Masakan Sulawesi : Resep Kue Sanggara Balanda

Ini salah satu kuliner khas atau masakan Sulawesi –> Sanggara Balanda (bahasa Bugis) artinya Pisang Goreng Belanda :D. Kok bisa kayak gitu ya namanya? Hihihi.

Konon, menurut mama saya nih ya, pisang goreng ini kan menggunakan mentega dan keju. Di masa lalu, kedua jenis makanan ini identik dengan makanan orang Belanda. Zaman dulu pan, banyak lho orang Belanda di berbagai wilayah Indonesia. Katanya sih  mereka yang memperkenalkan keju, mentega dkk ini ke orang pribumi di Indonesia.

Jadi, resep ini sudah resep turun temurun untuk orang Bugis. Bukan resep bikinan orang Belanda! :p.

Btw untuk yang Food Combiner, ini hanya untuk “menu cheating” saja yaaaa :D. Buat cemilan sore-sore. Sanggara Balanda sendiri tidak diperjualbelikan secara umum seperti umumnya penganan khas Bugis yang lain. Kue basah model begini mungkin tidak tahan lama, ya. Begitu dibikin harus langsung disantap ^_^.

Cara bikin dan bahan-bahannya? Gampang lah pokoknya. Makanya, yang agak-agak kuper di dapur kayak saya semangat bikinnya :D. Ya cemilan favorit juga sih ya makanya dibela-belain sharing resepnya ;).

Masakan Sulawesi : Resep Kue Sanggara Balanda

Bahan-bahan :

  1. Pisang raja atau pisang tanduk yang sudah  masak betul (saya menggunakan pisang tanduk sekitar 4 buah). Jangan yang mengkal.
  2. Satu butir telur kocok lepas.
  3. Dua genggam kacang tanah kulit, digoreng, lalu dikuliti sampai bersih. Lalu dicincang kecil-kecil. Kalau ajaran dari mama saya nih, digiling saja pakai rolling pin, yang biasanya dipakai menggilas adonan itu. Atau bisa pakai botol (kaca) bekas yang model panjang.
  4. 3 sendok makan mentega
  5. Keju diserut, jumlahnya terserah saja sih ya :D. Saya pakainya tidak banyak karena tidak terlalu suka keju.
  6. Gula pasir sekitar 6-8 sendok makan

Cara Membuat :

Resep kue Sanggara Belanda
Foto : Dani Rosyadi
  1. Ini untuk isiannya dulu. Campurkan kacang goreng cincang + mentega + keju + gula pasir dalam satu wadah / mangkok. Aduk sampai merata. Sisihkan.
  2. Pisang yang sudah dipotong digosok-gosok permukaannya dengan kulit pisang bagian dalam biar permukaannya licin dan halus. Setelah itu pisang dipotong 2. Dipotong ya bukan dibelah hehehe. Pisang yang saya gunakan ukurannya besar-besar, jadi saya bagi 4, total dapat 16 potong.
  3. Pisang digoreng sampai kecoklatan.  Angkat dan tiriskan.
  4. Satu persatu pisang dicelupkan ke dalam kocokan telur dan digoreng kembali. Asal kena minyak. Jangan lama-lama.
  5. Tiap potongan pisang dibelah tengahnya (memanjang). Jangan sampai pisangnya terbelah. Belah setengah saja asal bisa diisi. Dalam kondisi panas-panas, masukkan bahan isian ke tengahnya.

Kue Sanggara’ Balanda umumnya dijadikan salah satu sajian dalam acara-acara adat Bugis-Makassar. Acara pernikahan termasuk diantaranya.  Biasanya kan ada jajaran bosara’ ditaruh bersusun-susun untuk hidangan para tamu. Bosara’ ini isinya 12 jenis kue. Sanggara’ Balanda termasuk diantaranya ^_^.

Waktu akad nikah saya dulu juga menggunakan adat Bugis. Cuma numpang sih di rumah saudara dan agak ribet jadi enggak sempat ngumpulin dokumentasi. Boro-boro dah mau foto-foto bosara’ dkk, dramanya panjaaaaaang hahahaha.

Ini nih yang namanya bosara’ :D. Pernah lihat? 😉

Deretan Bosara' di acara adat Bugis-Makassar (gambar : id.pricetag.org)
Deretan Bosara’ di acara adat Bugis-Makassar (gambar : id.pricetag.org)

Kapan-kapan saya share lagi resep kuliner khas Bugis-Makassar. Kalau enggak malas hahaha. Enggak doyan masak, sih. Itu juga kalau kebetulan masak, penampakan suka ngaco jadi malas foto-in nya :p.

Dipraktekin resepnya ya Kakaaaaaaa ^_^.

Updated : sekarang saya lagi rajin nih bikin vlog resep, ini playlist dari resep-resep Dapur Davincka yang sudah sempat direkam-rekam iseng hehehehe. Hope they help, yak ;). Sudah ada beberapa resep nih :D.

***

Summary
Recipe Name
Sanggara Belanda
Published On
Preparation Time
Average Rating
31star1star1stargraygray Based on 8 Review(s)
9 comments
  1. lucu juga makanannya.. pisang goreng pake remahan kacang 🙂 tapi masih mendinganlah.. ampe sekarang saya masih suka ketawa-ketawa kalo inget pengalaman jajan pisang goreng di pinggir jalan di Manado, karena dikasih cocolan sambel terasi 😀

    1. Hahahahahha iya. DI Sulawesi Selatan juga umum makan pisang goreng pakai sambel :D. Tapi yang ini, Sanggara’ Balanda-nya manis punya lho Kakaaaaa. Cobain dulu dong yuk hehe :p.

  2. Kalo lagi santai.. memang enak bikin pisang goreng campur mentega dan keju. Tapi yang model Sanggara Balanda ini yg pake kacang kulit digoreng trus dicincang atau digiling.. trus dicelupkan dlm kocokan telur… wah.. belum pernah dicoba nih. Terimakasih resepnya, mbak Jihan. Segera kami coba 🙂

    1. Iya Pak, ini agak beda lagi. Coba ya hehehehe. Enak ini, ditanggung :D.

  3. Siap mbak jihan ntar aku praktek kayaknya mudah nih…salam kenal mbak jihan mungkin sy penggemar terbaru blog anda, karena baru tahu blog jihan bulan nov 2015 ini, jd skrng lg baca2 tulisan jihan yg backward..baguuuuuus2 tulisannya, aku javaness mbak tapi tulus gk bisa basabasi lho he he..peace

    1. Hihihihi komen soal basa-basi ini pasti gara-gara baca People we haven’t met yet nih :p. Salam kenal ya Mbak, terima kasih sudah baca-baca blog saya ^_^.

  4. Eh pernah banget makan ini di sangatta -nun jauh di kaltim sana ya- karena jumlah perantau disana banyak banget orang bugis. Makanannya enak2 ya. Tiap pulang kerja atau jalan2 melipir di kedai makasar ini deh.. ampe yg punyanya bingung, ga takut diabetes apa neng ini nongkrong tiap hari hahahaha. Pas awal agak kaget karena saya kiraan gosong pisangnya * ya maap, mustinyah caramelized gitu ya bahasanya :p * ternyata enakkk ya walopun maniss bgt buat saya yang lidah sundaan hehehe.
    Mbak ji (sok akrab), sering lagi dong bagi2 resep praktis masakan bugis dimari.. 🙂

    1. maunya begitu. Tapi jarang dan gak jago masak nih hahahahahha :p

  5. Saya suka yang dingin dari kulkas..yummi..kue Bugis memang manis manis seperti gadis Bugis 😀

Comments are closed.