Lebaran di Irlandia, Eid Mubarak 1436 H

Yang pertama … elus-elus perut dulu! Hihihi :p. Jamuan makan 3 hari berturut-turut *ciuminPiring*.

Lebaran di Irlandia

Hari pertama, di hari raya-nya, saya yang kebagian jadi tuan rumah. Cuma mengundang satu keluarga sih tapi karena campur-campur sama ngidam juga ya masaknya macam-macam. Kami mengundang Mama Maya sekeluarga, satu-satunya keluarga Indonesia di kota ini selain kami :D.

makan2

Pengin juga sih kayak orang-orang Malaysia gitu yang kalau ngadain jamuan makan, seantero orang Malaysia di penjuru Republik Irlandia diundang semua. Tapi ya tahu diri apartemen terbatas :p dan lagian…orang Indonesia di Irlandia enggak banyak dan enggak gitu dekat juga dengan mereka :(.

Lagian enggak kuat juga kali masaknya kalau borongan gitu hahahahaha.

Kayak tahun-tahun kemaren, hari lebaran enggak pernah salat Ied :p. Jaga anak saja di rumah. Suami juga enggak libur. Sehabis dari masjid langsung ke kantor dulu. Jam 12 siang baru pulang lagi.

Mama Maya sekeluarga datangnya hampir jam 1 siang setelah diteror sama bumil via WA sejak jam 12 an hahahhaha. Lapeeerrrr … masa mau makan duluan? :p.

Eh, ternyata mereka datang bawa sate ayam banyaaaakkk banget ^_^. Sedapnyaaaaaa <3. Saya juga bikin sate, tapi versi pemalas, enggak pakai ditusuk-tusuk hihihi.

Satenya enggak sempat kepoto sudah disikat duluan sama anak-anak :D.

Randang + talua balado Uni Jihan :D

Randang + talua balado Uni Jihan 😀

Makan siangnya fun banget. Sambil ngobrol sambil ketawa-ketawa :D. Kenyang plus hepi.

Agak siangan ternyata Pak Rahmat sekeluarga juga menelepon, kepengin datang berkunjung. Huaaaa…sempat panik, itu makanan tinggal sisa-sisa :(. Untung juga nih dikasih sate ayam segabruk-gabruk sama si Maya jadi tetap cukup aja sih menjamu satu keluarga lagi :D.

Pak Rahmat ini keluarga Malaysia yang pernah tinggal di kota ini juga. They helped us sooo much once we were still newbie in this town ;). Mereka sudah beli rumah sendiri dan pindah ke kota lain.  Masih dekat sih, sekitar 30 menit nyetir.

Sate ayam + lontong Simbok Jihan :D

Sate ayam + lontong Simbok Jihan 😀

Menjelang jam 7 sore, acara pun bubar. Tuan rumah tepar dulu hahahaha.

Besoknya masih lanjut doooongg acara makan-makannya. Kita ngikut ke jamuan makan siang orang-orang Malaysia :D. Seperti saya bilang tadi, orang Malaysia kalau mengadakan acara makan-makan, yang diundang banyaaaakk. Semacam open house dari pagi sampai malam gitu.

Orang Malaysia di Republik Irlandia sini memang banyak. Konon lebih dari 3 ribuan orang. Bandingkan dengan orang Indonesia yang kayaknya hanya sekitar 200 an orang, hiks :'(. Pantas ya, orang Malaysia senangnya tinggal di rumah yang berukuran lumayan. Biasanya dilengkapi dengan backyard yang luas. Untuk menampung tamu segambreng :D.

Mereka banyak yang datang sebagai mahasiswa dan akhirnya lulus dan terus bekerja di sini. Banyak yang berprofesi sebagai dokter juga lho ;).

Hari sabtu-nya di rumah Kak Juli, satu kompleks dengan rumah Maya. Menunya Mi Laksa komplit dan Nasi Biryani dengan aneka lauk dan semeja penuh cemilan manis. Makan puas-puas deh ^_^. Tamunya lagi banyak-banyaknya pas kami datang. Entah kloter ke berapa udah tuh.

Sayang enggak sempat foto-foto di rumah Kak Juli. Malu juga kali. Minoritas kok banci eksis hihihi. Ada sih difoto-foto. Tapi pakai kamera  mereka. Pasrah sajalah disuruh ikut-ikut nampang.

Hari minggu terus lanjut di rumah Pak Rahmat yang pas hari raya datang ke rumah kami tadi. Beliau tinggalnya di County lain. Tapi masih terhitung enggak jauh-jauh banget.

Rumah Pak Rahmat super lagi gedenya.. ck ck ck :D. Kamar tidur ada 4, sempat main ke lantai atas, kamar tidur 3 dengan 2 kamar mandi segede-gede gaban. Aihhhh, jadi kepengin tinggal di rumah juga. Terus langsung lemes bayangin beres-beresnya gimana hahahaha.

Ini ada satu foto yang saya comot dari akun FB-nya si empunya rumah ;).

Jamuan Raya di rumah Pak Rahmat

Jamuan Raya di rumah Pak Rahmat

Yang begini-begini nih yang bikin kangen pas lebaranan di Jeddah :D. Semirip-miripnya budaya kita dengan budaya Malaysia, tetap saja rasanya enggak all out ya kalau mau mengobrol lepas hehehe.

Tapi overall, hari raya Idul Fitri tahun ini jauuuhhh lebih ‘semarak’ ketimbang lebaran tahun 2013 silam yang juga kami rayakan di Irlandia :D. Tahun 2014-nya pan mudik hehehe.

Insya Allah, tahun 2016 kepenginnya lebaran di tanah air lagi. Kalau semua lancar, sekalian mengenalkan si calon anggota baru kepada kampung asalnya *elusBebiDalamPerut* :D.

Ya begitulah kegiatan Idul Fitri tahun ini yang didominasi acara makan-makan hahaha.

Selamat hari raya Idul Fitri 1436 H. Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah menerima amalan baik kita semua :). Mohon maaf lahir dan batin.

Ini foto berempat sebelum tamu datang ke rumah pas hari raya kemaren. Kelihatan gak si nomor 2 idungnya merah matanya berair, abis gebuk-gebukan sama abangnya gara-gara berantem apaaa gitu hahahahahha :p.

Tetap harus foto ya Nak, demi sahih-nya postingan foto lebaran ini 😀 😀 :D.

berempat

 

2 thoughts on “Lebaran di Irlandia, Eid Mubarak 1436 H

  1. Assalamualaikum Jihan.salam kenal.saya mom of 2 .Son age 23 n si bungsu age 17.gara2 cari menu cf utk suami yg mau coba diet ini ketemu tulisanmu yg lucu n menghibur.ingat ketika saya dulu seusiamu yg pernah kerepotan juga dg anak ketika tinggal di State n New.Z.btw tq utk share kentang panggangnya.saya masih alot ni dg suami yg gak mau sarapan buah n sayur kekeh mau karbohidrat ha2.semoga persalinan lancar yaaa.aamiin.

Comments are closed.