Katanya, Dunia Tidak Peduli?

1. Dunia tidak peduli pada Perang Irak?

Sudah baca ini ? —> Protests against the Iraq-War 

Malah, salah satu protes anti Perang Irak yang berlangsung di Roma memecahkan rekor dengan jumlah pemrotes terbanyak.

Saya kutip ya :

“Largest Anti-War Rally

On February 15, 2003, anti-war rallies took place across the globe – the largest occurring in Rome, Italy, where a crowd of 3 million gathered to protest against the USA’s threat to invade Iraq. Police figures report that millions more demonstrated in nearly 600 cities worldwide: on the same day, 1.3 million rallied in Barcelona, Spain, 1 million participated in a peace march through the streets of London, UK, and 500,00 people in Melbourne and Sydney, Australia, joined the biggest marches since the Vietnam War peace protests.”

Dari situ juga kelihatan, ada demo anti perang lainnya dari wilayah lain di Eropa :).

2. Dunia tidak peduli pada Palestina?

Wah, ini yang paling banyak linknya hehehe. Perwakilan saja ya saya sertakan di sini. Sila dicari lebih lengkap kalau mau :).

Ini yang versi foto-foto. Aksi protes dari berbagai belahan dunia dirangkum di sini. Klik tanda panah di bagian kanan foto for the next pic.

Di Tel Aviv sendiri juga ada demo –> Demo anti kekerasan di Gaza (Tel Aviv)

Salah satu protes di London –> Gaza Protest March in London

3. Dunia tidak peduli pada Bosnia?

Kasusnya bahkan dibawa ke pengadilan internasional dan diadili sebagai kejahatan perang –> War Cries Chamber in Bosnia 

4. Dunia tidak peduli pada Afghanistan?

Ini daftar lengkapnya, sumbernya juga banyak tuh di bagian bawahnya. Monggo disikat satu persatu ^_^.

5. Dunia tidak peduli pada Suriah?

Jangankan negara-negara mainstream, di sebuah kota kecil di Republik Irlandia, salah satu negara Eropa yang paling tidak tenar (hihihi), sebuah sekolah Katolik beberapa kali menggalang dana + baju-baju/selimut untuk Suriah :). Sekolah itu… sekolah anak saya :’).

Bantuan dikumpulkan via organisasi di gereja sekolah untuk disatukan dengan bantuan lain dari seluruh penjuru Irlandia. Itu sudah dilakukan sejak tahun 2014.

6 … dan seterusnya. Ini masih perlu dilanjutkan kah? Fungsi kalian terkoneksi ke internet itu seharusnya bikin “kalian” lebih aware dengan situasi di tempat lain kan ya? Biar lebih tahu dan tidak terus-terusan hidup bagai katak dalam tempurung? Sumber berita itu bukan cuma FACEBOOK! Bukan juga media sosial lainnya :p.

***

See my dear friends, humanity beyond our differences, including religion :).

Kita seharusnya bekerja lebih keras untuk menyiarkan kedamaian. Memperlihatkan bahwa kita itu bisa lho hidup damai dalam perbedaan. Menunjukkan kalau ada tempat-tempat di dunia ini di mana kalian bisa berjalan bebas tanpa mesti menyembunyikan identitas agama kalian dan kalian tetap mendapat kedamaian dan penghormatan dari orang lain.

Setidaknya itu yang saya rasakan sebagai muslimah berjilbab di negara mayoritas Katolik di sini :).

Juga menyadarkan bahwa kadang persamaan tidak lantas membuat kita dijunjung tinggi oleh orang lain. Dan itu kadang-kadang tidak berhubungan dengan agama :). Ada hal lainnya lagi. Jangan heran kalau seringkali di beberapa kesempatan di Timur Tengah, kita, orang Asia Tenggara/Selatan dipandang sebelah mata oleh saudara-saudara sesama muslim kita yang beda ras :). Itu masalah ekonomi semata. Bahwa mengapa agama tidak sanggup mematahkan hal ini itu adalah peer kita semua bukan? :).

Makanya teman-teman, kita harus terus menghidupkan harapan tentang “dunia yang damai” itu ADA dan insya Allah bisa kita perjuangkan.

Mungkin karena itulah, jika ada gejolak yang menimpa wilayah-wilayah yang kita tahu di sana harapan kita ada (di Paris misalnya), kita terkejut! Lebih terasa efeknya!

Karena separuh hati kita terasa limbung dan was-was nan khawatir, “Apakah sudah tidak ada tempat di mana kita bisa menaruh harapan bahwa perbedaan itu benar adalah rahmat :). Bahwa kita bisa lho hidup damai dalam perbedaan. ”

Gambar : misacor.org

Gambar : misacor.org

Setop adu domba, yuk! ^_^. Setop menyebarkan kebencian untuk hal-hal yang bahkan kita sendiri tidak tahu :).

49:13. Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku SUPAYA KAMU SALING KENAL MENGENAL. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Itulah salah satu gunanya merantau bukan? 😉 <3

Baca : To Read More Pages 

foto traveling

2 thoughts on “Katanya, Dunia Tidak Peduli?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *