10 Serangan Terorisme di Kota Besar Dunia Abad 21

Abad 21, abad terkini, ternyata belum mampu melepaskan dunia dari berbagai perselisihan dan pertikaian seperti di masa lalu. Seperti aksi terorisme yang makin marak. Dari tahun 2000 hingga kini, ada saja tindakan terorisme yang mampu menggugat perhatian dunia.

Berikut 10 serangan terorisme di kota besar dunia di abad terkini :

Gambar : www. acontrarioicl.com

Gambar : www. acontrarioicl.com

1 – Paris (Perancis) 2015

Masih hangat dalam pemberitaan terkini, sekitar 150 orang korban mati dalam sebuah serangan teroris di Paris. Ada beberapa titik penyerangan. Titik serangan di Balai Konser Bataclan yang paling banyak menelan korban, 100 orang tewas dan belasan korban luka-luka.

Titik lainnya, penyerangan di restoran Kamboja, Le Petit Cambodge, Rue Bichatat. Serangan bom bunuh diri di State de France, tepatnya di sebuah bar yang sedang menggelar nonton bareng sebuah laga sepak bola. Daerah Rue Charonne juga tidak luput dan menelan korban belasan jiwa.  Ledakan bom di Avenue de La Republique. Terakhir, juga ledakan di Rue Beaumarchais.

Total ada 6 tempat yang menjadi lokasi berdarah. Adapun pelaku masih terus diinvestigasi.

Gambar : www.wbur.org

Gambar : www.wbur.org

2 – Beirut (Lebanon) 2015

Sehari sebelum penyerangan di Paris, Beirut sudah lebih dahulu berguncang. Serangan dua bom terjadi di wilayah selatan Kota Beirut. Serangan pertama dekat sebuah masjid. Beberapa menit kemudian kembali meledak di sebuah pusat perbelanjaan. Sekitar 43 orang terbunuh dalam serangan ini. Ditambah ratusan lainnya yang luka-luka. Sebuah kelompok bersenjata (mengklaim diri mereka sebagai ISIS) mengaku bertanggung jawab.

Baca : Katanya, Dunia Tidak Peduli?

3 – Bangkok (Thailand) 2015 

Serangan bom di Bangkok juga belum lagi lepas dari ingatan. Terjadi hanya dalam selang kurang dari 3 bulan lalu. Tanggal 17 Agustus pengeboman terjadi dalam sebuah kuil “Erawan Shrine” di Ratchaprasong intersection, Bangkok. Peristiwa ini merenggut 20 nyawa dan melukai 125 lainnya.

Ada dugaan pengeboman dilakukan karena sentimen ekonomi, untuk melemahkan pesona wisata Bangkok. Tidak hanya orang lokal yang menjadi korban, sejumlah turis dari negara lain turut menjadi sasaran pengeboman.

Salah satu pelaku yang dicurigai terlibat adalah sebuah organisasi bernama Grey Wolves.

4 – Garissa (Kenya) 2015

Tanggal 2 April 2015, pukul setengah 6 pagi waktu lokal,  5 orang bersenjata memasuki kawasan asrama di Universitas Garissa di Kota Garissa, Kenya. Mereka mengumpulkan ratusan orang-orang dan menawan mereka di sebuah lokasi tertentu di sana. Kemudian menembaki para tawanan hingga akhirnya menewaskan 147 orang, sekitar 79 lainnya mengalami luka-luka.

Sebuah organisasi, Al Shabaab, memberi pernyataan yang mengklaim kalau mereka bertanggung jawab atas serangan ini. Organisasi ini berasal dari Somalia.

Sebenarnya, negara Kenya sudah beberapa kali mengalami serangan teroris yang cukup memakan banyak korban. Salah satunya di tahun 2013, di mana serangan bersenjata dilakukan di sebuah mal di Nairobi dan menewaskan 67 orang, sementara sekitar 200 orang terluka.

Gambar : blogs.wsj.com

Gambar : blogs.wsj.com

5 – Kunming (China) 2014

Sebanyak 33 orang meninggal dan 143 orang luka-luka dalam sebuah serangan terorisme di Kunming, China, 1 Maret 2014 silam. Korban meninggal termasuk 4 tersangka pelakunya. Yang unik dalam peristiwa ini, serangan dilakukan dengan senjata pisau besar/pedang.

Sebanyak 8 orang terlihat datang membawa pisau berukuran besar dan menyerang orang-orang di Kunming Railway Station sekitar pukul setengah 10 malam waktu setempat.

Pelaku diduga berasal dari sebuah organisasi yang berafiliasi dengan wilayah yang hendak memerdekakan diri dari Persatuan Republik China.

6 – Peshawar (Pakistan) 2014

Di penghujung tahun 2014, giliran Pakistan yang berduka akibat serangan terorisme yang kali ini meminta nyawa anak-anak usia sekolah. Peristiwa ini dikenal dengan “Peshawar School Massacre”. Beberapa orang bersenjata menyerang sebuah sekolah di Peshawar (Army Public School) dengan tembakan membabi buta pada tanggal 16 Desember 2014 saat pelajaran masih tengah berlangsung di kelas-kelas.

Gambar : rt.com

Gambar : rt.com

Lebih dari 140 orang meninggal, mayoritas anak-anak sekolah. Sementara 114 lainnya luka-luka. Sebuah organisasi bersenjatan Taliban mengakui sebagai pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa ini.

Baca : Serangan Teroris di Pakistan 2014

7 – Oslo dan Utoya (Norwegia) 2011

Musim panas tahun 2011, Norwegia pun pernah membuat dunia terperanjat. Di tanggal 22 Juli 2011, serangan terjadi secara beruntun di 2 tempat berbeda. Diawali dengan ledakan bom mobil di Regjeringskvartalet, salah satu pusat pemerintahan di Oslo. Bom ini menewaskan 8 orang dan lebih dari 200 orang terluka.

Tidak sampai 2 jam kemudian, pelaku yang sama datang ke sebuah perkemahan musim panas di Pulau Utoya, Tyrifjorden, Buskerud. Pelaku melepaskan tembakan terbuka secara membabi buta dan menewaskan 69 orang dan 110 lainnya luka-luka.

Penyerangan ini dilakukan secara tunggal oleh seorang yang bernama Anders Behring Breivik.

Gambar : www.boston.com

Gambar : www.boston.com

8 – London (Kerajaan Inggris Raya) 2005

Empat pelaku meledakkan 3 bom di London Underground Train pada tanggal 7 Juli 2005 sekitar pukul 9 pagi waktu setempat. Kurang dari satu menit, 3 bom ini meledak di 3 tempat berbeda : London Underground Stock Circle Line antara stasiun Liverpool Street dan Aldgate, Edgware Road, dan di sebuah tempat diantara King’s Cross St. Pancras and Russell Square.

Bom keempat meledak tidak sampai satu jam setelahnya. Kali ini terjadi di sebuah Double-Decker Bus yang sedang melintas dari Marble Arch menuju Hackney Wick.

Sebanyak 57 orang meninggal dunia dan melukai sekitar 700 orang lainnya.

Korban meninggal termasuk 4 tersangka pelaku pengeboman : Hasib Hussain, Mohammad Sidique Khan, Germaine Lindsay dan Shehzad Tanweer.

9 – Denpasar (Indonesia) 2002 

Tanah air kita sendiri juga pernah mencatat serangan terorisme yang meminta korban hingga lebih dari 202 meninggal dan 209 terluka. Kejadiannya di Denpasar, Bali, Indonesia. Bertempat di sebuah klub malam  bernama Paddy’s Pub, sebuah bom meledak, tanggal 12 Oktober 2002. Berselang 20 detik kemudian, sebuah mobil yang terparkir di depan Sari Club dengan kekuatan lebih besar, juga ikut meledak. Ledakan bom mobil inilah yang memakan korban terbesar. Lokasi Sari Club berada di seberang Paddy’s Pub. Keduanya berada di wilayah  Pantai Kuta, Denpasar, Bali.

Sebuah kelompok (Jamaah Islamiyah) diadili sebagai pihak yang bertanggung jawab. Tiga orang dijatuhi hukuman mati : Imam Samudra, dan Amrozi, Huda  bin Abdul Haq.

Tahun-tahun setelahnya, Indonesia kembali berduka atas serangan bom di Hotel JW Marriot di ibukota Jakarta. Tepatnya pada tanggal 5 Agustus 2003, menewaskan 12 orang dan melukai 150 orang lainnya. Tanggal 9 September 2004, bom mobil meledak di dekat kedutaan Australia, Jakarta. Menewaskan 9 orang dan lebih dari 150 orang terluka.

Bali Memorial (gambar : en. wikipedia.org)

Bali Memorial (gambar : en. wikipedia.org)

10 – Manhattan, New York City (Amerika Serikat) 2001

Tanggal 11 September 2001, serangan teroris yang memakan korban terbanyak dari peristiwa yang disebut di atas terjadi di Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Hampir 3000 orang meninggal dunia dengan korban luka-luka lebih dari 6000 orang.

Dalam waktu 15 menit, ada 2 pesawat komersial menabrakkan diri ke gedung World Trade Center, Manhattan, pukul 8.40 pagi waktu setempat. Pesawat ini sudah dibajak terlebih dahulu oleh kelompok teroris yang hingga kini belum benar-benar terkuak pelakunya dan banyak dillingkupi teori konspirasi.

Ada pun organisasi Al Qaeda yang dituding bertanggung jawab atas peristiwa ini. Al Qaeda tidak menampik tuduhan ini.

***

2 thoughts on “10 Serangan Terorisme di Kota Besar Dunia Abad 21

  1. Mb jihan, kok yg suriah ngga ada? Padahal ini sudah lebih dr tindakan teroris2 di atas loh
    Sdh lbh dr 250rb org rakyat sipil ahlussunnah di sana meninggal akibat didzolimi presidenny yg notabene syiah. Anak2 mereka dibunuh dan wanita2 diperkosa d depan ayah, anak, dan suami mereka.
    Silahkan cari di media mainstream, mb jihan pasti tdk akan mendapati ttg berita2 ini karena media mainstream dibacking yahudi yg pro syiah (asal usul adany syiah dr org yahudi yg pura2 msk islam).
    Berita2 ttg kekejaman bashar ashad sendiri dipublikasi pribadi oleh rakyat sipil, karena media mainstream sengaja tutup mata dan telinga.
    Oleh karena itu, berita dari media islam seringkali mengulas ttg hal ini agar masyarakat tahu apa yg sebenarny terjadi. Ini sy jg dapat kbr pribadi dr teman tetangga saya yg sudah tinggal di sana selama 15 tahun.
    Giliran ada teror di paris, seluruh dunia lgsg bersuara, tp giliran muslim yg dibantai seperti di rohingya dan suriah sekarang, media2 itu bungkam semua….
    Memang, kita jg hrs ikut prihatin sbg seorang muslim atas teror di paris, tp ya jgn jg ikut2an tutup mmata ttg apa yg terjadi di suriah dan rohingya misalny…
    Di paris korban 120 pelaku katany muslim, lgsg dicap teroris
    Tp giliran di rohingya yg rakyat etnis rohingya muslim dibunuhi sudah ribuan org, bahkan samp ngungsi k aceh jg, tp para pelaku adalah bkn dr muslim, mereka tidak dicap teroris tuh….
    Miris deh
    Saya sebagai seorang muslim jg mengutuk tindakan teror di paris, karena mereka pelaku
    mengatasnamakan islam tp sebenarny aksi mereka justru tidak islami karena hal ini justru sangat diharamkan dalam islam….
    Maksud saya menoreh tulisan ini, saya mengajak mb jihan dan semua agar lebih membuka pikiran kita, bahwa jgn hanya termakan isu2 dr media mainstream semata….
    O y, perlu d garisbawahi, rakyat suriah 80 persen ahlussunnah dan syiah hany sekitar 10 persen lebih, akan tetapi karena penguasany syiah, maka terjadilah apa yg terjadi sekarang…. Silahkan mb jihan cari ttg penyebab rakyat
    suriah melakukan perlawanan, pasti ny tdk akan ada d media mainstream….

    Sekian tulisan saya, semoga mb jihan nanti bisa memposting tulisan berimbang tentang yg dialami muslim saat ini….
    Terima kasih telah membaca tulisan saya ini

    • Mbak Astuti, jarang baca berita atau bagaimana? Berita tentang Suriah banyaaaaaaaaakkkkkkk banget-banget-banget di media mainstream ^_^.

Comments are closed.