Revolusi Mental Adalah ….

Revolusi Mental Adalah  …

Revolusi Mental adalah

Mungkin petikan ucapan  itulah salah satu beban terberat dalam rangkaian panjang revolusi mental ala pemerintahan baru. Membalikkan cara berpikir masyarakat yang sudah sekian puluhan tahun memiliki persepsi sendiri soal kesejahteraan sosial : harga barang murah, pajak kecil dsb :p.

Isn’t it terrifying, knowing that most developed countries are the ones who have the highest living cost as well as the highest taxes? Diperkuat oleh fakta bahwa bahwa umumnya negara berkembang justru memiliki biaya hidup cenderung rendah.

Uniknya, tak berarti di negara berkembang tak ada orang kaya. Tapi yang terjadi adalah jurang menganga antara mereka yang berpunya vs mereka yang tidak.

Biaya hidup rendah hanya akan membuat si kaya akan semakin kaya dan ternyata tidak membuat mereka yang kurang beruntung bisa bernasib lebih baik, bukan? :). Sementara sebaliknya, di negara-negara maju, situ makin tajir siap-siap dihajar pajak gede hahaha. Yang kurang mampu malah kadang tidak perlu bayar pajak tapi tetap menikmati fasilitas umum yang ada :).

So what do you want? Kalian kira badai ekonomi hanya sedang menerpa negeri kita saja? Atau jangan-jangan apa yang terjadi di Yunani itu buah konspirasi orang paling kalian benci itu juga? Hahahaha :p.

Yunani sekarat. Negara sekelas Jerman pun meradang. Jerman punya kepentingan besar untuk menjaga stabilitas negara-negara yang sudah terlanjur mengikat janji bersama dalam Uni Eropa :p. Ada yang paham kenapa? ;).

Revolusi Mental Adalah

Gambar : mytripolog.com

Saban nonton BBC news edisi ekonomi, kalau lagi bosan mantengin gosip artis hahahaha, Ibu Angela Merkel bolak balik meeting sama pemerintah Yunani hihihihi. Yang lain sudah gemas, tapi Jerman, yang justru bertengger sebagai posisi ekonomi Uni Eropa terkuat juga punya kepentingan lain ;).

China, yang laju ekonominya sempat dua dijit sekarang harus menekan pertumbuhannya demi menjaga laju inflasi. US yang serba salah. Dolar menguat, ekspor terancam. Dolar melemah, ya enggak untung-untung amat juga :p.

Dan lihatlah Swiss, dengan kurs mata uang yang terus menguat pun, setengah mati bertahan agar tidak tergerus oleh tetangga-tetangga Euro-nya :p. Dan situ kira di UK sekarang lagi tenang-tenang saja? Jangan kebanyakan baca situs aneh-aneh makanya hahahahaha. Seolah-olah di seluruh dunia, hanya kita yang sedang terpuruk.

Revolusi Mental adalah

One of the best View of Lausanne (Switzerland), taken from Hermitage

Itu Malaysia juga tengah bermuram dengan merosotnya nilai tukar ringgit ke salah satu titik terendahnya dalam 10 tahun terakhir ini.

Justru bintang yang sekarang terang benderang adalah…India! Kuartal pertama ini laju pertumbuhannya cukup emejing kalau kata alay sekarang :p. Dan diramalkan India akan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia di akhir tahun 2015.

Indonesia hancurkah? Hahahaha. Itu mah situ saja yang berharap begitu :p. Indonesia, termasuk 20 besar kekuatan ekonomi dunia (secara GDP). Memang, sepertinya akan turun tapi harapan ekonomi dunia itu masih ada di tangan para raksasa Asia :D. Uniknya, bukan lagi dominasi Jepang. Tapi ada India dan China dan diharapkan Indonesia bisa ngekor di belakang. Aamiin.

Long way to go, ya, teman-teman. Selalu ada harga yang harus KITA bayar. Iya, KITA. Tapi tak mengapa dalam perjalanannya harus penuh kontroversi dan penyesuaian. Harapan saya mah asal jangan ada kata-kata tidak senonoh saja sih tapi itu pun kayaknya mustahil ya hahaha.

Ekspor tambang mengalami pukulan berat. Konon karena salah satu eksportir terbesar, China, lagi “kurang enak badan”. “Makan”nya tidak sebanyak dulu hehehe. Jadi, kita yang sudah biasa nyediain bahan mentah dalam jumlah luar biasa buat “makanan” mereka harus kehilangan orderan. Hukum ekonomi sederhana, demand jatuh, harga pun runtuh.

Revolusi Mental adalah

Great Wall-China (gambar : en.wikipedia.org)

Bisa bayangkan saat posisi dolar seperti ini dan pemerintah masih harus mensubsidi konsumsi BBM? Kejauhan gak saya pertanyaannya? Mengerti tidak apa hubungannya? :D.

Pemerintah harus bekerja keras. Untuk terus membayar utang luar negeri, situ kira utangnya ke IMF doang, dikata ke IMF lunas, habis urusan gitu? Hahahaha. Utang banyak dan pemasukan sedang tergoncang.

Tidak hanya sibuk bayar utang, rakyat sejumlah 250 juta ini pun apa bisa dianggurin begitu saja? No! Pembangunan harus terus berjalan. Dengan kondisi geografis yang segini menantang, di mana dari dulu isu infrastruktur tidak pernah beranjak dari kesenjangan antar wilayah dan pulau satu dengan yang lain, bisa bayangkan seberapa besar dana yang dibutuhkan?

pesona-indonesia4.jpg

Pemerintah berusaha keras meningkatkan pelayanan kesehatan via BPJS yang diharapkan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Entah gimana enaknya. Iuran kecil, kalangan medis yang ngambek merasa diperbudak. Iuran digedein, ya terus gimana dengan rakyat kecil yang mungkin adalah mayoritas pengguna BPJS ini?

Itu urusan pemerintah, dong, ah. Ya terus dananya dari mana, Kakaaaaa?

Dana itu bentuknya harus DUIT. Sekali lagi, DUIT. Bukan upil, bukan bulu ketek, apalagi bulu kaki :D. DUIT, teman-teman. DUIT.

Oh wait, Indonesia tambangnya banyak, sumber daya alamnya banyak. Tambang atau migas itu memang luar biasa pesona keuntungannya tapi investasinya juga gede, teman-teman. Kalian kira bisnis seperti ini tinggal lihat peta terus nemu sumbernya terus loncat-loncat kegirangan, “HOreee kita kaya, kita kaya.”

Nope! Untuk observasi awal saja ada investasi milyaran bahkan ada yang bisa mencapai trilyunan rupiah. Siapa yang akan membiayai ini semua? Kalau ngumpulin bulu ketek kalian insya Allah cukup, tapi kita kan butuhnya duit, Euy! :p. Ini tulisan bagus yang dibuat suami teman saya yang mudah-mudahan bisa buat masukan.

Karena itu ada yang namanya investasi asing. Yang sering kalian kaburkan dengan istilah utang!

Pemerintah bisa menekan pengeluaran. Misalnya dengan memotong gaji PNS yang porsinya juga lumayan banget itu di APBN tiap tahun. Boro-boro. Disuruh hidup sederhana saja sudah hampir runtuh timeline dibuatnya! Hahahaha. Mau perang saudara kalau berani utak utik gaji dasar PNS? :D.

Pemerintah bisa meningkatkan pendapatan. Naikin pajak penghasilan saja biar cepat. Bunuh diri gak tuh? Makanya, subsidi yang ditarikin satu-satu. Anyway, apa pun opsinya mana ada yang enak lah.

Lah, kan sumber daya alam lain banyak. Yoih banget. Tapi apakah mungkin beras-beras di Jawa Timur atau di Sulawesi Selatan bisa terbang begitu saja ke mana-mana tanpa ada pembangunan infrastruktur? Andaikan Aladin itu nyata yaaaa, tinggal pinjem karpet terbang deh kiteeee hahahaha.

maritim-indonesia.jpg

Ikan-ikan di perairan timur bisa berenang sendiri ke Pulau Jawa dan sekitarnya gitu atau ke luar negeri sekalian. Tinggal kita kasih pesan, “Yuhuuu udang-udang segar, tolong berenang ke Jepang ya, ke alamat ini-ini-ini. Nanti jangan lupa bilangin tagihannya suruh transfer ke Indonesia.” Kebanyakan nonton Finding Nemo kauuuuuu! Hahahaha.

Tangkepin saja koruptor satu-satu. Eh, kalian kira China yang segitu hebatnya bisa melakukan giant step dalam kemajuan ekonominya sudah bebas dari korupsi? Kan mereka sudah pakai hukuman mati segala! Salah besar. Cek saja indeks korupsi di China. Masih memprihatinkan tuh.

Seiring sejalanlah semuanya. Enggak bisa kita hentikan pembangunan dan segala macam hanya untuk nangkepin koruptor satu-satu.

Bukankah pemerintahan sekarang juga sudah berupaya keras menutup jalan-jalan untuk korupsi? Penyerapan anggaran sangat rendah karena sepertinya pemerintahan sekarang juga mati-matian melakukan reformasi birokrasi. Itu bukan pekerjaan mudah.

Be the part of a solution. Karena kalau semua sanggupnya menuntut doang, terus macam mana kita mau maju?

Ya, ya, ya, saya tahu kita semua penginnya bobo cantik malam ini, dan berharap bangun-bangun besok ada pesta kembang api plus sebuah poster di udara, “Congrats, Beb! Indonesia sekarang sudah jadi negara maju, lho!” Awwwww, mercon mana mercon! :v :v :v.

Rupa-rupa wajah Indonesia (gambar : 123rf.com)

Rupa-rupa wajah Indonesia (gambar : 123rf.com)

Siapa yang tidak mau, muda senang-senang, tua bahagia, mati masuk surga! Aamiin :p. Enggak mau yang susah-susah deh pokoknya. Kalau bisa itu harga di-rewind semua ke zaman Orde Baru. Sekalian sama kurs dolarnya. Gitu ya? :p

But we all know, it won’t happen that easy :).

Kalian, yang pengusaha, jangan malah menurunkan semangat dengan mengadu ini itu. Buktikan dong, pengusaha lebih tangguh daripada karyawan. Ingatlah masa-masa kalian jumawa-jumawanya merasa keren karena katanya tangannya di atas bukan di bawah :p. Keep it that way! Itu yang dibutuhkan sekarang ^_^.

Kalian, yang karyawan, jangan malah makin cengeng minta ini itu. Buktikan dong, etos kerja kita tetap cerah dalam keadaan apa pun.

Kalian, yang ibu rumah tangga, teruskan berkiprah di rumah, sepositif yang kalian bisa. Teruslah mendidik anak-anak penerus bangsa kita untuk menjadi secemerlang yang mereka bisa. Karena mereka yang kelak harus berlari di lintasan yang sekarang kita jalani.

Kalian, yang suka menulis *uhuk*, jangan malah nyari keuntungan sendiri dengan sibuk menebarkan hal-hal yang malah membuat semangat letoy. Ya, ya, ya, saya tahu kalian juga butuh duit. Tapi ayolah, live with honour :), setidaknya di masa-masa yang katanya lagi limbung ini ;). Tebarkan kebaikan, pacu semangat melalui tulisan-tulisan kalian.

Buktikan pena itu kadang lebih tajam daripada pedang. Pengaruhnya dalam kebaikan lho ya bukan untuk macam-macam lainnya :p.

Kalian, yang di luar negeri. Udah dulu atuh culture shock-nya. Sekalinya mudik kok ya yang negatif-negatif saja sih yang dilihat dan disebarkan :(. Kalau segitu sulitnya mencari hal-hal menarik di tanah air setelah sekian lama kalian tinggalkan, fokus saja kepada wajah-wajah yang kita rindukan yang sekian lama tak pernah bertemu :). Fokus ketemu teman, ketemu saudara kerabat handai taulan.

Jangan suka kagetan lah. Macet kaget. Ketemu pengemis kaget. Ngeliat orang naik motor enggak pakai helm kaget. Yaela, sebelum kalian ke luar negeri pan emang udah gitu. Santai sajalah ;).

Jangan lupa, walau disindir kiri kanan, devisanya ya Kakaaaaa ke tanah air tetap harus lancar ^_^ *pukPukSuami* :v :v. Semangat Bang, mari semangat menabung untuk ngirim duit ke Pak Jokowi hihihihi :p.

Ya pokoknya, apa pun yang kalian lakukan, do the best on your own way.

Buat yang muslim, sebelum bobo atau nanti bacanya pas makan sahur, persembahkan doa terbaik kalian untuk perbaikan ke arah yang lebih baik untuk negara kita tercinta :).

And that’s how this thing called Revolusi Mental should work ^_^.

Allah Merahasiakan Masa Depan
Untuk Menguji Kita
Agar Berprasangka Baik,
Merencana Dengan Terbaik
Berusaha Yang Terbaik,
Serta Bersyukur Dan Bersabar

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr: 1-3).

Satu lagi nih, bagi penggemar Harry Potter. Ingat Professor Trelawney gak? Professor satu ini mengajarkan kita, bahwa kita tak bisa menyesali masa lalu tapi kita bisa MENGUBAH masa depan.

Tetap semangat puasanya, teman-teman. Eman-eman ah puasanya, jangan dipakai buat maki-maki ;).

Revolusi Mental adalah  ……….   Tanggung jawab kita semua !

***

4 thoughts on “Revolusi Mental Adalah ….

  1. Mari ber-husnudzon billah untuk proses yang sedang terjadi di Indonesia. Semoga aman, selamat, lancar, barokah di sana ya Mbak Jihan!!!!
    Sukses puasanya dan ibadah yang lainnya dalam bulan Ramadhan ini. Amien…….

    • Kalau memang bisa kita kritisi sebenarnya tidak apa-apa ya. Tapi tolong bedakan kritisi vs nyinyir hehehe. Mengkritik biasanya disertai solusi. Kalau bisanya cuma marah-marah doang, ya apa juga gunanya hehehe. Terima kasih ya Mbak :). Sukses dan berkah juga buat Mbak Mia selalu :).

  2. Itu kalau semua orang Indonesia (eh gak usah semua ding, yang punya akses ke media & internet aja) mau minimal baca atau dengerin berita. Sekarang kebanyakan kan cuma retweet, repost, share, sambil nambahin kalimat celaan sedikit di pengantarnya. Nice post, gan, anyway. 😀

    • Itulah Mak. Banyak berita sensitif nih seliweran. Sampai pening sendiri jadinya hehe.

Comments are closed.