiketnya KLM, tapi dari Jakarta – Amsterdaam menggunakan pesawat Garuda. Dan pas pulang dari Amsterdaam ke Jakarta juga naik Garuda. Nomor penerbangan tetap KLM.

Dari Amsterdaam ke Dublin dan sebaliknya naik Aer Lingus, maskapai Irlandia.

2x check in tapi bagasi tidak perlu diambil di Amsterdaam. Boarding pass-nya saja yang perlu diminta. Karena dari Jakarta hanya dapat satu boarding pass. Begitu juga pas pulangnya. Prosesnya sama.

7. Tiket Jakarta-Dublin-Jakarta sekitar 800 an euro. Itu biasanya di low-season, april-mei ATAU oktober-november. Musim-musim nanggung hehehehe.

8.  Ini persyaratan lengkap untuk pengajuan pengurusan visa Irlandia,

copas langsung nih dalam bahasa Inggris :

Visa Irlandia, gambar : lawandvisas.com
Visa Irlandia, gambar : lawandvisas.com

Irish Visa Application Requirements

1.  Application Form, download  di www.visas.inis.gov.ie – signed by applicant
2. Visa Category – correctly entered
3. Letter of Undertaking signed
4. Company original letter
5. Reference Letter from Ireland
6. Bank Statements/ pay slip – 3 to 6 months
7. Accommodation Details
8. Flight Itinerary (not the ticket)
9. Travel Insurance
10. Birth Cert or Marriage Cert (must be translated in English by sworn translator)
11. Copy of current passport + visas of travel history (validity of passport – more  than 6 months) and previous passport
12. 2 Photos with white background 3.5 x 4.5 (zoom 80%)
13. Visa application fee GRATIS for Indonesian Citizen
14. Visa application process approximately 4-6 weeks

**Please make 2 sets of all documents
**Please Submit Documents in order as above

The Consulate will NOT keep your original documents, however we will need to see  and verify the ORIGINAL PASSPORT and ORIGINAL BIRTH or  MARRIAGE CERTIFICATE and then return to applicant.

INCOMPLETE DOCUMENTS ARE NOT ACCEPTED

***

Overall, sih, mirip dengan cara apply visa ke negara lain untuk paspor Indonesia. Demikian tata cara pengurusan visa Irlandia dari saya, ya. Semoga membantu ya ^_^.

7 comments
  1. Utk jumlah uang di rekening apakah ada ketentuan mesti miniman berapa, gitu? Thank’s in advance

  2. kalo mau ke Belfast lebih baik bikin visa Ireland atau UK ya?
    serius itu ga ada biaya sama sekali?

  3. Aku dikirim email dr embassy trus dikasih details requirements yg aku mesti fill it up. Tapi biaya Rp.900.000 dikorim.via transfer ke plaza bapindo branch mbak. Gak gratis, apa itu benar?

    1. Enggak. Harusnya gratis.

  4. Mbak, aku mau nanya : ada yang bilang katanya kalau kita mau ngurus visa harus ada sponsor penjamin. Dan sponsor aku ini adalah pacar aku yang aku kenal di site Internationalcupid. Apakah benar untuk mengurus visa harus melampirkan bukti dari percakapan atau chattingan kami selama ini ya mbak?
    Dan apakah ada agen yang bisa menmbantu aku untuk membuat pengurusan visa karna aku tinggal di kota medan?
    Terima kasih mbak atas informasi dan bantuan dari mbak.

    1. Coba join di grup Indonesian-Irish Group di Facebook, Mbak. Banyak yang bisa kasih info lebiih akurat nanti di sana

Comments are closed.